Pengertian Sosialisasi, Tujuan Sosialisasi dan Fungsi Sosialisasi

Pengertian Sosialisasi

Pengertian Sosialisasi, Tujuan Sosialisasi dan Fungsi Sosialisasi  - Pada kesempatan ini Pendidikanku.net akan membahas mengenai apa itu sosialisasi , tujuan dari sosialisasi , fungsi atau kegunaan dari sosialisasi .

Pengertian sosialisasi menurut para ahli yang menyatakan ialah bahwa pengertian sosialisasi merupakan suatu proses pembelajaran seseorang untuk dapat mempelajari pola hidup sesuai dengan nilai, norma serta kebiasaan yang dijalankannya didalam suatu masyarakat atau juga kelompok. 

Unsur-unsur sosialisasi ialah suatu peranan pola hidup didalam masyarakat sesuai dengan nilai, norma, serta kebiasaan masyarakat. Sosialisasi berperan yang sangat penting didalam suatu proses pembelajaran yang dapat dilihat dari fungsi sosialiassi serta juga tujuan sosialsiasi.

sosialisasi
sosialisasi

12 Pengertian Sosialiasi Menurut Para Ahli

Pengertian Sosiologi Menurut Para Ahli

Pengertian Sosiologi menurut para ahli sebagai berikut antara lain  :
  • 1. Pengertian Sosialisasi menurut Charles ellwood mengemukakan bahwa sosiologi adalah suatu pengetahuan yang menguraikan mengenai hubungan manusia dan juga golongannya, asal kemajuannya, bentuk serta juga kewajibannya.
  • 2. Pengertian Sosialisasi menurut Gustav ratzenhofer menyatakan ialah bahwa sosiologi adalah suatu pengetahuan mengenai suatu hubungan manusia dengan kewajibannya untuk dapat menyelidiki dasar dan terjadinya suatu evolusi sosial dan juga kemakmuran umum bagi anggota-anggotanya.
  • 3. Pengertian Sosialisasi menurut Herbert Spencer menyatakanbahwa sosiologi ialah mempelajari tumbuh, bangun, serta kewajiban masyarakat. 
  • 4. Pengertian Sosialisasi menurut Max Weber menytakan bahwa sosiologi ialah mempelajari tindakan-tindakan sosial. 
  • 5. Pengertian Sosialisasi menurut Pitrim A. Sorokin mengemukakan bahwa sosiologi adalah ilmu yang mempelajari hubungan serta pengaruh timbal balik diantara aneka macam gejala-gejala sosial (contohnya, gejala ekonomi dengan agama, keluarga dengan moral, hukum dengan ekonomi, ) hubungan serta juga pengaruh timbal balik antara gejala sosial dan juga non-sosial (contohnya , pengungsian dengan bencana alam), serta ciri-ciri umum dari semua jenis gejala-gejala sosial.
  • 6. Pengertian Sosialisasi menurut Emile Durkheim menggemukakan bahwa sosiologi merupakan suatu ilmu yang mempelajari fakta-fakta sosial, yakni fakta-fakta yang berisikan cara untuk bertindak, berfikir, serta berperasaan yang ada di luar individu.
  • 7. Pengertian Sosialisasi menurut William F. Ogburn dan Meyer F. Nimkoff  mendefinisikan sosiologi ialah sebagai ilmu mengenai suatu penelitian ilmiah terhadap interaksi sosial dan juga hasilnya adalah organisasi sosial.
  • 8. Pengertian Sosialisasi menurut Joseph Roucek dan Warren menyatakan bahwa sosiologi ialah sebagai ilmu yang mempelajari mengenai hubungan antarmanusia di dalam suatu kelompok.
  • 9. Pengertian Sosialisasi menurut Selo Soemardjan dan Soelaiman Soemardi menyatakan bahwa sosiologi merupakan ilmu yang mempelajari struktur sosial serta proses-proses sosial, termasuk juga perubahan-perubahan sosial.
  • 10. Pengertian Sosialisasi menurut Soerjono Soekanto menyatakan  bahwa sosiologi adalah suatu ilmu yang mempelajari masyarakat didalam keseluruhannya serta hubungan-hubungan diantara orang-orang dalam bermasyarakat.
  • 11. Pengertian Sosialisasi menurut Mayor Polak menggemukakan bahwa sosiologi adalah suatu ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang masyarakat sebagai keseluruhan, yaitu antarhubungan di antara :
  1.  manusia dengan manusia, 
  2. manusia dengan kelompok, 
  3. kelompok dengan kelompok, baik formal maupun material, statis ataupun juga dinamis.
  • 12. Pengertian Sosialisasi menurut Hasan Shadily menggemukakan bahwa sosiologi adalah suatu ilmu yang mempelajari hidup bersama didalam bermasyarakat serta menyelidiki ikatan-ikatan antarmanusia yang menguasai kehidupan itu.

Tujuan Sosialisasi

1. Untuk memberikan keterampilan kepada seseorang untuk bisa hidup bermasyarakat.
2. Untuk mengembangkan kemampuan sesorang didalam berkomunikasi dengan secara efektif.
3. Untuk mengembangkan fungsi-fungsi organik seseorang dengan melalui introspeksi diri yang tepat.
4. Untuk menanamkan nilai-nilai serta kepercayaan kepada seseorang yang memiliki tugas pokok didalam bermasyarakat.

Fungsi Sosialisasi

Terdapat juga fungsi sosialisasi didalam pembentukan peran serta status sosial antara lain ialah sebagai berikut.

1. Mampu untuk mempelajari serta menghayati norma-norma yang terdapat didalam kelompok tempat dimana ia tinggal.
2. Dapat mengenal dan juga memahami masyarakat lebih luas.
3. Dapat mengetahui peran-peran yang dipunyai oleh masing-masing anggota masyarakat.
4. Dapat mengembangkan kemampuan yang sesuai peran serta status sosialnya.

                                          PENGERTIAN PERAN SOSIAL DALAM SOSIOLOGI
                                          10 PENGERTIAN DAN FUNGSI NORMA MENURUT PARA AHLI
                                          SIFAT DAN HAKIKAT SOSIOLOGI TERLENGKAP
                                          10 DEFINISI DAN PENGERTIAN SOSIOLOGI MENURUT AHLI 

Sekian dan Terimakasih sudah membaca Pengertian Sosialisasi, Tujuan Sosialisasi dan Fungsi Sosialisasi , Semoga dapat bermanfaat untuk anda , salam hangat dari Pendidikanku

Baca Juga

No comments:
Write komentar

Blog Archive