Pengertian Bisnis, Tujuan, Macam, Fungsi, Dan Bentuk

Pengertian Bisnis, Manfaat Bisnis, Tujuan Bisnis, Macam-Macam Bisnis, Fungsi Bisnis, dan Bentuk Kepemilikan Bisnis

Pengertian Bisnis, Manfaat Bisnis, Tujuan Bisnis, Macam-Macam Bisnis, Bentuk Kepemilikan Bisnis – Pada kesempatan ini pendidikanku.org akan memberikan penjelasan mengenai pengertian bisnis, pengertian bisnis menurut para ahli, tujuan bisnis, manfaat bisnis, mcacam jenis bisnis, bentuk kepemilikan bisnis. langsung saja pada pengertian bisnis, dari bahasa bisnis berasal dari kata busy yang berartik sibuk dan business berarti kesibukan kalau sibuk pasti ada aktivitas yang dikerjakannya.



Menurut Peterson dan Plowman mendefinisikan bisnis adalah serangkaian aktivitas/kegiatan yang berhubungan dengan penjualan dan pembelian barang atau jasa yang dilakukan dengan berulang-ulang secara konsisten.

Prof.L.R.Dicksee menjelasakan pengertian bisnis adalah suatu bentuk kegiatan/aktivitas yang tujuan utamanya adalah untuk memperoleh keuntungan bagi yang yang mengusahakan atau yang berkepentingan dalam kelangsungan kegiatan/aktivitas tersebut.

Pengertian Bisnis menurut Owen adalah sebuah perusahaan yang berhubungan dengan pendistribusi dan produksi barang-barang yang nantinya akan dijual ke pasaran atau yang memberikan harga sesuai dengan tiap-tiap jasanya.

Pengertian Bisnis menurut Hunt & Urwick adalah sebuah perusahaan apapun yang membuat, mendistribusikan maupun yang menyediakan macam-macam barang atau jasa yang dibutuhkan oleh masyarakat lainnya dan bersedia serta mampu untuk membeli atau membayarnya.

Dari pengertian bisnis yang dikemukakan dari para ahli tersebut maka pendidikanku.org simpulkan bahwa pengertian bisnis adalah sebuah kegiatan atau aktivitas yang dilakukan oleh sebuah perusahaan/perseorangan yang memproduksi barang atau jasa secara konsisten untuk memperoleh keuntungan semaksimal mungkin.

Manfaat Bisnis


Dari pengertian diatas dasar utama dalam melakukan bisnis ini adalah mendapatkan keuntungan, tapi berikut ini akan dijelasakan beberapa manfaat dari bisnis:

1. Memperoleh Penghargaan/Pengakuan
Dengan melakukan bisnis yang positif maka secara otomatis akan menimbulkan pengakuan dari masyarakat atas barang atau jasa yang diproduksi. Tentu hal ini sangat berpengaruh terhadap kelangsungan bisnis itu sendiri.

2. Mengaji Diri Sendiri & Berkesempatan menjadi Bos
Dari bisnis yang tujuan untuk mendapatkan keuntungan semaksimal mungkin tentu seorang yang menjalankan bisnis ini dapat menafkahi dirinya sendiri dan bahkan dapat memperkerjakan karyawan.

Tujuan Bisnis


Tujuan utama perusahaan/perseorang yang membuat produksi barang atau jasa adalah untuk mendapatkan keuntungan. Pada dasaranya tujuan dari didirikannya perusahaan tidak hanya dari segi profit oriented semata, tetapi dari secara keseluruhan tujuan didirikannya perusahaan ini antara lain:
  • Profit
  • Pengadaan barang atau jasa
  • Kesejahteraan pemilik faktor produksi dan masyarakat
  • Full employment
  • Eksistensi perusahaan dalam jangka panjang
  • Kemajuan atau pertumbuhan
  • Prestise dan prestasi

Fungsi Bisnis


Fungsi bisnis adalah untuk dapat menciptakan nilai kegunaan (Utility Value) suatu produk barang atau jasa bagi masyarakat membutuhkan barang atau jasa. 
Fungsi utama bisnis ialah menciptakan nilai sebuah produk atau jasa dengan cara, antara lain sebagai berikut :
  1. fungsi produksi, Bisnis berfungsi untuk mengubah bentuk bisnis (form utility)
  2. fungsi distribusi, Bisnis berfungsi untuk memindahkan bentuk (place utility)
  3. fungsi penjualan, Bisnis mengubah pemilikan (possessive utility)
  4. fungsi pemasaran, Bisnis berfungsi menunda waktu kegunaan (time utility)

Dari keempat fungsi tersebut berkaitan satu sama lainnya, jadi apabila kamu ingin melakukan sebuah bisnis maka hal tersebut menjadi dasar anda melakukan bisnis.

Steinhoff menyatakan terdapat tiga (3) fungsi utama bisnis, yakni :
  1. Untuk mencari bahan mentah (acquiring raw material)
  2. Untuk mengubah bahan mentah menjadi barang jadi (manufacturing raw materials into product)
  3. Untuk menyalurkan barang yang sudah jadi tersebut ke konsumen (distributing product to consumers).

Bentuk Kepemilikan Bisnis


Macam-macam Bisnis Menurut Kepemilikannya


Seperti yang telah dijelaskan diatas, bisnis adalah usaha untuk mencapai profit oriented baik yang dilakukan sendiri ataupun dengan orang lain. Berikut ini, ada 4 jenis bisnis menurut kepemilikannya, yaitu :
  1. Perusahaan yang dimiliki hanya satu orang saja, artinya semua hal-hal yang berkaitan termasuk modal, dan pelakasanaanya itu ditanggung oleh satu orang saja . Bisnis ini disebut juga dengan perusahaan perseorangan.
  2. Perusahaan persekutuan, artinya perusahaan ini dimiliki, didirikan, serta dilaksanakan secara bersama-sama minimal 2 orang.
  3. Perusahaan perseroan disebut juga dengan corporation artinya perusahaan ini memiliki dewan direksi, yang diawasi oleh sang direktur. Contoh perusahaan perseroan ini adalah perusahaan yang terdapat kata-kata PT. didepannya
  4. Koperasi, koperasi adalah badan usaha yang beranggotakan badan hukum koperasi/orang yang aktivitas/kegiatannya itu dilandaskan dengan prinsip-prinsip ekonomi kerakyatan yang berasaskan kekeluargaan. Ide koperasi digagaskan oleh bapak Muhammad Hatta (bapak koperasi Indonesia).


Macam-macam bisnis menurut aktivitasnya


Kalau sebelumnya macam macam bisnis menurut kepemilikannya sekarang macam-macam bisnis menurut aktivitasnya, antara lain sebagai berikut  :
  1. Pengolahan barang real/non jasa/barang fisik. Bisnis model ini disebut juga dengan bisnis manufaktur. Contohnya bisnis properti, pembuatan tempe, tahu, dll.
  2. bisnis yang menawarkan benda non-real atau disebut dengan bisnis jasa. Contoh jasa yang biasa dilakukan adalah jasa konsultan sistem, konsultan bisnis, jasa sablon, jasa les privat dll
  3. distributor dan pengecer. Contohnya adalah warung waralaba (indomaret, alfamart), warung kelontong, dll.
  4. Bisnis produksi bahan mentah (pertambangan dan pertanian), artinya barang mentah yang diolah menjadi barang produksi. Seperti minyak bumi, batu bara, dll.
  5. Bisnis utilitas, bisnis ini mirip dengan jasa tetapi secara luas untuk publik. Contohnya PLN, PDAM. Biasanya didanai oleh pemerintah.
  6. bisnis transportasi, Contohnya jasa ojek / ojol, jasa travel, jasa pengiriman barang seperti JNE, TIKI, POS Indonesia, dll.


Sekian dan terimakasih sudah membaca tentang Pengertian Bisnis, Manfaat Bisnis, Tujuan Bisnis, Macam-Macam Bisnis, Bentuk Kepemilikan Bisnis semoga dapat bermanfaat untuk anda.
Pendidikanku.org


EmoticonEmoticon