Pengertian Konjungsi Dan Macam-Macam Konjungsi

Pengertian Konjungsi Dan Macam-Macam Konjungsi


Pengertian Konjungsi Dan Macam-Macam Konjungsi - Konjungsi (kata penghubung) merupakan suatu kata atau ungkapan yang memiliki tugas untuk menjadi penghubung diantar kata, diantar kalimat, atau diantar paragraf sehingga akan membentuk makna yang gramatikal. Konjungsi tersebut diperlukan supaya kata, kalimat, maupun paragraf didalam suatu karangan  akan menjadi teratur. Keteraturan itu sangat penting  untuk memperlihatkan adanya suatu kepaduan diantara kata, kalimat, maupun paragraf satu dengan yang lainnya. Kepaduan itu dititikberatkan pada suatu hubungan antara ketiga unsur itu. Dalam kaitannya dengan suatu hubungan antarkalimat ini, konjungsi akan berperan sangat penting.  Pemakaian konjungsi didalam kalimat bukan untuk dapat menerangkan kata. Namun tetapo, tidak lebih dari sekedar alat penghubung yang berfungsi untuk dapat mempertegas serta memperpadu makna.

Pengertian Konjungsi Dan Macam-Macam Konjungsi
Pengertian Konjungsi Dan Macam-Macam Konjungsi

Macam Macam Konjungsi

Pengertian Konjungsi Dan Macam-Macam Konjungsi - Pembagian dari macam-macam konjungsi itu ditentukan dengan berdasarkan letaknya. Dari tinjauan itu , konjungsi terbagi menjadi 2 macam, yakni konjungsi intrakalimat serta juga konjungsi ekstrakalimat. dan untuk konjungsi ekstrakalimat itu dibagi lagi menjadi 2 macam, yakni konjungsi intratekstual dan konjungsi ekstratekstual. Berikut ini merupakan penjelasan secara singkat kami dari masing-masing konjungsi tersebut:

Konjungsi Intrakalimat

pengertian konjungsi - Konjungsi intrakalimat merupakan suatu konjungsi yang menghubungkan satuan-satuan frase dengan frase, kata dengan kata,  ataupun klausa dengan klausa. Beberapa dari kata yang termasuk dalam konjungsi intrakalimat antara lain ialah sebagai berikut:
agar, andaikata,sambil, ketika, meski, meskipun, maka, padahal, apabila, jika, jikalau, hingga, sampai, atau, bahwa, baik…maupun, daripada, demi,  kalau, seandainya, lalu.
Berikut ini beberapa contoh konjungsi intrakalimat:
  1. Dedi berolahraga apabila badannya ingin tetap sehat.
  2. Ayah tidak akan sakit andaikata dia tidak begadang tadi malam.
  3. Anita boleh bermain ketika sudah menyelesaikan pekerjaannya dirumah.
  4. Wawan mendengarkan lagu sambil lari pagi
  5. Anita harus belajar dari jam 1 sampai jam 2.
  6. Rian masih mengulangi kesalahan meskipun sudah diperingatkan.

Konjungsi EkstraKalimat

Konjugnsi Ekstrakalimat adalah gabungan antara konjungsi intratekstual - dan konjungsi Ekstratekstual

Konjungsi Intratekstual
Konjungsi intratekstual merupakan suatu konjungsi yang menghubungkan paragraf dengan paragraf  atau kalimat dengan kalimat . Beberapa yang termasuk ke dalam konjungsi intratekstual antara lain ialah sebagai berikut:
akan tetapi,meskipun demikian, oleh karena itu, selain itu, di samping itu,  sementara itu, tambahan pula, walaupun demikian, sebaliknya.
Berikut ini contoh konjungsi ekstrakalimat:
  1. Budi akhirnya mengakui kesalahannya, Meskipun, semuanya itu sudah terlambat.
  2. Rian adalah anak yang nakal akan tetapi rian juga rajin
  3. Rian anak yang pintar oleh karena itu ibu membelikannya baju

Konjungsi Ekstratekstual

Pengertian konjungsi - Konjungsi ekstratekstual didefinisikan ialah sebagai konjungsi yang menghubungkan dunia di luar bahasa dengan suatu wacana. Konjungsi ekstratekstual umumnya digunakan di dalam sebuah naskah lama. Beberapa yang termasuk ke dalam konjungsi ekstratekstual antara lain  sebagai berikut:
Adapun, alkisah, arkian, hatta, bermula, syahdan
Berikut ini merupakan  contoh  konjungsi ekstratekstual:
  1. Alkisah pada zaman dahulu..
  2. bermula pada kejadian tersebut...
Baca juga artikel terkait :

Dan demikian pengertian mengenai pengertian konjungsi dan macam-macam konjungsi , semoga dapat bermanfaat bagi semua , salam hangat dari Pendidikanku

Baca Juga

1 comment:
Write komentar

Blog Archive