Pengertian Sumber Daya Alam, Contoh, Jenis, dan Manfaat

www.Pendidikanku.org-  Disini saya akan membahas Pengertian Sumber Daya Alam Beserta Contoh, Jenis-jenis,dan Manfaat, Penjelasan nya sebagai brikut:

Pengertian Sumber Daya Alam 

Sumber daya alam(SDA) merupakan semua bahan yang bisa dapat ditemukan oleh manusia dalam alam ini dan bisa juga dimanfaatkan untuk keberlangsungan hidupnya. Bagi manusia, sumber daya alam pada dasarnya merupakan hal sangat terpenting yang berupa benda hidup (hayati) ataupun benda mati (non-hayati). Kedua jenis sumber daya alam itu juga dapat dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia. Sebenarnya, manusia juga ialah sumber daya bagi suatu negara karena manusia dapat juga memberikan manfaat yang luar biasa oleh negaranya sendiri dengan cara hal tersebut menjadikan tenaga kerja, memajukan ilmu pengetahuan, bahkan teknologi sehingga bisa dapat meningkatkan perekonomian negara.

Pengertian Sumber Daya Alam, Contoh, Jenis, dan Manfaat

Jenis-jenis sumber daya alam

Sumber Daya Alam dapat diartikan sebagai segala macam yang berada di lingkungan alam dan manusia itu juga bisa dapat memanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan hidup. Terdapat juga pula beberapa jenis sumber daya alam yang harus Anda ketahui, sebagai berikut:  

Berdasarkan Sifatnya

Berdasarkan sifatnya jenis-jenis sumber daya alam dibagi menjadi 2:

      1.  Sumber Daya Alam yang dapat diperbaharuhi

Adalah Sumber daya alam yang tidak dapat pernah habis seperti hewan, tumbuh-tumbuhan, udara,
air, sinar matahari, dan mikroorganisme lainnya.

      2.  Sumber Daya Alam yang tidak dapat diperbaharui

Sumber daya alam jenis ini mempunyai jumlah yang sangat terbatas. Hal ini dikarenakan proses pembentukannya membutuhkan jangka waktu yang sangat lama, sehingga digunakan terus menerus akan habis, seperti bahan-bahan galian atau barang tambang.

Berdasarkan Jenisnya SDA

Berdasarkan jenisnya sumber daya alam dibagi menjadi 2:

Daya Alam Hayati (Biotik) 

Sumber daya alam yang berasal dari kata makhluk hidup yaitu hewan dan tumbuh-tumbuhan. Sumber daya alam Hayati dapat dibedakan menjadi 2 yakni :

1.Sumber daya alam yang berasal dari hewan atau binatang seperti telur, daging, ikan, dan lain sebagainya.
2 Sumber daya alam nabati adalah SDA yang berasal dari tumbuh-tumbuhan dan merupakan produsen atau penyusun utama dari rantai makanan.

Sumber Daya Alam non hayati (abiotik)

Sumber daya alam ini berasal dari kata benda-benda mati. Seperti tanah, air, udara, sinar matahari, maupan hasil tambang.

Berdasarkan Pembentuknya

Berdasarkan bentuknya, Sumber daya alam dibagi menjadi 4 jenis yakni:
  • Sumber daya alam materi
    Sumber daya alam yang terdapat benda mati juga bisa didapatkan secara langsung dari alam, bisa melalui beberapa proses seperti penambangan dan pengolahan. sehingga bermanfaat untuk kelangsungan hidup manusia
  • Sumber Daya Alam Energi
    Sumber daya alam yang bisa menghasilkan energi dan bisa dimanfaatkan untuk menunjang kehidupan manusia. Seperti minyak bumi, batu bara, gas bumi, air, udara maupun sinar matahari
  • Sumber Daya Alam Ruang
    Sumber daya alam yang dapat berupa ruang, tempat, atau wilayah yang bisa dimanfaatkan oleh manusia untuk kelangsungan hidupn. Sumber daya alam ruang ini pun dapat dipengaruhi oleh beberapa hal seperti letak astronomis, topografi, maupun reliefnya. Seperti gunung dan lembah 
  • Sumber Daya Waktu
    Sumber daya alam yang keberadaannya tergantung oleh pada waktu dan musim. Misalnya Air ketika musim kemarau keberdaannya pun sangat sulit dapat ditemukan, tetapi ketika musim hujan sangat berlimpah.

Berdasarkan Daya Pakai dan Nilai Ekonominya


Berdasarkan Daya Pakai dan Nilai Ekonomisnya Berdasarkan  ekonomisnya sumber daya terbagi menjadi 4 macam, berikut penjelasan mengenai daya pakai dan nilai ekonomisnya :
  1. Sumber daya alam ekonomis itu dapat, seperti emas, perak, minyak bumi, batu bara dan timah. 
  2. Sumber daya alam non-ekonomis, Contohnya itu seperti sinar matahari, udara, dan air.

Berdasarkan Lokasinya Sumber daya alam

berdasarkan lokasinya, di bedakan menjadi 2 macam, yaitu:
  1. Sumber daya alam akuatik adalah sumber daya alam hanya dijumpai di daerah perairan. Seperti ikan, rumput laut, terumbu karang, udang, kepiting, atau lain sebagainya. 
  2. Sumber daya Alam terrestrial merupakan sumber daya alam yang hanya dijumpai oleh daerah atau wilayah di daratan. Seperti hasil hutan, bahan-bahan tambang, dan lain sebagainya 
Berdasarkan ketersediaanya sumber daya alam tersebut dapat dibagi menjadi dua kelompok yaitu:
sumber daya alam yang dapat diperbarui dan sumber daya alam yang tidak dapatf diperbarui.

Sumber daya alam yang bisa diperbarui

Sumber daya alam yang bisa diperbarui merupakan semua kekayaan alam yang tidak akan pernah habis. Contoh sumber daya alam yang bisa diperbarui ialah seperti hewan, tumbuhan, air dan udara.

Sumber Daya Alam yang Tidak Dapat Diperbarui

Sumber daya alam yang tidak bisa diperbarui merupakan semua yang berada di alam, apabila sudah habis sulit kembali. Bisa saja dapat kembali, tetapi membutuhkan proses yang cukup sangat lama. Contoh sumber daya alam yang tidak bisa diperbarui merupakan seperti minyak bumi, batu bara, gas alam, barang tambang mineral dan barang tambang non mineral.

Sumber daya alam yang ada di Indonesia 

 Negara Indonesia mempunyai beragam kekayaan alam baik berupa sumber daya alam yang bisa diperbaharui atau sumber daya alam yang tidak bisa diperbarui. Nah, berikut ini ada beberapa kekayaan alam yang berada di Indonesia:

Tambang emas kualitas terbaik

 Siapa sangka Indonesia merupakan negara yang memiliki wilayah dengan adanya kandungan emas yang sangat bekualitas terbaik di dunia. Seperti yang sudah Anda ketahui bahwa emas merupakan logam mulia yang sangat didewakan oleh semua orang dari berbagai kalangan. Pasti Anda sudah mengetahui tambang emas manakah yang akan dimaksud. Ya, Freeport. Freeport yang berada di posisi Papua adalah tambang emas yang sangat terbesar dan mempunyai kualitas terbaik di dunia.

Tambang batu bara

Selain tambang emas, di Indonesia pun terdapat tambang batu bara yang banyak terletak di posisi Pulau Kalimantan dan pulau Sumatera. Tambang ini sangat berbeda dengan tambang emas yang berada di posisi Papua, karena tambang batu bara ini tidak dikelola oleh perusahaan asing, tetapi sudah dikelola oleh perusahaan dalam negeri. Perusahaan dalam negeri ini yang akan mengelola tambang batu bara ini adalah PT. Bukit Asam. Beberapa media Internasional meyatakan bahwa Indonesia dapat menyandang sebagai penghasil tambang batu bara yang sangat terbesar.

Cadangan gas alam

Harta karun selanjutnya yang dimiliki Indonesia yaitu gas alam. Indonesia benar- benar sudah menjadi surga yang didalamnya akan terdapat berbagai macam hal yang dibutuhkan untuk keberlangsungan hidup manusia. Indonesia ini mempunyai sumber daya alam yang sangat penting umtuk lainnya adalah gas alam. Gas alam yang sangat paling besar di Indonesia ini pun berada di Blok Natuna dan juga Blok Cepu. Gas alam yang satu ini menyatakan bahwa keberadaannya pun memang sangat penting.

Hutan hujan tropis yang terbentang luas

Selain sumber daya alam yang tidak bisa daoat diperbaharui, Indonesia juga pun mempunyai sumber daya alam yang bisa diperbaharui, seperti halnya hutan hujan tropis. Indonesia ini mempunyai hutan hujan tropis yang sangat hijau dan juga lebat. Seperti yang telah diketahui bahwa fungsi hutan memegang peranan peting yaitu sebagai paru- paru dunia, sehingga adanya hutan ini sangat baik bagi kawasan Indonesia dan juga keseimbangan alam di dunia.

Kekayaan bawah laut yang melimpah ruah

Indonesia memiliki letak geografis yang berada di antara 2 samudera, sehingga tidak heran jika Indonesia memiliki wilayah laut yang sangat luas. Wilayah laut yang, mempunyai Indonesia ini merupakan keajaiban karena menyimpan hasil laut yang sangat banyak. Tidak hanya berbagai jenis ikan atau binatang laut yang akan tersedia di lautan Indonesia, tetapi laut Indonesia juga menghasilkan berbagai hasil laut non binatang yang juga bisa meningkatkan nilai ekonomis.

Hasil tanaman

Indonesia memang memiliki tanah yang subur, sehingga tidak heran jika hasil tanaman Indonesia juga sangat melimpah. Bahkan hasil tanaman dari Indonesia pun yang membuat banyak Negara mengincar Indonesia untuk dijajah karena menginginkan hasil tanaman Indonesia. Tanaman Indonesia yang berupa sangat penting ini menjadi hasil perkebunan, pertanian, maupun hasil hutan. Beberapa tanaman yang akan dapat dihasilkan dari tanah Indonesia merupakan kelapa sawit, kopi, padi, tembakau, rotan, karet dan rempah- rempah.

Fauna langka

Indonesia mempunyai beberapa hal kekayaan alam seperti berupa fauna atau binatang. Bahkan ini pun terdapat binatang khas yang hanya terdapat pada Indonesia saja. Misalnya kan binatang langka pun yang hfanya terdapat di Indonesia merupakan Komodo dan Anoa. Binatang Komodo ini pun termasuk kadal raksasa atau hanya hidup berada di Pulau Komodo, Flores. Sementara itu Anoa serupai sapi akan tetapi hidup di hutan atau hanya terdapat di daratan pulau Sulawesi. Selain kedua binatang ini pun, masih sangat banyak sekali binatang yang dimiliki Indonesia sebagai kekayaan alam di Indonesia.

Sumber daya alam hayati 

Pengertian menurut bahasa, hayati berarti mahluk hidup. Oleh karena itu sumber daya alam hayati merupakan semua sumber daya alam yang berasal dari kata mahluk hidup. Dalam berupa bahasa asing, sumber daya alam hayati bisa disebut juga dengan sumber daya alam biotik. Berdasarkan sifat pembahruannya, sumber daya alam hayati termasuk juga dalam jenis sumber daya alam yang bisa diperbaharui.
Nah berikut ini akan ada contoh-contoh sumber daya alam hayati yang sering dimanfaatkan setiap harinya. Suber daya alam ini sudah cukup banyak yang terdapat di sekitar lingkungan kita, diantaranya:

Sumber Daya Hewan
Contoh yang pertama, sumber daya yang berupa dari hewan. Hewan juga bisa menghasilkan berbagai macam produk yang dapat dimanfaatkan sebagian besar manusia untuk menunjang kehidupannya. Produk-produk yang telah dihasilkan tersebut yaitu : Daging, Susu, Kulit, Bulu, Madu, telur dan Kotoran yang dihasilkan semua hewan dan digunakan sebagai pupuk tanaman.

Sumber Daya Tumbuhan
Tumbuhan iniA termasuk juga contoh sumber daya alam hayati, karena tumbuhan juga merupakan jenis mahluk hidup. Tumbuhan juga bisa menghasilkan beragam produk yang bisa dapat manusia manfaatkan untuk menunjang kebutuhan hidupnya. Produk-produk yang dari tanaman tersebut antara lain: Sayuran, bunga, Buah, Kayu, Umbi dan Biji

Pemanfaatan sumber daya alam  

Pemanfaatan suatu sumber daya bisa dinilai berdasarkan kegunaan sumber daya untuk manusia itu sendiri. Maka sebab itu, semakin bermanfaatnya suatu sumber daya alam, maka sumber daya alam tersebut akan semakin bernilai. Misalkan, lahan pertanian yang sudah subur bisa dijadikan tempat daerah pertanian yang sangat potensial. Suatu negara yang memiliki sumber daya alam yang berlimpah dipastikan akan menjadi suatu negara yang maju jika sumber dayanya dimanfaatkan secara maksimal.
Secara alamiah tersebut, kebanyakan manusia dapat memanfaatkan potensi sumber daya alam yang ada dilingkungannya dengan berbagai bentuk aktivitas, aktivitas dalam memanfaatkan sumber daya alam ini bisa dibagi ke dalam enam aktivitas yang sangat menguntungkan, seperti hal tersebut(1) pertanian, (2) perkebunan, (3) perikanan, (4) pertambangan, (5) peternakan, dan (6) kehutanan.


demikian ulasan menganai Pengertian Sumber Daya Alam ,Contoh, Jenis Jenis dan Manfaat, semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi anda terima kasih.


EmoticonEmoticon