Pengertian Reaksi Kimia dan Contohnya

Pengertian Reaksi Kimia

Pengertian Reaksi Kimia Terlengkap - Pada kesempatan ini Pendidikanku.org akan membahas mengenai apa pengertian reaksi kimia ? apa keseimbangan kimia ?, dan apa tetapan keseimbangan . Pada artikel sebelumnya pendidikanku.org sudah membahas mengenai apa pengertian kimia ? dan apa pengertian kimia organik dan anorganik ?


Pengertian Reaksi Kimia

Reaksi kimia merupakan sebuah transformasi/perubahan didalam struktur molekul. Reaksi kimia adalah suatu proses alam yang selalu menghasilkan antarubahan senyawa kimia. Senyawa maupun senyawa-senyawa awal yang terlibat dialam suatu reaksi disebut ialah  sebagai reaktan
Reaksi kimia biasanya dapat dikarakterisasikan dengan perubahan kimiawi, serta akan menghasilkan 1 atau lebih produk yang biasanya mempunyai ciri-ciri yang berbeda dari reaktan. 

Secara umum , reaksi kimia tersebut melibatkan suatu perubahan yang dapat melibatkan pergerakan suatu elektron didalam suatu pembentukan dan juga dalam pemutusan ikatan kimia, walaupun pada dasarnya konsep umum dari reaksi kimia juga bisa diterapkan pada perubahan partikel-partikel elementer seperti yang ada pada reaksi nuklir.

Reaksi kimia umumnya mudah untuk dapat jumpai di sekitar kita. Reaksi-reaksi itu bisa ada karna disebabkan dari alam dan juga dari manusia. Berdasarkan dari sifat berlangsungnya reaksi, reaksi kimia itu dapat dibedakan menjadi 2 yaitu reaksi searah serta reaksi dua arah.

Reaksi Searah atau Reaksi Tidak Dapat Balik (lrreversibel)

Reaksi searah adalah suatu reaksi yang berlangsung dari arah reaktan ke produk maupun ke kanan. Pada reaksi searah ini , produk tidak bisa bereaksi kembali menjadi zat-zat asalnya. Ciri-ciri reaksi searah antara lain sebagai berikut :
  1. persamaan reaksi ditulis dengan satu anak panah ke arah produk/kanan (→)
  2. reaksi akan berhenti setelah salah satu atau semua reaktan habis;
  3. produk tidak dapat terurai menjadi zat-zat reaktan;
  4. reaksi berlangsung tuntas/berkesudahan.
Contoh reaksi searah:
NaOH(aq)+ HCI(aq) →NaCI (aq) + H2O(ℓ)

Reaksi Dua Arah atau Reaksi Dapat Balik (Reversibel)

Reaksi dua arah adalah suatu reaksi yang bisa berlangsung dari reaktan ke produk ataupun ke kanan serta sebaliknya dari produk ke reaktan ataupun  ke kiri. Ciri-ciri reaksi dua arah antara lain sebagai berikut :
  1. persamaan reaksi ditulis dengan dua anak panah dengan arah berlawanan (⇔);
  2. reaksi ke arah produk disebut reaksi maju, reaksi ke arah reaktan disebut reaksi balik.
Baca juga artikel terkait kimia :



Demikian penjelasan mengenai Pengertian reaksi Kimia semoga apa yang ada pada artikel ini dapat bermanfaat untuk anda .

0 Response to "Pengertian Reaksi Kimia dan Contohnya"

Post a Comment