Pengertian Darah, Fungsi Dan Komponen Darah

Pengertian Darah, Fungsi Darah, Dan Komponen Darah


Pengertian Darah , Fungsi Dan Komponen Darah - Pada kesempatan kali ini pendidikanku.net akan membahas mengenai Pengertian darah , komponen darah , dan fungsi darah bagi tubuh. Pengertian Darah , Darah adalah suatu cairan yang berwarna merah yang mengalir didalam pembuluh darah .

Pengertian Darah , Fungsi Dan Komponen Darah
Pengertian Darah , Fungsi Dan Komponen Darah 

Fungsi Darah Bagi Manusia

Darah tersebut berperan didalam suatu sistem transportasi didalam tubuh. dibawah ini adalah fungsi darah bagi manusia :
  • Darah tersebut berperan sebagai pertahanan tubuh untuk dapat membutnuh kuman -kuman yang masuk kedalam tubuh.
  • Darah tersebut menjaga kestabilan suhu tubuh dengan menyebarkan energi panas didalam tubuh dengan secara merata.
  • Darah tersebut membawa hormon dari pusar produksi hormon ke tempat tujuannya didalam tubuh.
  • Darah tersebut membawa sari makanan dari usus dan menyebarkannya ke seluruh tubuh.
  • Darah tersebut membawa oksigen dari paru-paru yang kemudian menyebarkannya keseluruh tubuh serta mengambil karbon dioksida dari seluruh tubuh untuk di bawa ke paru-paru.
  • Darah tersebut mengangkut sisa-sisa metabolisme sel untuk dibuang ke ginjal.
Darah tersebut tersusun dari bagian yang sifatnya cair (plasma darah ) dan bagian yang sifatnya padat (korpkuler atau sel darah ).

1. Pengertian Plasma Darah 

Plasma darah merupakan bagain cair dari darah. Komponen terbesar dari plasma darah adalah ait , yakni sekitar 90%.  zat -zat yang terlarut didalam plasma darah adalah protein plasma (albumin , protrombin ,serta antibodi ) , garam mineral , dan juga  zat-zat yang diangkun darah yang berupa zat makanan , hormon , zat sisa metabolisme (CO2 , amoniak , urea dll )
Fibrinogen dan protrombin dalam plasma darah berperan ialah didalam proses pembekuaan darah.
Plasma darah tanpa Fibrinogen disebut dengan serum darah 

2.  Sel-Sel Darah

Terdapat 3 macam sel darah yakni , sel darah merah (eritrosit) , sel darah putih (leukosit ) dan keping-keping darah (trombosit)

1. Sel darah Merah (Eritrosit)
Sel darah merah atau eritrisit berfungsi untuk membawa oksigen dan korbondioksida dan sari-sari makanan . Sel darah merah tersebut tidak mempunyai inti sel , Mengapa Eritrosit berwarna merah ? dikarenakan eritrosit tersebut terkandung gemogoblin , yakni protein yang mengandung zat besi.

Sel darah merah tersebut dibentuk pada tulang pipih du sumsum tulang dan dapat hidup hingga 120 hari. eritrosit yang sudah tua akan dirombak kembali dalam limpa . gemogoblin dari eritrosit yang dirombak tersebut akan terlepas dan kemudian dibawa kedalam hati untuk dijadikan zat warna empedu , yakni bilirubin , dan biliverdin.

2. Sel darahPutih (leukosit)
Sel darah putih berbentuk tidak tetap (amoeboid), berinti tidak mengandung pigmen serta dapat bergerak bebas. Fungsi sel darah putih ialah sebagai perahanan tubuh dari serangan penyakit dengan cara memangsanya  atau membentuk antibodi.
Untuk lebih jelasnya lagi silahkan baca Pengertian dan jenis Leukosit (Sel darah Putih).

3. Keping Darah (Trombosit)
Keping darah tidak beraturan , ukuran dari keping darah ini lebih kecil dibandingkan dengan sel darah merah . keping darah tersebut hidupnya lebih singkat yaitu hanya 8 hari . keping darah berfungsi ialah sebagai proses pembekuan darah.

Baca juga Artikel terkait : Pengertian Pembuluh balik (Vena)
                                            Pengertian pembuluh Nadi (Arteri)
                                            Pengertian Hati dan Fungsinya
                                           

Sekian dan terimakasih sudah membaca mengenai Pengertian darah , Fungsi darah , Dan komponen darah semoga dapat bermanfaat untuk anda , salam hangat dari pendidikanku.org


EmoticonEmoticon