Web Hosting dan Web Server : Pengertian, Fungsi, Jenis

Www.Pendidikanku.Org - Kesempatan ini pendiidikanku akan menulis artikel mengenai web hosting, pengertian web hosting, macam jenis web hosting, dan pengertian web server, fungsi web server, dan cara kerja web server, langsung ke topik bahasan pengertian web hosting.

Pengertian Web Hosting

Pertama tama kita coba membahas satu per satu 2 kata tersebut WEB dan HOSTING.

Webstie/WEB adalah sebuah kumpulan dari halaman web yang saling terhubung dan bisa diakses melalui halaman depan (home page) dengan menggunakan sebuah browser. halaman web adalah kumpulan berkas yang ditulis sebagai berkas teks biasa (plain text) yang diatur serta dikombinasikan dengan instruksi-instruksi berbasis HTML atau XHTML, kadang-kadang pula disisipi dengan sekelumit bahasa skrip. Setelah itu Berkas akan diterjemahkan oleh peramban web dan ditampilkan.

Hosting adalah layanan penyewaan tempat penyimpanan atau penampungan banyak file (text, gambar, video, database, script, dll) yang disediakan oleh perusahaan.

Jadi dapat disimpulkan bahwa Pengertian Web Hosting adalah sebuah pelayanan yang menyediakan tempat penyimpanan untuk menampung berbagai macam file (text, gambar, video, database, script, dll) secara online untuk keperluan website.

Perusahaan yang menyediakan sebuah layanan Web hosting dikenal sebagai sebutan webhost. Biasanya Webhost tersebut memberikan informasi yang komplit mengenai layanannya seperti kapasitas penyimpanan file, data transfer serta juga konektivitas dalam suatu paket hosting.

Jenis-Jenis Hosting

Macam jenis hosting atau sever yang dapat dipakai diantaranya sebagai berikut ini:

1. VPS (Virtual Private Server) atau bisa juga (Virtual Dedicated Server) adalah proses virtualisasi dari lingkungan software OS (sistem operasi) yang digunakan oleh server.

2. Shared Hosting, adalah layanan hosting di mana sebuah akun hosting ditaruh bersama-sama beberapa akun hosting lain dalam 1 (satu)server yang sama, dan memakai services bersama-sama. Keuntungan shared hosting adalah harganya yang murah.

3. Dedicated Server, digunakan untuk aplikasi yang lebih besar dan tidak bisa dioperasikan didalam shared hosting / VPS (virtual dedicated server). Pada jenis tersebut penyediaan server ditanggung oleh suatu perusahaan hosting yang umumnya bekerja sama dengan vendor.

4. Colocation Server, adalah sebuah layanan penyewaan tempat untuk meletakkan server yang digunakan untuk hosting. Server colocation ini juga disediakan oleh customer (pelanggan) yang umumnya bekerja sama dengan vendor.

Pengertian Web Server

Webserver adalah salah satu kebutuhan yang digunakan oleh user untuk website yang memiliki kapasitas penyimpanan yang besar serta juga akses yang cepat untuk trafik yang besar untuk mencegah down pada website / aplikasi.
Server atau Web server merupakan sebuah software yang memberikan layanan berbasis data dan berguna untuk menerima permintaan dari HTTP atau HTTPS pada klien yang dikenal dengan sebutan web browser (Mozilla Firefox, Google Chrome) dan untuk mengirimkan kembali yang hasilnya dalam bentuk beberapa halaman web dan pada umumnya akan berbentuk dokumen HTML.

Fungsi Server atau Web Server

Fungsi utama Server atau Web server adalah untuk dapat melakukan atau mentransfer berkas permintaan pengguna dengan melalui protokol komunikasi yang sudah ditentukan.Pemanfaatan web server tersebut berguna untuk bisa mentransfer seluruh aspek pemberkasan dalam sebuah halaman web (homepage) termasuk yang di dalam berupa teks, video, gambar dan banyak lagi.

beberapa contoh dari Web Server adalah 
  1. Apache
  2. Web Server Litespeed
  3. Web Server Nginx
  4. Sun Java System Web Server
  5. Xitami Web Server
  6. Zeus Web Server
  7. Microsoft windows Server 2003 Internet Information Services (IIS)
  8. Lighttpd
  9. Apache Tomcat

Sekian teman-teman sudah membaca mengenai pengertian web hosting, web server dan jenis hosting, semoga dapat bermanfaat untuk anda dan terima kasih.
Pendidikanku

0 Response to "Web Hosting dan Web Server : Pengertian, Fungsi, Jenis"

Post a Comment