Pengertian DNA Dan RNA Lengkap

Pengertian DNA Dan RNA Serta Perbedaannya

Pengertian DNA Dan RNA Serta Perbedaannya - pengertian DNA (Asam Ribonukleat) - Secara umum Pengertian DNA atau Asam Ribonukleat merupakan asam nukelat yang didalamnya terdapat suatu sel makhluk hidup. DNA adalah suatu biomolekul utama semua makhluk hidup yang membentuk serta menyusun berat kering. DNA didalam bahasa inggris disebut dengan deoxyribonucleic acid. DNA tersebut terdiri dari materi yang membentuk suatu kromosom-kromosom serta informasi genetik yang tersimpan didalam tubuh makhluk hidup. 

Pengertian DNA Dan RNA Serta Perbedaannya
Pengertian DNA Dan RNA Serta Perbedaannya

Fungsi DNA 

Fungsi utama DNA ialah sebagai pembawa materi genetic. Walaupun demikian fungsi DNA sangat luas yaknisebagai berikut.. 
  1. Membawa materi genetika dari generasi ke generasi berikutnya
  2. Mengontrol kehidupan secara langsung ataupun tidak 
  3. Sebagai auto katalis maupun  penggandaan diri 
  4. Sebagai heterokatalis maupun melakukan sintetis terhadap senyawa.

Pengertian RNA

Sedangkan, pengertian RNA (Asam Ribonukleat) merupakan rangkaian nukleotida yang saling terhubung seperti rantai. RNA adalah suatu hasil dari transkripsi dari suatu fragmen DNA, sehingga RNA itu sebagai polimer yang jauh lebih pendek apabila dibandingkan DNA. Jika DNA yang umumnya dijumpai dalam inti sel, Kebanyak dari RNA ini terdapat dalam sitoplasma, lebih khususnya di ribosom.

Fungsi RNA

  1. Sebagai penyimpan informasi 
  2. Sebagai perantara antara DNA dan protein dalam proses ekspresi genetik karena berlaku untuk organisme hidup. 

Struktur RNA

  1. Gula D-Ribosa
  2. Fosfat
  3. Basa Nitrogen

Jenis-Jenis RNA

RNA terdapat 3 jenis antara lain ialah sebagai berikut ,

1. Transfer RNA (tRNA) 
RNA yang dibentuk dari dalam nukleus, namun tetapi menempatkan diri didalam sitoplasma. tRNA adalah RNA yang terpendek serta bertindak sebagai penerjemah kodon dari mRNA. tRNA memiliki  proporsi nukleosida yang lebih relatif tinggi. 

2. Ribosomal RNA (rRNA) 
rRNA adalah suatu ribosom yang mengandung protein dengan massa yang hampir sama(mirip). Molekul tersebut berupa pita tunggal, tidak bercabang dan juga fleksibel. rRNA terdiri dari 80 persen dari total RNA yang dalam sel serta pada sel-sel tidak mempunyai inti sejati yang terdiri dari beberapa tipe rRNA yakni 23S rRNA, 16S rRNA, dan 5S rRNA. 

3. Mesengger RNA (mRNA) 
mRNA adalah suatu polinukleotida yang berbentuk pita tunggal linier serta juga disintetis oleh DNA di dalam nukleus. mRNA ini memilikki rantai tunggal yang relatif panjang. Panjang pendeknya tergantung mRNA tersebut berhubungan dari panjang pendeknya rantai polipeptida yang disusun.

PERBEDAAN DNA Dan RNA 

  1. Bagian pentosa DNA ialah ribosa, sedangkan pada bagian pentosa DNA merupakan dioksiribosa
  2. Bentuk molekul dari DNA merupakan heliks ganda, sedangkan pada bentuk molekul RNA yang berupa suatu rantai tunggal yang berlipat, sehingga akan mirip dengan rantai gandai.
  3. RNA itu mengandung basa adenin, guanin serta sitosin seperti DNA, namun tetapi RNA tidak mengandung timin yang sebagai gantinya RNA  itu mengandung urasil.
  4. DNA berada didalam kromosom sedangkan RNA bergantung dari jenis RNA 
  5. Secara alami, DNA akan membentuk RNA sedangkan RNA alan membentuk protein yang penting bagi makhluk hidup seperti membentuk otot, darah, organ tubuh, hormon, enzim dan lain sebagainya.
Sekian dan terimakasih sudah membaca mengenai Pengertian DNA dan RNA serta Perbedaanya, Semoga dapat bermanfaat untuk anda , salam hangat Pendidikanku.org :)

0 Response to "Pengertian DNA Dan RNA Lengkap"

Post a Comment