5 Trik Windows 7 Yang Belum Kamu Ketahui

5 Tips & Trick Sederhana dari keteknologi.com

http://www.keteknologi.com/2017/07/trik-windows-7.html

Www.Pendidikanku.Org - Meskipun kini telah hadir Windows 10 sebagai penyempurnaan dari Windows 8, namun tetap begitu banyak pengguna Windows 7 yang masih setia dan tidak mau berpindah ke  Sistem Operasi terbaru dari Microsoft tersebut.

Windows 7 masih menjadi pilihan utama pengguna untuk melakukan pekerjaan atau tugas harian mereka. Tahukah kamu, bahwa ada begitu banyak perintah atau trik dari Windows 7 yang dapat mempermudah aktivitas kamu?

Artikel keteknologi berikut ini akan mengungkap beberapa tips dan trik dari Windows 7 yang mungkin belum kamu ketahui dan bisa saja berguna bagi kamu.

Berikut 5 Tips & Trick Sederhana dari keteknologi.com :

1. Menyembunyikan Data Rahasia dalam File Teks

Kalian pasti sering menyimpan password pada file teks biasa karena ini cara termudah yang bisa kalian lakukan. Namun file teks sangat mudah untuk dicari dan tidak aman. Nah, keteknologi.com punya trik rahasia yang dapat dilakukan untuk menyembunyikan data dalam file teks.

Kamu dapat membuat sebuah file teks untuk menyimpan data rahasia atau data penting punya kamu. Tahan SHIFT dan klik kanan pada folder penyimpanan file lalu pilih “Open command window here”. Maka akan terbuka command prompt dan kamu dapat mengetikan “notepad pass.txt:kuncirahasia.txt”. Dari situ Notepad akan membuat sebuah file dengan nama “pass.txt” dan datanya akan disimpan pada file “kuncirahasia.txt”. Selanjutnya kamu dapat masukkan data pada file lalu simpan dan close.

Jika kamu ingin membuka “pass.txt” dengan cara biasa maka tidak akan terlihat data apapun atau hanya data kosong. Untuk membuka file tersebut, dapat melakukan cara seperti diatas atau tahan SHIFT dan klik kanan pada folder yang ingin dibuka lalu pilih “Open command window here” dan ketikan “notepad pass.txt:kuncirahasia”.

2. Membuka Explorer dengan Proses Baru

Mungkin kamu terkadang membuka beberapa Windows Explorer dengan bersamaan. Secara default Windows 7 membuka semua window tersebut dalam satu proses untuk mengurangi beban sistem. Namun jika ada salah satu window yang “hang”, maka kemungkinan window yang lain juga akan mengalami “hang”.

Jika hal ini terjadi, cobalah klik menu Start, tahan SHIFT dan klik kanan pada Computer kemudian pilih “Open in new process”. Jendela Explorer yang baru akan dibuka dalam proses tersendiri dan tidak terpengaruh oleh  window yang mengalami “hang”.

3. Mematikan Suara dari Aplikasi Tertentu

keteknologi.com - Buat kamu yang suka browsing sambil mendengarkan lagu dari WinAmp atau hal yang sangat menyenangkan. Namun terkadang ada saja website yang secara otomatis melakukan loading suara atau pemutaran suara secara otomastis saat kita membukanya. Suara ini akan mengganggu lagu yang sedang kita dengarkan.

Kamu dapat mematikan atau MUTE suara dari browser ini melalui volume mixer. Caranya dengan klik volume icon di taskbar dan pilih Open Volume Mixer. Maka akan terlihat indikator volume dari aplikasi yang sedang menggunakan resource sound card. Kemudian klik icon speaker untuk mute atau turunkan volume aplikasi yang kamu inginkan.

4. Pilihan Send To yang Lengkap

Jika kamu melakukan klik kanan pada salah satu file atau folder dalam Windows Explorer, Send To hanya dapat menampilkan pilihan lokasi yang terbatas saja.

Cobalah untuk menekan SHIFT sambil melakukan klik kanan untuk mendapatkan pilihan Send To yang lebih banyak dan lengkap.

5.Mengubah Ukuran Window Melalui Keyboard

Buat kamu yang ingin mengubah ukuran window yang biasanya dengan cara klik icon minimize atau maximize pada window. Sebenarnya kamu dapat melakukannya dengan cara cepat melalui keyboard dengan shortcut bawaan yang ada padaWindows 7.

Kamu dapat menggunkan cara dengan, tahan tombol windows pada keyboard dan tekan panah ke atas untuk maximize dan panah ke bawah untuk minimize. Dan untuk membuat dua (2) jendela window berdampingan, gunakan tombol windows + (tanda tambah) panah kiri atau kanan.


Gimana semakin bertambah bukan pengetahuan kamu tentang Trick pada windows 7. Sekian dulu artikel dari keteknologi.com next time kami akan memberikan Tips dan Trick yang lain nya.


Sekian dan Terimakasih sudah membaca mengenai 5 Trik Windows 7 Yang Belum Kamu Ketahui, semoga bermanfaat untuk Anda.

Load disqus comments

0 komentar