Pengertian Sepak Bola Terlengkap

Pengertian, Teknik Dasar, dan Peraturan Permainan Sepak Bola

Pengertian Sepak Bola Terlengkap - Pada kesempatan ini Pendidikanku akan membahas mengenai pengertiaan Sepak Bola ?, teknik dasar sepak bola? , peraturan sepak bola? .
Sepak bola berasal dari 2 kata yaitu "Sepak" dan "Bola". Sepak(meyepak) bisa di artikan ialah menendang (menggunakan kaki) sedangkan "bola" adalah alat permainan yang berbentuk bulat berbahan karet, kulit atau lain sejenisnya. Dalam permainan sepak bola, sebuah bola ditendang oleh para pemain . jadi dapat disimpulkan bahwa pengertian sepak bola adalah suatu permainan dari alat yang berbentuk bulat dengan bahan karet atau kulit dengan cara bermain dengan menggunakan kaki dengan tujuan dapat mencetak goal ke gawang lawan .

Pengertian Sepak Bola Terlengkap
Ilustrasi Sepak bola

Teknik Dasar Permainan Sepak Bola

1. Teknik menendang bola yaitu teknik menyentuh / mendorong bola dengan menggunakan kaki. Teknik tersebut merupakan faktor yang dominan didalam suatu permainan sepak bola. Teknik menendang bola tersebut dapat di bagi menjadi beberapa bagian:

  1. Teknik menendang bola menggunakan kaki bagian dalam.
  2. Teknik menendang bola menggunakan kaki bagian luar.
  3. Teknik menendang bola menggunakan kaki bagian punggung

2. Teknik Menghentikan Bola yaitu sikap & gerakan untuk dapat menahan atau menghentikan bola yang datang ke arah kita dan biasanya itu dilakukan oleh team lawan. Teknik menghentikan bola tersebut ada beberapa macam yaitu:

  1. Teknik menghentikan bola menggunakan kaki bagian dalam.
  2. Teknik menghentikan bola menggunakan kaki bagian luar.
  3. Teknik menghentikan bola menggunakan kaki bagian punggung
  4. Teknik menghentikan bola menggunakan kaki bagian telapak/sol sepatu
  5. Teknik menghentikan bola menggunakan kaki bagian paha
  6. Teknik menghentikan bola menggunakan dada dan perut.
  7. Teknik menghentikan bola menggunakan kepala..

3. Teknik Menggiring Bola yaitu mendorong bola atau menentang bola ke depan dengan secara pelan dengan variasi ke samping serta sambil berlari sehingga bola terus terbawa ditanah dan juga tetap didalam penguasaan pemain.
Teknik menggiring bola tersebut dapat dilakukan dengan kaki bagian dalam, kaki bagian luar, dan juga kaki bagian punggung baik dengan menggunakan kaki kanan, kaki kiri, maupun kaki kanan serta kiri secara bergantian.

4. Teknik Menyundul Bola adalah suatu gerakan mendorong bola dengan menggunakan kepala khususnya bagian dahi, gerakan tersebut dilakukan bila bola berada di udara atau melayang biasanya pada saat tendangan sudut berlangsung atau terdapat nya umpan lambung. 

Peraturan dalam Permainan Sepak Bola

Permainan sepak bola tersebut dapat dimainkan oleh 2 regu dengan tiap-tiap regu berjumlah 11 orang, terdiri dari 10 pemaian penyerang serta 1 penjaga gawang. Permainan tersebut dilakukan dalam waktu 2X45 menit (90 menit), serta dipimpin oleh 1 orang wasit dibantu 2 orang hakim garis. Tujuan dalam Permainan Sepak Bola ialah untuk dapat memasukan bola ke gawang lawan. dalam hal ini jika pemain team 1 mencetak goal lebih banyak dari team 2 maka team 1 adalah pemenangnya .

Sekian dan terimakasih sudah membaca mengenai Pengertian Sepak bola , Peraturan Sepak bola , Teknik dasar Sepak bola . semoga dapat bermanfaat untuk anda .


EmoticonEmoticon