7 Tips Memilih Laptop Untuk Desain Grafis

7Tips Dalam Memilih Laptop Untuk Yang Suka Desain Grafis


7 Tips Memilih Laptop Untuk Desain Grafis - Pada zaman yang penuh dengan teknologi seperti sekarang ini, laptop adalah salah satu yang sangat dibutuhkan. Apalagi bagi orang yang bekerja ataupun yang mencintai pada bidang grafis. 
Spesifikasi laptop untuk desain grafis yang ideal merupakan hal kita perlukan untuk mendapatkan laptop dengan harga murah dan terjangkau namun tetap bisa memenuhi kebutuhan komputasi yang diperlukan dalam desain grafis.

Tidak hanya pekerjaan khusus lainnya, desain grafis juga memerlukan sebuah komputer – dalam hal ini kita berbicara mengenai laptop – yang juga khusus. Terdapat beberapa persyaratan yang sebaiknya dapat  kita temukan  dalam spesifikasi laptop untuk desain grafis ini. Memang persyaratan tersebut tidaklah bersifat mutlak, namun apabila anda kamu mendapatkannya dalam laptop untuk dapat menunjang pekerjaan anda sebagai graphic designer atau pun untuk anda yang hobby dalam mendesain, itu akan sangat membantu kelancaran pekerjaan dan hobby kamu.

Sekarang kita bahas dulu tips-tips dalam memilih laptop untuk desain grafis. antara lain sebagai berikut :

Ukuran Layar
Semua laptop ataupun PC dalam menggunakannya pasti behadapan dengan sebuha layar sebagai penghubung dari panca indera kita yaitu mata. Karena itulah, kita harus cermat dalam memilih layar yang pas untuk digunakan mendesain. Untuk desain grafis alangkah baiknya kamu memilih  layar dengan ukuran yang besar. Ukuran besar disini bukanlah terletak pada inchi sebuah layar, tapi lebih mengarah pada resolusinya. Minimal untuk mendesain grafis gunakan layar dengan resolusi 1366 x 768, dan akan lebih baik lagi apabila kamu menggunakan layar yang benar-benar menggunakan resolusi yang langsung besar seperti 1600 x 900. 

Graphic Card
Seorang yang suka dengan desain grafis haruslah pandai dalam memilih graphic card pada laptop digunakan, karena Kunci dalam semua pekerjaan yang di lakukan pada laptop terdapat pada graphic cardnya. Karena itu pilihlah graphic card yang mempunyai memori besar yang tidak akan membuat laptop kamu menjadi lambat.

Kamu bisa memilih Nvidia GeForce dan ATI Radeon dengan memori minimalnya 1 GB atau 2 GB. Jangan lupa, untuk usahakan memilih laptop yang graphic cardnya terpisah jangan yang on board yang akan membagi memorinya dengan RAM.

Prossesor
Dalam memilih prossesor yang baik pilih clock speed dalam satuan GHz (Giga Hertz) yang besar, dan jumlah inti otak (core) yang juga besar, sistem hyper threading, serta besar cache. Tapi perlu untuk diperhatikan pada saat clock speednya besar  akan menghasilkan laptop yang cepat panas. Tentu hal Ini akan menjadi hambatan tersendiri karena menjadi laptop yang tidak hemat energi. 

Pada dasarnya masyarakat umum lebih memilih INTEL CORE series dengan Giga Hertz yang tinggi. Untuk kamu yang hobby dalam mendesain kamu dapat memaksimal laptop kamu dengan memilih i7 atau minimal i5 pilihan lain yaitu dari AMD dengan A series untuk keunggulanya sudah jelas pastinya berbeda.Dalam pemilihan processor ini kamu harus cukup sensitif, karena hardware ini termasuk kedalam komponen utama dalam  perangkat komputer maupun laptop.

Pada dasarnya menggunaakan komputer maupun laptop dengan spesifikasi processor paling tinggi saat ini ialah yang dibutuhkan, supaya pengerjaan desain kamu menjadi lebih optimal.

RAM
www.keteknologi.com - Salah satu Komponen yang paling berpengaru, semakin tingginya kapasitas RAM yang kamu miliki, maka akan  membantu kamu dalam mendesain dan laptop kamu dapat bekerja multi tasking. 
Apabila laptop kamu hanya berkecepatan 32Bit akan lebih baik kamu menggunakan RAM 2Gb dan kalo laptop kamu berkecepatan 64 bit gunakan ram 4 Gb. 
terakhir pilihlah RAM DDR3 lebih baik daripada DDR2. Jangan lupa juga pilih laptop yang menyediakan upgrade RAM. Hal ini akan sangat berkaitan dengan pengaruh RAM terhadap kerja komputer yang menjadi lebih optimal.

Suhu Pemakaian
Bekerja pada bidang grafis dengan akan membuat laptop kamu bekerja dalam kondisi multi tasking pada kondisi tertentu, nah membuka program yang besar secara bersamaan tentu akan membuat laptop kamu cepat panas sehingga yang terjadi adlaah overheated. oleh sebab itu pilihlah laptop yang bekerja dengan pendingin yang juga baik, yang akan membuat kamu akan lebih nyaman mendesain sesuatu. Atau kamu juga bisa gunakan kipas pendingin tambahan .Tentu jika laptop kamu dalam keadaan panas yang berlebih tentu dapat membuat laptop kamu tidak optimal.

Hard Disk
Dalam menggunakan laptop untuk desain grafis kamu memerlukan media penyimpanan yang tidak hanya berkapasitas besar, namun juga harus cepat. Untuk kapasitas hard disk, sebisa mungkin kamu mendapatkan laptop dengan hard disk sebesar 1TB atau lebih. 

Dalam urusan kecepatan, untuk saat ini masih belum ada media penyimpanan yang melebihi SSDnya. dan juga harga SSD yang masih relatif mahal. Jikalau mungkin carilah laptop yang dapat dipasangi SSD sekaligus HDD. Jadi OS sera program di install di SSD, sementara file kerja diletakkan di HDD.

Garansi
Dalam memilih Laptop dengan spesifikasi tinggi tentu akan membuat laptop lebih mudah cape dalam bekerja sehingga dapat menyebabkan laptop kamu mudah rusak komponennya. Dalam pembelian laptop kamu juga harus memperhatikan garansi dalam pembelian laptop kamu.


Sekian dan terima kasih sudah membaca 7 Tips Memilih Laptop Untuk Desain Grafis semoga dapat bermanfaat untuk anda. jangan lupa bagikan artikel ini keteman-teman kamu, dengan cara klik icon G+ dan Fb di bawah ini.


EmoticonEmoticon