Dialog Interaktif : Pengertian, Cara Menyusun, Syarat, Manfaat dan Contohnya

Pendidikanku.Org – Dialog merupakan suatu percakapan antara 2 orang atau lebih, atau dialog dapat diartikan juga sebagai komunikasi yang mendalam yang mempunyai tingkat dan kualitas yang tinggi yang mencangkup kemampuan untuk mendengarkan dan juga saling berbagi pandangan satu sama lain.

Dialog : Pengertian, Cara Menyusun, Syarat, Manfaat dan Contohnya

Pengertian Dialog Interaktif

Dialog interaktif merupakan suatu percakapan yang di lakukan di TV atau juga di radio yang dapat melibatkan pendengar serta para pemirsa dengan melalui komunikasi telepon. Terdapat juga narasumber yang bisa dipilih yakni dengan orang yang sangat mengetahui mengenai informasi atau topik bahasan yang ingin di sampaikan. Yang menyaksikan atau juga yang mendengar dialog interaktif juga bisa memperoleh informasi itu dengan cara mendengarkannya dengan secara baik dan seksama pada informasi. 

Cara Menyusun Dialog

Dibawah ini akan dijelaskan cara atau langkah-langkah didalam menyusun dialog yang sederhana, diantaranya sebagai berikut :

  1. Menentukan tema atau topik mengenai apa yang akan dibicarakan dan dibahas.
  2. Selanjutnya, menentukan dan melibatkan tokoh yang memahami topik atau tema.
  3. Lalu, menentukan posisi juga peran pada masing-masing tokoh yang terlibat.
  4. Kemudian, membuat inti atau juga garis besar materi mengenai pembicaraan.
  5. Selanjutnya, menyusun dialog dengan berdasarkan garis besar dari pembicaraan.
  6. Kemudian, memperlihatkan kaidah, Manfaat, Inti dari dialog dengan benar.

Syarat – syarat dialog

Setelah mengetahui pengertian dan cara menyusun dialog, dibawah ini akan dijelaskan apa saja Supaya dialog itu menimbulkan hasil yang diinginkan, maka harus terpenuhi syarat-syarat dari dialog diantaranya sebagai berikut:

  1. Mengerti dengan benar makna, maksud serta juga tujuan dari dialog dan tentu juga harus memiliki kecakapan untuk dapat melaksanakan dialog.
  2. Mempunyai pendidikan maupun pengetahuan yang luas mengenai topik yang akan dijadikan sebagai bahan dialog.
  3. Mempunyai kehendak yang baik untuk dapat mencari kebenaran dalam dialog tersebut. Karena dalam mendengarkan dialog itu sebaiknya harus memiliki sikap terbuka, tidak berprasangka serta juga tidak memihak.
  4. Menciptakan suasana yang damai serta tenang, jauh dari emosi dan juga rasa paling hebat. 
  5. Harus bisa menyampaikan suatu gagasan itu dengan baik, jelas serta boleh juga dengan semangat, Namun tetapi tentu dengan cara penyampaian dan nada yang enak.
  6. Didalam keseluruhan dialog tersebut juga harus bersikap jujur, tidak manipulatif, tulus, serta juga tidak mencarai-cari kelemahan atau kekurangan rekan dialog, serta juga harus dapat percaya bahwa berbagai hal yang dibahas didalam sebuah dialog itu tidak dimanfaatkan di luar dialog untuk tujuan lain demi mencapai keuntungan diri sendiri ataupun juga kelompok tertentu.
  7. Dialog tersebut juga dapat digunakan sebagai cara untuk dapat langsung membahas suatu hal ataupun sebagai pendahuluan untuk pembahasan materi yang memang berat serta juga sulit. 
  8. Adapun hal-hal yang dijadikan ialah sebagai bahan untuk dialog diantaranya itu meliputi berbagai macam bidang kehidupan, seperti misalnya: sosial, ekonomi, budaya,  moral, politik, etika, agama dan lain sebagainya.

Manfaat Dialog

Dibawah ini merupakan manfaat dari dialog, apa bila dilakukan dengan baik dan diikuti juga oleh orang yang memenuhi syarat, diantaranya :

  1. Pada tingkat pribadi, dialog tersebut dapat meningkatkan sikap saling memahami serta juga menerima, juga mengembangkan kebersamaan serta hidup yang damai saling menghormati dan juga saling percaya.
  2. Di tempat kerja, dialog tersebut dapat membantu kelancaran perencanaan, pelaksanaan, serta juga  evaluasi kerja.
  3. Dalam masyarakat, dialog tersebut dapat menjadi sarana untuk dapat saling memahami, menerima serta juga kerja sama antar berbagai kelompok masyarakat yang berbeda latar belakang budaya, pendidikan, tingkat ekonomi, ideologi, kepercayaan, serta agama.
  4. Dalam keseluruhan hidup bangsa, dialog tersebut dapat memecahkan masalah nasional, merencanakan serta juga melaksanakan pembangunan bangsa, dan juga mengambil arah hidup bangsa menuju masa depan.

Contoh dialog interaktif

Tema dialognya yaitu Bermain Gitar

Narasumbernya: Pakar gitar berbagai macam genre.

Narasumber: Dalam bermain gitar yang diperlukan itu kemauan diri, sering mendengar musik, tau kunci gitar, terus berlatih dengan gitar, dan sabar.

Peserta: Saya ingin sekali menjadi seorang hebat dalam bermain gitar, bagaimana cara saya untuk bisa menjadi pemain yang hebat dengan waktu yang cepat dan juga bagaimana cara untuk menghilangkan rasa putus asa saya dalam bermain gitar.

Narasumber: Dalam bermain gitar kita harus tau bahwa waktu yang diperlukan untuk bisa menjadi pemain gitar yang hebat itu butuh proses yang cukup lama, karena itu dibutuhkan tekat yang kuat dan jangan pernah menyerah  untuk dapat menjadi pemain gitar yang hebat. selanjutnya dalam bermain gitar kita harus tau dulu teknik dasar, dan terus berlatih.

Jadi dapat disimpulkan dalam dialog tersebut: Untuk bisa menjadi pemain gitar yang hebat, itu dibutuhkan waktu yang panjang, tekat yang kuat dan juga sikap untuk tidak menyerah, dan yang penting terus berlatih.

Nah itulah penjelasan mengenai Dialog : Pengertian, Cara Menyusun, Syarat, Manfaat , semoga dapat bermanfaat untuk anda,


EmoticonEmoticon