Empati : Pengertian, Manfaat, Beserta Contohnya

www.pendidikanku.org - Pada kesempatan ini kita akan membahas mengenai Empati, apa sih itu empati, Asal kata empati ini berawal dari kata bahasa Jerman Einfuhlung yang dengan secara harfiah artinya itu ialah ‘memasuki perasaan orang lain’. Nah untuk lebih jelasnya dibawah ini selengkapnya :
Empati : Pengertian, Manfaat, Beserta Contohnya

Pengertian Empati

Pengertian empati merupakan suatu kemampuan untuk membayangkan apa yang mungkin dirasakan atau juga dipikirkan oleh orang lain serta juga kemampuan untuk dapat merasakan kemampuan orang lain. Empati tersebut seringkali dianalogikan ialah sebagai ‘berada di dalam sepatu orang lain’ atau ‘melihat dari mata orang lain’.

Yang menjadi pembeda dari rasa empati antara satu orang dengan lainnya ini ialah tingkat kedalaman perasaan dan juga cara menunjukkan perasaan empati tersebut kepada suatu hal. Empati ini merupakan tindak lanjut dari sikap simpati, yakni suatu perbuatan nyata dalam mewujudkan rasa simpatinya itu. Empati serta juga simpati ini juga sama-sama menggambarkan atau mengilustrasikan situasi sedih dan juga berkabung yang dilihatkan kepada orang lain di saat sedang mengalami musibah atau juga tragedi.

Tapi, meski memiliki kesamaan dalam hal istilah ataupun juga termasuk dari contoh interaksi sosial, tetap saja terdapat perbedaan yang utama. Contohnya simpati yang lebih menggambarkan atau mengilustrasikan perasaan belas kasihan yang ditujukan kepada keadaan orang lain, tapi sedangkan empati ini memungkinkan orang lain untuk bisa menempatkan diri pada posisi orang-orang yang menderita serta juga berbagi dengan secara langsung dalam kesusahan dan kesedihan mereka.

Manfaat Empati

Peran empati ini menjadi sangat penting dalam menjembatani suatu hubungan baik dengan orang lain. Tapi, tak banyak juga orang yang mengetahui, tentang apa saja manfaat empati yang bisa atau dapat diperoleh saat ia menumbuhkan rasa empati itu di dalam dirinya. Manfaat empati ini tidak hanya dapat dirasakan oleh diri sendiri, namun orang-orang didekat kita juga dapat ikut merasakan manfaat dari empati. Dibawah ini merupakan beberapa manfaat empati, diantaranya sebagai berikut :

1. Membuat hidup lebih bahagia

Manfaat dari empati ini ialah membuat hidup itu jadi lebih bahagia. Pada sat tumbuh atau muncul rasa empati itu terhadap orang lain, kita akan dapat mampu merasakan apa yang sedang dirasakan orang lain. Apabila rasa tersebut sudah tumbuh atau muncul, maka terdapat rasa belas kasih dan juga kasih sayang terhadap sesama.

Rasa belas kasih serta juga kasih sayang ini akan menjauhkan kita dari rasa yang kurang baik seperti ras iri, benci, atau juga permusuhan kepada orang lain sehingga timbal baliknya ialah akan membuat kita menjadi pribadi yang lebih bijaksana dan juga bahagia.


2. Membuat hidup lebih sehat

Empati Membuat hidup itu menjadi lebih sehat. Ada sebuah study yang diterbitkan dalam Psychological Science, pada study itu menujukkan bahwa emosi positif serta hubungan sosial yang positif akan mampu meningkatkan kesehatan.

Pengamatan yang dilakukan pada peserta penelitian tersebut menunjukkan bahwa dengan menumbuhkan emosi positif yang diwujudkan dalam bentuk cinta kasih kepada sesama dan juga dengan mewujudkan hubungan sosial yang positif para peserta tersebut memiliki denyut jantung yang lebih stabil dan juga bisa terhindar dari berbagai jenis penyakit. Pada dasarnya orang dengan rasa empati kepada orang lain itu dapat merasakan manfaat dari empati ialah memiliki hidup yang lebih lama dan juga lebih sehat.

3. Menjadi lebih pintar

Empati membuat kamu lebih pintar. Empati ini akan membuat kamu untuk lebih mudah berhubungan baik dengan orang lain. Untuk dapat mampu berhubungan baik dengan orang lain itu, maka kamu harus mampu untuk menyesuaikan diri dengan orang-orang yang tentu dan mungkin berbeda latar belakang pendidikan, sosial atau juga ekonominya. Empati tersebut akan memudahkan dalam hal tersebut, yakni membuat kamu untuk lebih pintar dalam menyesuaikan diri serta juga tentunya akan membuat kecerdasan emosional kamu itu semakin meningkat.

4. Menumbuhkan rasa cinta kasih dari dalam diri

Empati menumbuhkan rasa cinta kasih dari dalam diri. Empati tersebut akan membuat kita untuk mampu merasakan apa sedang yang dirasakan orang lain. Membuat kita untuk mampu menempatkan diri dalam situasi serta juga kondisi orang lain sehingga akan mampu merasakan apa yang dirasakan oleh orang lain. Kemampuan untuk merasakan apa yang dirasakan orang lain tersebut akan memunculkan atau menimbulkan rasa cinta kasih dari dalam diri kepada orang lain.

5. Mendapatkan kemudahan-kemudahan dalam hidup

Empati akan memberikan kemudahan-kemudahan dalam hidup. Empati tersebut akan membuat kita untuk menjadi lebih peduli dan juga mau membantu orang lain. Dengan kata lain empati tersebut merupakan kebaikan yang diberikan kepada orang lain.

Tiap-tiap kebaikan yang diberikan tersebut tentu akan mendapat balasan, baik dari Tuhan maupun dari sesama manusia baik secara langsung ataupun tidak. Pada saat kita mampu berempati serta juga berbuat baik kepada orang lain, maka orang lain tersebut juga akan berbuat baik kepada kita sehingga kehidupan kita juga akan dipenuhi dengan kemudahan-kemudahan yang tidak akan dapat disangka sebelumnya.

Walau memang tidak mudah untuk menimbulkan atau memunculkan rasa empati terhadap orang lain, namun dengan melalui kemampuan sosial yang baik serta sedikit imajinasi, akan dapat tumbuh kemampuan dalam menumbuhkan perasaan empati tersebut. Empati tersebut merupakan tindakan paling baik untuk dapat memahami orang lain dari sudut pandang orang tersebut sehingga akan timbul rasa kepedulian.

Contoh Empati

Dalam syarat interaksi sosial serta juga dalamkehidupan sehari hari, banyak sekali contoh contoh perilaku empati dalam komunikasi antar sesama yang dapat kita lihat. Contoh dari sikap empati ini mudah untuk ditemukan dalam lingkungan keluarga, interaksi antar sahabat serta juga lingkungan masyarakat secara umum, Dibawah ini merupakan beberapa contoh perilaku empati yang bisa kita temui sehari-hari, dinataranya:


  1. Pada saat terdapat teman yang bersedih atas sesuatu hal, maka perilaku empati yang muncul itu sederhana yaitu dengan kehadiran dan juga usaha kita untuk menghiburnya.
  2. Membantu serta juga ikut menyelesaikan masalah teman apabila membutuhkan (dalam arti kebaikan).
  3. Jika ada teman yang sedang sakit, maka dengan datang untuk menjenguknya dan membawakan apa yang ia butuhkan itu juga merupakan perilaku empati.
  4. Pada saat kita melihat ada anak anak terlantar di jalanan, maka kita berempati dengan cara memberikan sedekah ataupun juga mendirikan rumah singgah untuk anak jalanan.
Nah itulah teman-teman penjelasan mengenai Empati : Pengertian, Manfaat, Beserta Contohnya, semoga apa yang dijelaskan diatas dapat bermanfaat untuk anda. Terima kasih

Tags :

  • pengertian empati menurut para ahli
  • pengertian empati dan simpati
  • pengertian empati dan contohnya
  • empati adalah brainly
  • pengertian empati brainly
  • contoh sikap empati
  • sikap empati adalah
  • pengertian empati dalam islam
arti empati, bentuk empati, ciri empati, contoh empati, contoh empati dalam kehidupan sehari-hari, empati, empati adalah, jenis empati, makna empati, manfaat empati, pengertian empati, pengertian empati menurut para ahli, tujuan empati

0 Response to "Empati : Pengertian, Manfaat, Beserta Contohnya"

Post a Comment

Popular

Subscribe Us