Faktor Penting Agar Usaha Berumur Panjang

Faktor Penting Agar Usaha Berumur Panjang

Faktor Penting Agar Usaha Berumur Panjang - Pada artikel sebelumnya pendidikanku sudah membahas mengenai pengertian kewirausahaan dan pengertian peluang usaha. artikel ini merupakan lanjutan dari pengertian kewirausahaan dan arti peluang usaha, jadi anda bisa membaca artikel mengenai pengertian peluang usaha diartikel tersebut dijelaskan mengenai arti dari pengertian peluang usaha dan ciri -ciri peluang usaha yang berpotensi dan berumur panjang. Nah saat ini adalah faktor-faktor penting agar usaha yang dilakukan dapat berlanjut terus.

Faktor Penting Agar Usaha Berumur Panjang
Faktor Penting Agar Usaha Berumur Panjang

Menurut Harmaizar Z dalam bukunya Menangkap Peluang Usaha edisi 2, beberapa faktor penting wajib diperhatikan agar sebuah usaha bisa memiliki umur panjang. Salah satu diantaranya adalah dengan melakukan serangkaian analisa seperti berikut ini:

Analisa Partial

Analisis Partial Budgeting yang dipakai untuk mengukur sejumlah perubahan yang ada dalam dunia usaha. Biasanya variabel yang diteliti ini hanya yang berkemungkinan berubahnya tinggi misal biaya produksi, penerimaan serta keuntungan.

Ini sangat penting dalam mengukur potensi peningkatan keuntungan serta kerugian sebuah usaha. Kasarannya calon pemilik usaha harus melakukan proyeksi anggaran dulu supaya ke depan berbagai macam kerugian dan hambatan bisa ditekan.

Analisa Komprehensif

Dalam pengertian peluang usaha, analisa komprehensif ini sangat perlu. Analisa komprehensif ini dilakukan secara universal. Tahapannya antara lain sebagai berikut:

  1. Kelayakan Produk
  2. Kelayakan Industri
  3. Kelayakan Organisasi
  4. Keuangan
Berikut ini merupakan penjelasan dari tahapan analisa komprehensif

a. Kelayakan Produk
Produk harus wajib dipastikan memenuhi standar pasar. Kalau anda ingin menjual kebab turki misalnya, proses pembuatan kebab, daging yang digunakan harus dengan bahan-bahan yang memang layak untuk dikonsumsi dan tampilan dari hasil jadi kebab yang menambah kepuasan dari customer. Dilain pihak, analisa kelayakan produk ini penting jika anda ingin menentukan daya tarik calon customer. Hal ini juga dapat digunakan sebagai acuan dalam mengidentifikasi sumberdaya demi keperluan produksi.

Yang terpenting cari data dari customer secara langsung, apa yang customer inginkan dan apa sebenarnya yang belum terpenuhi, maksudnya disini kepuasan customer itu sangat penting misalnya dari berbagai varian besar dan toping dari kebab tersebut si penjuallah yang menanyakan kepada costumer untuk memberikan toping apa dan ukuran kebabnya seperti apa. Disisi lain produksi juga harus dilihat, seberapa sulit dan sebarapa banyak bahan yang dibutuhkan dalam membuat produksi. Hal tersebut sering diidentikan dengan usability testing serta concept testing yang membahas mengenai ide, pangsa pasar, deskripsi barang, benefit produk untuk customer, karakter yang membedakan produk dengan lainnya dan juga distribusi pemasannya.

Cara mudah untuk melakukan tes ini adalah memberikan kepada teman sahabat untuk mencicipi terlebih dahulu tanpa harus memberitahu bahwa produk itu adalah produk sendiri, jadi akan tau reaksi dari pencicip dengan baik.

b. Kelayakan Industri
Nilai dari seluruh tampilan produknya. Anda harus mengerti juga apa kemungkinan misalnya kompetitor yang siap menjadi saingan baik itu yang baru dan yang lama dalam produk tersebut. Selain itu, daya tawar pembeli serta juga daya tawar supplier menjadi hal penting.

Karakteristik industri yang menarik memiliki faktor antara lain sebagai berikut;

  1. Bisa tumbuh & besar,  
  2. Dibutuhkan konsumen, 
  3. Industry masih muda 
  4. Margin yang besar dan 
  5. Pesaing masih sedikit.

Bukam tidak mungkin sebuah produk berhasil mengalahkan kompetitor yang lama karena bisa membuat inovasi cemerlang pada produk yang dijalani.

c. Kelayakan Organisasi
Dalam hal kelayakan organisasi anda harus memikirkan hal-hal seperti berikut ini;

  1. keahlian menejemen,
  2. kompetensi organisasi anda mulai dari karyawan hingga menejer serta
  3. apakah Anda punya sumberdaya manusia yang cukup.

d. Keuangan
Dalam menentukan peluang usaha yang pas, analisa keuangan tentu sangat penting. Seberapa banyak uang modal yang dibutuhkan?  apa dengan bisnis ini bisa mendapatkan keuntunganan yang besar? 

Dalam hal ini maka anda harus bisa melihat dan mengerti peluang usaha yang berpotensi dan memiliki umur yang panjang.baca juga pengertian peluang usaha dalam kewirausahaan

Sekian dan terima kasih sudah membaca mengenai faktor penting agar usaha berumur panjang, semoga dapat bermanfaat untuk anda.
Pendidikanku

0 Response to "Faktor Penting Agar Usaha Berumur Panjang"

Post a Comment