Perbedaan Tulang Rawan Dan Tulang Keras Beserta Fungsinya

Pengertian Tulang

Perbedaan Tulang Rawan dan jugaTulang Keras Beserta Fungsinya -  Tulang ialah salah satu bagian dari sistem rangka yang terbuat dari jaringan ikat tulang. Tulang tersebut sangat berguna bagi manusia.

Perbedaan Tulang Keras Dan Tulang Rawan
Tulang Keras Dan Tulang Rawan 

Fungsi Tulang

Beberapa fungsi tulang antara lain ialah sebagai berikut:
  1. ialah sebagai alat gerak bersama dengan otot;
  2. ialah sebagai tempat melekatnya otot;
  3. ialah sebagai pelindung organ lunak dan vital;
  4. ialah tempat memproduksi sel-sel darah;
  5. ialah tempat penyimpanan cadangan mineral, berupa kalsium dan fosfat, serta cadangan lemak.

Klasifikasi Tulang

Banya jenis pada Tulang , baik itu bentuk atauun juga penyusunnya. Berdasarkan pada jaringan penyusunnya, tulang tersebut dapat dikelompokkan sebagai berikut.

1.Tulang Rawan (Kartilago)

Tulang rawan tersebut terdiri dari sel-sel tulang rawan (kondrosit), serabut kolagen, dan juga matriks. Sel-sel tulang rawan tersebut dibentuk oleh bakal sel-sel tulang rawan, yakni kondroblas.
Dengan berdasarkan susunan serabutnya tersebut, tulang rawan tersebut digolongkan menjadi 3(tiga) jenis, yakni ialah sebagai berikut.

Baca untuk lebih lengkap lagi mengenai Pengertian Tulang Rawan Terlengkap
  1. Tulang rawan hialin, 
    Tulang rawan ini memiliki serabut yang tersebar  dalam anyaman yang halus dan juga rapat. Tulang rawan hialin tersebut terdapat pada ujung-ujung tulang rusuk yang menempel pada tulang dada
  2. Tulang rawan elastis
    Tulang rawan ini ialah susunan sel dan juga matriksnya mirip dengan tulang rawan hialin, namun tidak sehalus dan juga tidak serapat tulang rawan hialin. Tulang rawan elastis tersebut terdapat pada daun telinga, laring, dan juga epigloti
  3. Tulang rawan fibrosa,
    Tulang rawan ini ialah matriksnya tersusun kasar dan juga tidak beraturan. Tulang rawan fibrosa tersebut terdapat pada cakram antartulang belakang dan juga tulang simfisis pubis (pertautan tulang kemaluan) 

2.Tulang Keras (Osteon)

Baca untuk lebih lengkap lagi mengenai Pengertian Tulang Keras Terlengkap

Tulang tersebut terbentuk dari tulang rawan yang mengalami suatu penulangan (osifikasi). pada saat tulang rawan (kartilago) itu terbentuk, rongga-rongga matriksnya itu terisi dengan sel osteoblas. Osteoblas ialah lapisan sel tulang muda. Osteoblas tersebut akan dapat menyekresikan zat interseluler ialah seperti kolagen yang akan mengikat suatu zat kapur.

Osteoblas yang telah diselimuti atau dikelilingi  oleh zat kapur tersebut akan mengeras dan juga akan menjadi suatu osteosit (sel tulang keras). Pada antar tulang yang satu dan juga sel tulang yang lain tersebut dihubungkan oleh suatu juluran-juluran sitoplasma yang disebut juga dengan kanalikuli. Tiap-tiap satuan sel osteosit tersebut akan mengelilingi suatu sistem saraf dan juga pembuluh darah sehingga akan dapat  membentuk sistem Havers

Fungsi dan Perbedaan Tulang Rawan dan Tulang Keras

Matriks disekitar sel-sel tulang tersebut mempunyai senyawa protein yang dapat mengikat suatu kapur (CaCO3) dan juga fosfor (CaPO4). Kapur serta juga fosfor itu membuat tulang tersebut menjadi keras. Dengan berdasarkan matriksnya, bagian pada tulang tersebut dapat dikelompokkan menjadi 2(dua) bagian, yakni tulang kompak dan juga tulang spons.

Tulang kompak memiliki matriks yang padat dan rapat, sedangkan tulang spons memiliki matriks yang berongga-rongga. Sebenarnya, kedua jenis tulang tersebut terdapat di suatu tempat yang sama. Penamaan diambil hanya dengan melihat bagian mana yang paling dominan. Dari penjelasan tersebut, tentunya kita dapat menunjukkan contoh tulang kompak dan tulang spons yang terdapat pada tubuh kita.

Berdasarkan bentuknya, tulang keras dapat dikelompokkan ialah sebagai berikut.

1.Tulang pipa tersebut berbentuk panjang dan juga berongga, seperti layaknya pipa.
Tulang pipa ini terdiri dari 2(dua) bagian, yakni
  1. diafisis 
  2. epifisis 
Diafisis ialah bagian "badan" tulang, sedangkan epifisis tersebut ialah bagian tepi (epi) atau juga bagian "kepala" tulang. Diantara epifisis dan juga diafisis tersebut, dibatasi dengan bagian yang disebut dengan cakram epifisis. Cakram epifisis tersebut lebih lambat proses penulangannya jika dibandingkan dengan daerah diafisis.

2.Tulang pipih ialah tulang-tulang yang berbentuk suatu pipih. Tulang pipih tersebut banyak terdapat pada  rangka aksial, . Tulang pipih tersebut berfungsi ialah sebagai pelindung suatu rongga.

3.Tulang pendek ini umumnya berukuran pendek. Hanya dapat ditemukan pada daerah pangkal telapak tangan , pangkal telapak kaki, dan juga pada tulang-tulang belakang.

4.Tulang tidak beraturan ialah tulang yang mempunyai bentuk tidak beraturan.

PERBEDAAN ANTARA TULANG RAWAN DAN TULANG KERAS

Tulang Rawan

Tulang Keras

Lunak, Lentur, dan juga tidak mudah patah Keras, mudah patah dan kaku
Sel penyusun : Chondrocyte Sel Penyusun : osteocyte
Jaringanya : Banyak mengandung zat perekat dan sedikit mengandung zat kalsium Jaringannya : Banyak mengandung zat kalsium dan sedikit mengandung zat perekat

Sekian Dan Terimakasih Sudah membaca tentang Perbedaan tulang Rawan dan Tulang keras beserta fungsinya , Semoga dapat bermanfaat untuk anda para pembaca pendidikanku.org

Baca Juga

1 comment:
Write komentar

Blog Archive