Pengertian Sinopsis Dan Cirinya Lengkap

Pengertian Sinopsis, Ciri-ciri Sinopsis, Fungsi Sinopsis

Pengertian Sinopsis Dan Cirinya Lengkap - Pada kesempatan ini pendidikanku akan menshare mengenai apa itu sinopsi?, Ciri-ciri sinopsis?, Fungsi sinopsis itu apa?, bagaimana cara membuat sinopsis? point-point tersebut akan dijelaskan sebagai berikut, Pengertian Sinopsis adalah suatu ringkasan atau garis besar naskah yang menggambarkan isi dari sebuah film, buku, atau pementasan yang dilakukan baik itu secara konkrit maupun secara abstrak. Sinopsis ini biasanya digunakan sebagai prolog pada sebuah naskah yang sengaja dibuat yang bertujuan untuk dapat memudahkan penonton mengetahui dan juga memahami secara singkat dari isi yang ada pada naskah tersebut. Kenapa dinamakan sebuah ringkasan? karena pada sinopsis ini biasanya hanya berupa beberapa jumlah halaman atau seperlima  atau sepersepuluh dari panjang karangan asli dari isi naskah yang digunakan.

Pengertian Sinopsis Lengkap
Pengertian Sinopsis Lengkap
Prolog dalam suatu naskah biasanya berisi tentang perkenalan toko h-tokoh dan pemerannya, konflik yang terjadi dalam cerita, peristiwa penting yang menarik serta sinopsis cerita secara sekilas.
Selain sinopsis naskah dalam pementasan diatas ada juga sinopsis lainnya, salah satunya misalnya sinopsis novel. Apa sih sinopsis novel? secara umum Sinopsis novel adalah ringkasan cerita dari sebuah novel. Ringkasan novel merupakan bentuk secara garis besar dan singkat dari sebuah novel namun tetap memperhatikan unsur-unsur intrinsik novel tersebut. baca juga unsur intrinsik dalam karya sastra
Membuat Sinopsis merupakan cara yang efektif dalam menyajikan karya sastra (novel) yang panjang kedalam bentuk yang lebih singkat.
Dalam sinopsis ini, keindahan dalam gaya bahasa, ilustrasi, serta penjelasan-penjelasan itu dihilangkan, namun tetap mempertahankan isi dan gagasan-gagasan si pegarang.

Apa Ciri-Ciri Sinopsis ?

Adapun ciri-ciri sinopsis antara lain sebagai berikut :
1. Alur cerita disusun secara berurutan berdasarkan kronologis dan cerita aslinya hanya saja dipersingkat.
2. Bahasa yang digunakana adalah bahasa persuasif, yakni berupa bujukan yang bertujuan supaya para pembaca sinopsis tertarik (penasaran) membaca buku aslinya.
3. Terdapat ajakan dan motivasi bagi para pembaca.
4. Biasanya didalam sinopsis diterangkan atau dijelasakan juga mengenai kekurangan atau kelebihan yang ada pada naskah tersebut.
5. Sinopsis juga menampilkan konflik (permasalahan) dengan singkat namun menarik.

Apa Fungsi Sinopsis?

Adapun Fungsi sinopsi adalah sebagai berikut :
1. Memberikan sebuah gambaran secara singkat mengenai isi dari naskah yang ada.
2. Membuat sebuah gambaran atau pandangan yang jelas mengenai  uratan dari cerita dalam naskah.
3. Sebagai pembuka / prolog atau epilog dari naskah yang akan dipentaskan. 
4. Sebagai sarana untuk mengenalkan isi cerita dari suatu naskah yang ada, supaya para pembaca tertarik         (penasaran) untuk mengetahui lebih lanjut.
5. Sebagai sebuah pedoman buat para pemeran dalam melakukan improvisasi.

Apa Strategi dalam Membuat Sinopsis

Dalam memudahkan penulis membuat sinopsis, dibawah ini adalah beberapa strategi penting yang digunakan antara lain sebagai berikut :
1. Tema
Untuk memudahkan dalam membuat sinopsis, terlebih dahulu yang harus ditentukan tema, setelah menentukan tema, setelah itu cari beberapa gagasan pokok yang terdapat pada naskah.
2. Perhatikan Alur
Perhatikan alur cerita yang akan dibuat seperti ciri-ciri diatas, karena pada dasarnya pembuatan sinopsis ini adalah untuk memberikan gambaran yang jelas dan berurutan yang membuat para pembaca tertarik.
3. Perhatikan penokohan
Perhatikan juga watak penokohan lebih yang ditonjolkan.

Proses Membuat Sinopsis

1. Yang jelas kita terlebih dahulu tau mengenai isi dari naskah yang akan dibuatkan sinopsisnya, kenapa? karena hal tersebut akan membuat kita mengetahui point / kesan penting, substansi dan esensi  umum dari si penulis naskah.
2. Catat atau garis bawahi gagasan-gagasan penting yang ada di dalam naskah, kembangkan juga gagasan pokok yang ditandai dengan beberapa kalimat ringkas.
4. Pergunakanlah kalimat yang jelas, efektif, menarik dan mudah dipahami.
5. Apabila ingin mencantumkan Dialog dan monolog yang ada pada naskah, penulis sinopsis hanya perlu mencantumkan dialog secara garis besarnya saja.
6. Sinopsis yang dibuat ini tidak boleh menyimpang atau ngelantur dari isi naskah.

Sekian dan terima kasih sudah membaca mengenai pengertian sinopsis lengkap semoga dapat bermanfaat untuk anda.
Pendidikanku

0 Response to "Pengertian Sinopsis Dan Cirinya Lengkap"

Post a Comment