Pengertian Etnosentrisme Dan Dampaknya | Pendidikanku.org

PENGERTIAN ETNOSENTRISME 

Pengertian Etnosentrisme Dan Contohnya | Pendidikanku.org - Etnosentrisme merupakan suatu persepsi yang dimiliki oleh tiap-tiap individu yang menganggap budayanya merupakan yang terbaik dari budaya-budaya yang dimiliki oleh orang lain. Etnosentrisme tersebut dapat juga diartikan sebagai fanatisme suku bangsa.  
Segi positif Etnosentrisme diantaranya ialah 
  1. menjaga kestabilan serta keutuhan budaya, 
  2. dapat mempertinggi semangat patriotisme dan juga kesetiaan kepada bangsa, 
  3. dapat memperteguh rasa cinta terhadap kebudayaan / bangsa.
PENGERTIAN ETNOSENTRISME
Etnosentrisme

Penyebab Munculnya Etnosentrisme di Indonesia

Budaya Politik

Faktor yang mendasar yang menjadi penyebab akan munculnya etnosentrisme ini adalah budaya politik dari masyarakat yang cenderung tradisional serta tidak rasionalis. Budaya politik masyarakat tersebut kita masih tergolong budaya politik subjektif Ikatan emosional serta ikatan-ikatan primordial yang masih cenderung menguasai masyarakat yang ada di Indonesia . Masyarakat terlibat didalam dunia politik yaitu kepentingan mereka yang sangat mementingkan suku, etnis, agama dll. 

Pluralitas Bangsa Indonesia

faktor yang lain , penyebab munculnya masalah etnosentrisme ialah pluralitas Bangsa Indonesia. Bangsa Indonesia adalah bangsa yang terdiri dari berbagai suku, agama, ras serta golongan. Pluralitas masyarakat Indonesia tersebut tentu melahirkan berbagai persoalan. Pada tiap-tiap suku, agama, ras serta golongan berusaha untuk dapat memperoleh kekuasaan serta juga menguasai yang lain.Masalah kepentingan inilah yang faktor yang banyak memunculkan persoalan-persoalan pada tiap-tiap daerah.

Dampak Positif dan Negatif dari Etnosentrisme 

Dampak positif dari etnosentrisme adalah 

  1. dapat  mempertinggi semangat patriotisme, 
  2. menjaga keutuhan serta juga stabilitas kebudayaan, 
  3. mempertinggi rasa cinta kepada bangsa sendiri.
Sikap etnosentrisme adalah sikap tolak ukur budaya seseorang dengan budayanya .
Dampak Negatif dari etnosentrisme adalah,
  1. Dapat menyebabkan konflik antar suku.
  2. Adanya alirannya politik.
  3. Menghambat proses asimilasi budaya yang berbeda.

Definisi Primordialisme, Etnosentrisme, dan Politik Aliran

Primordialisme
Istilah Primordialisme tersebut berasal dari bahasa latin yakni Primus yang memiliki arti pertama, serta Ordiri yang memiliki arti tenunan /ikatan. Jadi , Primordial bisa diartikan sebagai ikatan-ikatan utama seseorang didalam kehidupan sosialnya, dengan adanya hal-hal yang dibawanya sejak lahir seperti,  suku , ras, klan, asal-usul kedaerahan, serta agama.

Etnosentrisme
Etnosentrisme merupakan suatu sikap dalam menilai kebudayaan masyarakat lain dengan menggunakan ukuran-ukuran yang berlaku pada masyarakatnya. 

Politik Aliran 
Politik Aliran / Sektarian adalah suatu keadaan yang mana sebuah kelompok / organisasi tertentu dikelilingi oleh organisasi massa baik formal ataupun informal. Tali pengikat kelompok / organisasi massa ini merupakan ideologi/aliran sekte tertentu.

Sekian dan terimakasih sudah membaca mengenai pengertian Etnosentrisme dan dampak positif dan negatif , semoga dapat bermanfaat untuk anda , salam hangat dari Pendidikanku.org

Baca Juga

No comments:
Write komentar

Blog Archive