Seni Musik : Pengertian, Unsur, Jenis dan Fungsinya Menurut Para AHli

Www.Pendidikanku.Org - Saat ini pendidikanku akan memberikan artikel tentang Seni Musik mulai dari pengertian seni musik, unsur-unsur seni musik, fungsi seni musik. Seperti yang banyak diketahui musik menjadi salah satu hal yang paling sering sekali di dengar oleh hampir semua kalangan. Musik bukan sekedar sebagai media berekspresi, mengepresikan dan hiburan saja, namun musik digunakan sebagai sarana pendidikan, sumber inspirasi, dan juga banyak sekali yang menjadikan musik sebagai profesi. Musik sendiri umumnya merupakan bunyi yang diungkapkan melalui ritme yang teratur dan melodi yang indah yang tercipta dari berbagai media seperti suara dari manusia dan suara dari alat musik. Nah untuk lebih jelas lagi baca pengertian musik, unsur-unsur musik, dan fungsi musik yang diuraikan dibawah ini :


Pengertian Seni Musik Menurut Para Ahli
Menurut Jamalus Seni Musik adalah hasil karya seni berupa bunyi yang dituangkan dalam bentuk lagu atau komposisi sebagai ungkapan perasaan dan pikiran penciptanya dengan melalui unsur-unsur pokok musik yakni melodi, irama, harmoni, serta bentuk atau struktur lagu dan juga ekspresi sebagai sumber kesatuan.

Pengertian Seni Musik dan Fungsinya Lengkap
Pengertian Seni Musik dan Fungsinya Lengkap
Menurut Sunarto Seni Musik adalah penghayatan isi hati manusia yang diungkapkan dalam bentuk bunyi yang teratur dengan ritme atau melodi serta memiliki unsur atau keselarasan yang indah.

Menurut Reed dan Sidnell Seni Musik adalah cabang seni berbentuk suara yang di dalamnya terkandung unsur melodi, ritme, harmoni, serta timbre.

Menurut David Ewen Seni musik adalah Ilmu pengetahuan seni tentang kombinasi ritmik dari nada-nada, baik vokal maupun instrumental, yang meliputi harmoni dan melodi sebagai ekspresi dari segala sesuatu yang ingin diungkapkan terutama aspek emosional.

Menurut Dello Joio menyatakan bahwa mengenal musik dapat memperluas pengetahuan serta pandangan selain dari itu juga mengenal banyak hal lain di luar musik. Pada pengenalan terhadap musik akan menumbuhkan suatu rasa penghargaan akan nilai seni, selain menyadari akan dimensi lain dari sebuah kenyataan yang selama ini tersembunyi.

Menurut Suhastjarja menyatakan bahwa Musik adalah suatu ungkapan rasa indah manusia dalam bentuk sebuah konsep pemikiran yang bulat, dalam wujud nada atau bunyi-bunyi lainnya yang didalamnya itu terkandung suatu ritme & harmoni, serta juga mempunyai suatu bentuk dalam ruang waktu yang dikenal oleh diri sendiri dan manusia lain dalam suatu lingkungan.

Menurut Adjie Esa Poetra menyatakan bahwa Musik ialah sebuah bunyi yang teratur, bukan saja bersifat moral normatif, yang melainkan juga diakui selaras yang berdasarkan penghitungan para ahli ilmu fisika.

Menurut Banoe menyatakan bahwa kata musik berasal dari kata muse yaitu salah satu dewa dalam suatu mitologi Yunani kuno bagi cabang seni dan ilmu; dewa seni dan ilmu pengetahuan. Selain dari itu, Banoe juga menyatakan bahwa musik adalah suatu cabang seni yang membahas dan juga menetapkan berbagai suara ke dalam pola-pola yang dapat dimengerti serta dipahami oleh manusia.

Menurut Sylado mengatakan bahwa musik ialah waktu yang memang untuk didengar. Musik adalah sebuah wujud waktu yang hidup, yang merupakan suatu kumpulan ilusi serta alunan suara. Alunan musik yang berisikan sebuah rangkaian nada yang berjiwa serta akan dapat mampu menggerakkan hati para pendengarnya.

Dari pengertian seni musik yang dipaparkan oleh para ahli di atas maka pendidikanku memberikan kesimpulan bahwa Pengertian Seni Musik adalah karya berupakan nada yang dikombinasikan sedemikian rupa yang mengungkapkan atau mengekspresikan perasaan seseorang.

Unsur-Unsur Seni Musik

Berikut ini adalah unsur-unsur yang terdapat dalam seni musik antara lain sebagai berikut ;

1. Melodi

Melodi merupakan serangkaian nada atau bunyi, yang ditanggapi dengan berdasarkan perbedaan tinggi rendah atau naik turunnya sebuah nada. Melodi terdiri dari durasi, pitch, dan tone. Pitch adalah hal yang mengatur serangkaian not dengan lambang alfabet A-G. Pitch (timbre atau warna suara). Sedangkan tone adalah Not yang dihasilkan dari bermacam jenis alat musik dengan jenis suara yang berbeda.

2. Ritme (Irama)

Ritme (Irama) merupakan gerak yang teratur mengalir karena munculnya aksen secara tetap. Irama lebih indah karena adanya jalinan perbedaan nilai dari satuan bunyi. Ritme adalah aliran ketukan dasar yang teratur mengikuti variasi dari gerak melodi. Pola irama musik tersebut memberikan perasaan ritmis disebabkan karna pada hakikatnya irama merupakan penggerak perasaan yang berhubungan sangat erat dengan gerak fisik. Ritme tersebut akan melekat dihati dan pikrian penikmat musik.

3. Birama

Birama merupakan unsur seni musik berupa ketukan/ ayunan secara berulang-ulang yang datang dengan teratur dalam waktu yang sama. Birama tersebut umumnya dituliskan dalam angkapecahan seperti 2/4, 3/4, 2/3, dan strsnya. Angka pembilang (di atas tanda “/” ) menunjukan jumlah ketukan, sedangkan angka penyebut (di atas tanda “/”) menunjukan nilai nada dalam 1 ketukan. Birama yang nilai penyebutnya genap dinamakan birama bainar, sedangkan birama yang penyebutnya ganjil dinamakan birama ternair.

Terdapat 2 jenis birama utama yaitu birama perduaan dan birama pertigaan yang dapat diperinci menjadi :
  1. Birama perduaan bersahaja : Birama 2/4 dan 2/8
  2. Birama perduaan bertingkat : Birama 4/4, 8/4, 4/8, dan 8/8
  3. Birama pertigaan bersahaja :  Birama 3/4 dan 3/8
  4. Birama pertigaan bertingkat : Birama 6/4, 6/8, 9/4, dan 9/8

4. Harmoni

Harmoni merupakan hal yang berhubungan dengan keselarasan bunyi. Secara teknis, harmoni ini meliputi peranan, susunan, serta hubungan dari sebuah paduan bunyi dengan bentuk secara keseluruhan. Harmoni memiliki elemen interval dan akor. Interval adalah  suatu susunan nadanada yangapabila dibunyikan dengan secara bersama-sama (serentak) akan terdengar harmonis. Akor akan mengiringi melodi lagu sebagai satu aktivitas utuh dan enak didengar. Dengan demikian, dapat diibaratkan melodi dapat memenuhi aspek seni musik secara horizontal, sedangkan harmoni dapat memenuhi aspek hubungan nada-nada secara vertikal. Peranan ini harmoni akan semakin nyata pada saat seorang penyanyi membawakan sebuah lagu dengan iringan alat musik.

5. Tempo

Tempo ialah ukuran dari cepat dan lambatnya gerak sebuah musik atau lagu. Semakin cepat permainan suatu lagu, maka semakin besar nilai tempo lagu tersebut. Tanda tempo dibagi menjadi 4 yaitu
  1. Tempo Lambat (Largo, Adagio, Grave, Lento),
  2. Tempo Sedang (Andante, Andantino, Moderato, Allegro Moderato),
  3. Tempo Cepat (Allegro, Allegretto, Presto, Vivace),
  4. Tempo Perubahan (Rit, Ritard, a.t, dan Accel, serta String).
Ukuran dalam menentukan tempo ialah beat. Beat adalah ketukan dasar yang menunjukkan banyaknya ketukan dalam satu menit. Misalnya, sebuah lagu mempunyai beat MM97, yang berarti dalam 1 menit terdapat 97 ketukan. MM (Metronome Malze). Metronome adalah alat pengukur tempo. Malze (1815) diambil dari nama pencipta alat ini.

6. Dinamik

Dinamik merupakan hal yang berhubungan dengan keras lembutnya lagu serta perubahannya. Tanda dinamik dibagi menjadi 3, yakni sebagai berikut;

a. Tanda dinamik lembut, yaitu;
  1. Piano (p) = lembut,
  2. Pianissimo (pp) =sangat lembut.
b. Tanda dinamik sedang, yaitu;
  1. Mezzo Piano (mp) = agak keras,
  2. Mezzo Forte (mf) = agak keras.
c. Tanda dinamik keras, yaitu;
  1. Forte (f) = keras,
  2. Fortissimo (ff) = sangat keras
Dinamik adalah unsur yang paling kuat dalam menunjukkan emosi atau perasaan yang terkandung dalam suatu lagu atau musik apabila dibandingkan dengan unsur-unsur yang lain. Dinamik itu bisa menunjukkan sebuah karyamusik yang mempunyai emosional (perasaan) seperti sedih, riang, gembira, agresif, atau datar. Dinamik akan memainkan perasaan pemusik ataupun pendengarnya sehingga akan masuk ke perasaan dari lagu tersebut.

7. Tangga Nada

Tangga Nada merupakan urutan atau deret nada yang disusun secara berjenjang antara nada satu dengan yang lain terdapat jarak tertentu. jarak nada ialah 1/2, 1, 1 1/2, dan 2. Jarak ini yang menentukan kemungkinan variasi nada serta jenis tangga nada. Misalnya, kalau kita suarakan do, re, mi, fa, sol, la, si, do, berarti kita menyuarakan urutan nada dari nada rendah ke nada yang semakin tinggi. Urutan itu diawali dari salah satu nada dan diakhiri oleh nada yang sama tetapi lebih tinggi 1 oktaf.

Terdapat 3 macam tangga nada, yaitu Tangga

  1. Nada Diatonis,
  2. Tangga Nada Pentatonis dan
  3. Tangga Nada Kromatis.

8. Timbre

Timbre merupakan warna bunyi atau kualitas bunyi yang membedakan kesan. Timbre merupakan alat musik dipengaruhi oleh sumber bunyi serta cara bergetarnya. Timbre yang dihasilkan dari alat musik yang dipetik pasti akanberbeda dengan timbre yang dihasilkan dari alat musik pukul, meskipun keduanya dimainkan dalam nada yang sama.

Fungsi Seni Musik

Dibawah ini ialah Fungsi atau peranan dari seni musik, antara lain sebagai berikut :

1. Sarana ekspresi diri
Musik sebagai sarana ekspresi diri, Musik menjadi wadah bagi pemusik untuk mengungkapkan perasaannya. apabila ingin membuat musik yang lebih kearah yang menyenangkan atau girang maka musik yang akan diciptakan juga akan lebih cepat dan akan mengebu-gebu.

2. Sarana hiburan
Musik sebagai sarana hiburan, musik dari dulu menjadi hal yang paling sekali digunakan oleh hampir semua kalang dari muda - tua, hal itu karena musik bisa memberikan kesan terhadap pendengarnya.

3. Sarana tari
Musik sebagai sarana seni tari, Musik dan seni tari adalah 2 bidang seni yang saling terhubung. Keduanya mempunyai pola dan ritme yang sama, sehingga tarian tanpa diiringi irama musik seperti ada yang kurang gitu.

4. Sarana upacara
Musik sebagai saran upacara, musik juga erat dengan acara upacara-upacara seperti ritual daerah, kenegaraan, dan lain sebagainya.

5. Sarana pendidikan
Musik sebagai sarana pendidikan, musik memberikan banyak sekali manfaat salah satunya sebagai sarana pendidikan karena akan menimbulkan rasa kreatifitas dan meningkatkan cara kerja otak.

6. Sarana kreativitas
Musik sebagai sarana kreativitas, kreatifitas orang berbeda-beda namun banyak orang menuangkan kreatifitasnya dalam seni musik.

7. Sarana komunikasi
Musik sarana komunikasi, dalam menciptakan musik atau mendengarkan musik, kita sering kali merasakan perasaan dari musik tersebut nah dan bahkan kalian mungkin pernah berpikir bahwa lagu kalian yang kalian dengarkan itu memang sesuai dengan kehidupan anda, atau juga mungkin menciptakan lagu atau mendengarkan lagu dengan tujuan mengkritik seseorang.

8. Sarana komersial
Musik sebagai sarana komersial, selain dari fungsi diatas musik juga bisa dijadikan sebagai profesi seseorang, bukan tidak mungkin apabila mempunyai kreatifitas dalam bidang seni musik akan dapat menjanjikan kehidupan yang layak karena kegunaan dari musik yang digunakan hampir disemua aspek produksi.

Macam-Macam genre musik

Terdapat bermacam-macam genre musik, dan dibawah ini merupakan sebagaian dari genre musik, antara lain sebagai berikut :

  1. Klasik
  2. Jazz
  3. Blues
  4. Country
  5. Techno
  6. Reggae
  7. R&B
  8. Rap
  9. Metal
  10. Dangdut
  11. Pop
  12. Rock
Sekian dan terima kasih sudah membaca tentang pengertian seni musik dan fungsinya semoga dapat bermanfaat untuk anda.
Pendidikanku


EmoticonEmoticon