Pengertian Seni Lukis, Unsur, Komponen , Aliran Dan Cirinya

Www.Pendidikanku.Org - Saat ini Pendidikanku akan membahas tentang kesenian melukis, mulai dari Pengertian Seni Lukis, Unsur Seni Lukis, Komponen Seni Lukis, diartikel sebelumnya pendidikanku sudah membagikan artikel terkait seni yakni pengertian seni musik, untuk lebih jelas silahkan dibaca mengenai pengertian seni musik, sekarang kembali ke topik bahasan yakni pengertian seni lukis lengkap dibawah ini:
Pengertian Seni Lukis Lengkap
Pengertian Seni Lukis Lengkap

Teknik Seni Lukis

Terdapat teknik dalam seni lukis, adapun teknik seni lukis antara lain sebagai berikut:
1. Teknik Aquarel
Teknik aquarel merupakan teknik melukis dengan menggunakan car air (aquarel) dengan sapuan warna tipis sehingga lukisan yang dihasilkan transparan.

2. Teknik Plakat
Teknik plakat merupakan teknik melukis dengan menggunakan cat air, cat akrilik, / cat minyak dengan sapuan tebal serta komposisi yang tebal sehingga akan memberi kesan yang colorful pada karya lukis yang dihasilkan.

3. Teknik Spray
Teknik spray ini ialah teknik seni luki yang dilakukan dengan cara menyemprotkan cat ke  media lukis. Dengan menggunakan teknik spray ini, lukisan yang dihasilkan akan lebih halus serta tampilannya lebih visual,

4. Teknik Pointilis
Teknik pointilis merupakan teknik melukis dengan menggunakan titik-titik untuk dapat menghasilkan lukisan yang menawan. Melukis menggunakan teknik pointilis ini membutuhkan kesabaran. Pelukis sering menggunakan gradasi warna untuk dapat mengatur gelap terang pada suatu lukisan.

5. Teknik Tempera
Teknik tempera merupakan teknik lukis dengan cara menggunakan kuning telur dalam cat digunakan sebagai bahan perekat. teknik tempera ini umumnya digunakan pada media kayu, kanvas, maupun tembok.

6. Teknik Basah
Teknik basah merupakan teknik melukis dengan cara mengencerkan cat minyak dengan menggunakan minyak cat (linseed oil),  pada saat selesai diencerkan kemudian barulah diterapkan dimedia kanvas.

7. Teknik Kering
Teknik kering merupakan teknik melukis dengan menggunakan cat minyak tanpa menggunakan minyak cat.

8. Teknik Campuran
Teknik ini merupakan teknik melukis dengan perpaduan antara teknik basah & teknik kering. teknik campuran ini umumnya diawali dengan penggunaan teknik kering terlebih dahulu setelah itu teknik basah dengan cara memblok warna sambil menambahkan intensitas minyak cat dengan secara perlahan sampai selesai lukisan yang dibuat.

Unsur-Unsur Seni Lukis

Terdapat dua unsur dalam sei lukis yaitu unsur visual dan unsur non visual:

Unsur Visual

Unsur visual dalam seni lukis antara lain:
  1. Garis (line)
  2. Bidang (field)
  3. Ruang (space)
  4. Warna (color)

Unsur Non Visual

Berikut ini Unsur non visual dalam seni lukis ialah sebagai berikut:
  1. Imajinasi
  2. Pandangan hidup dan pengalaman
  3. Konsep
  4. Sikap estetik dan aritstik

MEDIA SENI LUKIS

Media yang diperlukan dalam pembuatan seni lukis terdiri dari alat dan bahan. Dibawah ini merupakan media dari seni lukis, antara lain:

1. Bahan
Pada umumnya tiap-tiap medium/bahan mempunyai dua sifat dasar, yaitu:

  1. Sifat fisik, yakni medium/bahan bisa dilihat dengan mata, permukaannya dapat diiketahui kasar atau halus, keras, lunak, mudah pecah, bersifat elastis, dan lainnya.
  2. Sifat estetis, yakni sifat keindahan yang dipunyai tiap-tiap medium itu berbeda. Nilai estetika dari lukisan yang menggunakan media cat minyak tentu berbeda dengan lukisan yang menggunakan media cat air.
Tiap-tiap bahan yang dipilih untuk karya seni lukis ini memiliki sifat dan juga karakter yang berbeda-beda. Pemilihan medium/bahaan tidak menentukan artistik dan juga tidak menentukan mahalnya suatu karya, melainkan kreatifitas serta bakat seniman yang lebih mempengaruhi kualitas karya yang dihasilkan.

2. Alat
Pemilihan alat yang baik, alat yang dipilih juga harus menyesuaikan dengan medium yang digunakan. Alat yang digunakan didalam seni lukis sama dengan peralatan menggambar pada umumnya, yakni

  1. cat air,
  2. pensil,
  3. cat poster,
  4. pensil warna,
  5. pastel, kuas,
  6. crayon,
  7. cat akrilik, dan lainnya. 

FUNGSI SENI LUKIS

Seni lukis mempunyai tiga fungsi utama, yakni :
1. Fungsi Primer
Peran seni lukis sebagai fungsi primer adalah mengungkapkan perasaan serta ekspresi pribadi dari seniman lukis.

2. Fungsi Sekunder
Peran seni lukis sebagai fungsi sekunder mengartikan seni lukis tidak hanya sebagai ungkapan dari ekspresi diri, melainkan juga untuk kepentingan pihak luar serta sarana komunikasi.

3. Fungsi Fisik
Sebagai penghias ruangan guna menambah nilai estetika didalam ruangan

Ke bagian     


Sekian dan Terima kasih sudah membaca tentang Pengertian Seni Lukis, semoga dapat bermanfaat untuk anda.
Pendidikanku

0 Response to "Pengertian Seni Lukis, Unsur, Komponen , Aliran Dan Cirinya"

Post a Comment