Penyebab Komputer Restart Sendiri

Penyebab Komputer Restart Sendiri


Www.Pendidikanku.Org - Pada kesempatan ini KeTeKnologi akan memberikan artikel mengenenai Penyebab komputer atau laptop suka restart sendiri dan solusi cara mengatasi masalah tersebut. karena memang membuat jengkel apabila sedang mengerjakan sesuatu di PC atau Laptop seperti tugas kampus tapi laptop atau pc sering restart sendiri. Oke langsung saja ke point utama peyebab komputer suka restart sendiri.
Penyebab Komputer Restart Sendiri & Solusi
Penyebab Komputer Restart Sendiri & Solusi

Ada beberapa faktor yang menyebabkan komputer restart dengan sendirinya, berikut :

Tegangan listrik rendah atau tidak stabil
Periksa tegangan listrik apakah stabil atau rendah , karena hal ini memang berpengaruh dalam kinerja pc atau laptop walaupun sudah jarang sekali yang mempunyai masalah dengan teganggan listrik, meskipun begitu apabila tenganggan listrik tidak stabil sebaiknya gunakan stabilizer, karena apabila dibiarkan akan berakibat pada kerusakan pada komponen-komponen Hardware.

Kerusakan pada power suply
Seperti hal nya teganggan listrik yang tidak stabil akan menyebabkan kerusakan pada komponen pc seperti power suply , meskipun dampak rusak nya tidak langsung (bertahap) tentu ini masalah yang cukup untuk menjadi perhatian , power suply bisa saja rusak karena faktor penggunaan yang tidak benar seperti

  1.  langsung mematikan arus listriknya 
  2.  langsung mematikan power tanpa shutdown  

dan juga usia dari power suply tersebut. untuk mengatasi hal pada power suply ialah menganti power suply yang sebelumnya dengan power suply yang baru. 

File corupt
Dari masalah diatas bisa mengakibatkan file corupt seperti file missing pada system dan lain-lain,  masalah file corupt ini sangat menjengkel, kenapa ?? karena file corupt ini ditandai dengan lag dan kadang restart sendiri, Hal yang bisa dilakukan adalah instal ulang sistem operasi perangkat PC anda. meskipun ada cara lain tapi ini keteknologi menyarankan untuk menginstal ulang sistem operasi pada pc dan laptop.

Low memory
Low memory juga bisa menjadi salah satu penyebab komputer atau laptop restart sendiri karena multi tasking yang dilakukan pc atau laptop tidak mampu menahan kebutuhan memory ram yang ada. seperti membuka program-program editor seperti adobe premier  - sambil maen game berat seperti GTA 5 dan membuka program lain nya dengan waktu yang bersamaan. pengecualian untuk spek pc / laptop dewa :)

Penyebab Komputer Restart Sendiri

hal tersebut bisa diatasi dengan menghentikan program yang tidak digunakan, dan kalo memiliki dana disarankan untuk menambah memory.

baca juga : Cara Main Game Berat di PC Dengan Lancar

Processor over heat
CPU atau processor terlalu panas juga menjadi salah satu penyebab komputer restart sendiri, solusi yang dapat keteknologi berikan adalah mengganti thermal Pasta Pada Komputer dan kipas pada cpu dalam keadaan baik.

Virus
terakhir penyebab komputer restart sendiri ialah virus, memang sangat menyusahkan sekali kalo berhadapan dengan virus ini , karena ada bermacam - macam jenis virus dan bermacam - macam juga masalah yang diberikan , solusinya adalah mengupdate anti virus , rekomendasi saya gunakan AVG , Avira dan lain-lain.

Sekian dan terima kasih sudah membaca penyebab komputer restart sendiri, semoga dapat bermanfaat untuk anda. 


EmoticonEmoticon