Pengertian Web Developer, Web Designer, Dan Webmaster

Pengertian Web Developer, Web Designer, Dan Webmaster Terlengkap dan perbedaannya

Pengertian web developer, web designer, dan webmaster - Pada kesempatan ini pendidikanku.org akan membahas tentang pengertian web developer? bagaimana menjadi web developer ? oke langsung saja kita ke point pertama yakni apa sih web developer itu ? penjelasan mengenai pengertian Web Designer, Dan Webmaster.


Pertama- tama kita cari tahu dulu pengertian dari Website dan Developer ? bagi pengguna internet pasti tidak asing dikata www (world wide web) dikenal juga dengan sebut web adalah salah satu layanan yang dapat digunakan oleh user yang terhubung dengan internet. Website atau situs bisa kita artikan sebagai kumpulan halaman-halaman yang digunakan untuk dapat menampilkan informasi teks, gambar , video, animasi, suara, atau gabungan dari semuanya disebut juga dengan multimedia (baca lebih lanjut di pengertian media dan jenis media ) itu membentuk satu rangkaian bangunan yang saling terkait dimana masing-masing dihubungkan dengan jaringan-jaringan halaman (hyperlink).
Menurut Boone (Thomson), Web adalah koleksi sumber informasi kaya grafis yang saling berhubungan satu sama lain dalam internet yang lebih besar.
Kemudian apa pengertian developer (pengembang), Developer adalah programmer yang sudah terlatih, mereka tidak hanya menyelesaikan sebuah masalah, tetapi juga membangun suatu produk. Mereka melakukan itu sesuai dengan prinsip-prinsip desain serta implementasi rekayasa perangkat lunak, termasuk juga hal-hal seperti :
  1. kinerja,
  2. maintainability,
  3. skalabilitas,
  4. ketahanan, dan 
  5. idealnya keamanan diikutkan juga.

Developer juga dapat dikatakan sebagai seseorang yang bisa menggunakan banyak sistem serta bahasa pemrograman yang berbeda dan juga bisa membuatnya terhubung satu dengan yang lain.

Web Developer

Jadi dari pengertian web dan developer diatas dapat kita simpulkan bahwa Web Developer adalah seseorang yang menciptakan aplikasi berbasis web dengan menggunakan bahasa pemograman, web developer berperan sebagai penghubung dari semua sumber daya yang akan digunakan pada website, mulai dari membuat halaman website statis / dinamis, pemanggilan database, sampai mengatur cara pengunjung untuk berinterkasi dengan elemen / unsur dari website tersebut. 

Seorang web developer yang pakar terbiasa dengan bahasa pemrograman, baik itu di sisi server ( server-side scripting ) ataupun dari sisi client ( client-side scripting ), serta dari segi aspek database (basis data) yang akan digunakan.

Bagaimana menjadi web developer 

 Bagi kalian yang berminat menjadi web developer, hal-hal dibawah ini merupakan pengetahuan yang harus dipelajari . Berikut adalah bagian aplikasi yang harus dipahami oleh seorang web developer.

  1. Client-side: JavaScript
  2. Server side: ASP, ASP.NET, Java, Perl, PHP, Python, Ruby, dsb.
  3. Databases: MySQL, Oracle, dsb.

Seorang web developer tidak terlalu mementingkan aspek interface, karna umumnya setelah scripting dari aplikasi web sudah selesai dibuat oleh web developer maka akan diserahkan selanjutnya kepada web designer untuk dapat menciptakan tampilan yang baik.

Web Designer
Web designer adalah seseorang yang bekerja dengan unsur-unsur visual pada suatu halaman web.
web designer mengintegrasikan komponen seperti gambar, file flash, atau multimedia kedalam halaman website yang dibuat untuk menambah pengalaman visual user, atau untuk melengkapi content page. Pemahaman mengenai Client-side scripting, HTML, CSS, bagaimana cara memanipulasi image dan animasi merupakan beberapa hal yang harus dikuasai oleh web designer.

Bagaimana menjadi sebagai Web Designer

hal -hal dibawah ini adalah pengetahuan yang harus dipelajari untuk menjadi web designer, antara lain sebagai berikut :

  1. Client-side scripting: JavaScript
  2. Server-Side scripting: PHP, ASP, dsb.
  3. Cascading Style Sheets
  4. HTML
  5. Manipulasi image : Adobe Photosop, GIMP, Corel Draw, dsb.
  6. Animasi, biasanya berupa flash.

Web designer dapat bekerja dalam tim untuk bisa memastikan tampilan website tersebut bekerja dengan baik (user friendly).  Yang  harus dipahami oleh  seorang web designer adalah usability (kegunaaan), standar W3C untuk HTML & CSS serta kompabilitas tampilan pada jenis -jenis browser yang berbeda.

Webmaster

Webmaster adalah gabungan dari web developer dan web desaigner , bahkan webmaster juga bertugas untuk  memelihara aplikasi web yang digunakan. Sebagai catatan tambahan, webmaster bisa juga bertanggung jawab untuk dapat melakukan optimisasi mesin pencari atau dalam bahasa inggrisnya Search Engine Optimization  ( SEO ), mengisi content pada website, hingga ‘memasarkan’ website tersebut.

Jadi, sebagai seorang web developer, kemampuan logis sangat dibutuhkan dalam mengatur alur aplikasi web yang dibuat. Sedangkan web designer lebih membutuhkan kemampuan dalam artistik serta kreatifitas. Dan sebagai seorang webmaster, tentu akan membutuhkan kemampuan logis, artistik dan juga pengalaman yang memadai dibidangnya.

Sekian dan terima kasih sudah membaca mengenai pengertian Web developer, web designer, dan webmaster serta perbedaan dari ketiganya, semoga dapat bermanfaat untuk anda. 
Pendidikanku.org


EmoticonEmoticon