Metodologi Statistik Terlengkap

Metodologi Statistik

Tahap-tahap metodologi Statistik - pengertian metodologi statistik , adalah pemecahan suatu masalah dengan secara statistik yang terdiri dari beberapa tahapan, berikut ini adalah tahapan dari metodologi statistik :

Tahap-tahap metodologi statistik

1. Identifikasi masalah

Tahap identifikasi masalah merupakan tahap awal (tahap perencanaan) pada tahap ini , masalah atau suatu persoalan yang ada itu harus dipahami serta didefinisikan secara jelas dan tepat , misalna sifat permasalahan , luasnya permasalahan , serta dapat situasinya .

Metodologi Statistik
Metodologi Statistik


2.Pengumpulan data atau fakta

Pada tahap pengumpulan data ini , data tersebut haruslah mendukung atau bersangkutan dengan permasalahan atau persoalan yang dikumpulkan . data tersebut bisa berupa data intern (data yang bersangkutan langsung dengan persoalan atau permasalahan) atau data ekstern (data yang hanya mendukung permasalahan). Data intern dan ekstrern dikumpulkan dengan melalui , ialah sebagai berikut :
  • Data-data yang tersedia
    data yang tersedia , ialah data-data yang diperoleh serta dikumpulkan melalui sumber-sumber yang telah ada.
  • Data-data asli
    data asli , ialah data-data yang diperoleh atau dikumpulkan secara langsung oleh sipeneliti yang bersangkutan , jadi seperti data-data baru.
Data-data yang dikumpulkan haruslah mempunyai sifat-sifat , antara lain ialah sebagai berikut :
  1. Akurat , artinya ialah data tersebut harus mencerminkan atau sesuai dengan keadaan yang sebenarnya
  2. Up to date , artinya data tersebut haruslah juga tepat waktu
  3. Komprehensif , artinya ialah data tersebut harus dapat mewakili
  4. Relevan , artinya ialah harus terdapat kertekaitan atau berhubungan dengan masalah yang akan diselesaikan
  5. Memiliki kesalah baku kecil , artinya mempunyai tingkat ketelitian yang cukup tinggi.

3. Klasifikasi Data

Pada tahap klasifikasi data ini , data tersebut haruslah sudah ada dikelompokkan sesuai dengab tujuan studi . Data yang ada diidentifikasi berdasarkan dengan kemiripan arau kesamaan sifat , yang setelahnya disusun kedalam kelompok-kelompok. salah satu metodo pengklasifikasian yang sering digunakan ialah dengan menggunakan metode coding (Penggunaan kode)

4.Penyajian Data

Pada tahap penyajian data ini , data yang sudah diklasifikasikan , disajikan atau di tampilkan kedalam bentuk tertentu misalnya grafik atau tabel, selain dari itu ditampilakan juga nilai-nilai deskriptif

5.Analisis Data

Pada tahap analisis data ini , merupakan tahapan akhir dari metodologi penelitian , sebelum melakukan penarikan kesimpulan . pada tahap tersebut , diinterprestasikan hasil dari tahap-tahap sebelumnya . kemudian dibuatu suatu kesimpulan yang merupakan titik akhir dari suatu permasalahan , yang berupakan keputusan atau tencana yang menjadi jawaban terbaik dari masalah tersebut .

                                            2. Macam-macam Statistik

Sekian dan terimakasih sudah membaca metodologi statistik , tahap-tahap metodologi statistik , semoga dapat bermanfaat untuk anda , salam hangat dari pendidikanku.org


EmoticonEmoticon