Pengertian Kalimat Simpleks, Kompleks, Majemuk, Dan Majemuk Kompleks

Pengertian Kalimat Simpleks, Kompleks, Majemuk, Dan Majemuk Kompleks Beserta Contohnya

Pengertian Kalimat Simpleks, Kompleks, Majemuk, Dan Majemuk Kompleks - Saat ini pendidikanku akan membahas mengenai pengertian kalimat simpleks, pengertian kalimat kompleks, pengertian kalimat majemuk, dan juga pengertian kalimat majemuk kompleks. oke langsung saja ke topik bahasan tapi sebelum itu kamu bisa baca artikel seru lainnya pengertian sastra dan ciri-ciri sastra serta fungsi sastra.

Pengertian Kalimat Simpleks

Pengertian Kalimat Simpleks, Kompleks, Majemuk, Dan Majemuk Kompleks

Kalimat simpleks merupakan tipe kalimat yang kalimatnya itu hanya terdiri dari 1 (satu) subjek dan 1 (satu) predikat. Kalimat simples adalah bentuk kalimat yang terdiri dari 1 (satu) pola kalimat. Pola kalimat adalah rangkaian kata-kata yang minimal terdiri dari subjek (S) dan predikat (P). Kalimat simpleks disebut juga dengan kalimat tunggal.
Klausa dalam tata bahasa, adalah sekumpulan kata yang terdiri dari subjek & predikat walau dalam beberapa bahasa dan beberapa jenis klausa, subjek dari klausa mungkin tidak tampak secara eksplisit dan hal ini khususnya umum dalam Bahasa bersubyek nol.
Contoh dari kalimat simpleks SPO adalah :

ANAK ITU MENIUP SERULING.
S                   P                 O

Kalimat diatas ini merupakan kalimat simpleks disebabkan karena terdiri dari satu subjek, satu predikat dan satu kata kerja utama. dan kalimat simpleks selain mengandung Subjek, Predikat, objek kadang-kadang mengandung pola keterangan.

Contoh dari Kalimat simpleks SPOK adalah :

ANAK ITU MENIUP SERULING DIRUANG TAMU.
S               P              O                      K       

Ciri- Ciri Kalimat Simpleks
1. Kalimat Simpleks tidak menggunakan konjungsi (kata penghubung)
2. Kalimatnya tunggal.
3. Kalimat sederhana.

Baca juga artikel terkait tentang Pengertian Kalimat Konjungsi (Penghubung)


Pengertian Kalimat Kompleks

Kalimat kompleks ini terdiri dari dua kata kerja utama atau predikat (klausa), yaitu klausa utama disebut sebagai induk kalimat (kalimat inti) dan klausa penghubung disebut sebagai anak kalimat. Bedanya kalimat induk bisa berdiri sendiri sedangkan anak kalimat jika dipecah tidak bisa menjadi sebuah kalimat.
Kedua struktur tersebut biasanya dapat dipisahkan dengan tanda koma, konjungsi, atau bahkan tidak mempunyai tanda atau konjungsi sama sekali.

Contoh kalimat kompleks adalah :

AYU MENYANYI DIKELAS KARENA SUARANYA BAGUS

Ciri-Ciri dari Kalimat Kompleks adalah :
1. Kalimat kompleks terdiri dari 2 klausa.
2. Dapat dipisahkan dengan tanda koma dan konjungsi.
3. Terdapat 2 peristiwa dari kalimat kompleks

Jenis-jenis kalimat kompleks

Kalimat kompleks terdapat 2 jenis yaitu kalimat kompleks paratatik dan juga kalimat kompleks hipotatik yang akan dijelaskan dibawah ini:

1. Kalimat Kompleks Paratatik
Kalimat kompleks paratatik adalah  kalimat kompleks yang terdiri dari dua struktur yang mempunyai makna setara / sejajar. Contoh konjungsi (kalimat penghubung) kalimat kompleks paratatik adalah “dan” , “tetapi” , “atau”, “sedangkan”. 
Contohnya : AYU MENYANYI DIKELAS DAN DIIRINGI GITAR

2. Kalimat Kompleks Hipotatik
kebalikan dari kalimat kompleks paratatik, kalimat kompleks hipotatik merupakan kalimat kompleks yang mempunyai dua struktur yang maknanya sifatnya tidak setara atau sejajar yang digabungkan menjadi satu kalimat dengan menggunakan konjungsi seperti contohnya, “karena” , “jika” , “ketika” , “sehingga”.
Contohnya : AYU MENYANYI DIKELAS KETIKA JAM ISTIRAHAT


Kalimat kompleks bisa  di identifikasikan dengan adanya dua klausa yang menggunakan kata hubung seperti:
sejak, semenjak, ketika, sambil, selama, setelah, sebelum, sehabis, selesai, asalkan, apabila, jika, jikalau, manakala, tatkala, seandainya, seumpama, agar, supaya, walaupun, meskipun, kendatipun, sekalipun,, sehingga, sampai, maka, dengan, tanpa, yang, bahwa

Pengertian Kalimat Majemuk

Kalimat majemuk adalah kalimat yang terdiri dari 2 klausa utama Bedanya dari kalimat kompleks, kalimat majemuk masing-masing klausa tersebut bisa menjadi kalimat sendiri-sendiri apabila dipecah.

Contoh Kalimat majemuk adalah : ANI MEMBELI PENA DAN BUDI MEMBELI BUKU

Kalimat diatas adalah kalimat yang terdiri dari 2 klausa utama yang apabila dari masing-masing kalimat itu dipecah akan tetap menjadi kalimat :
1. ANI MEMBELI PENA.
2. BUDI MEMBELI BUKU.

Ciri-Ciri dari kalimat majemuk :
1. Terdapat konjungsi (kata penghubung).
2. Kalimatnya dapat berdiri sendiri.
3. Terdapat 2 peristiwa atau kejadian.

Pengertian Kalimat Majemuk Kompleks

Kalimat majemuk kompleks adalah kalimat yang terdiri subjek dan predikatnya bisa lebih dari 3, dengan komposisi dua subjek & predikat itu sebagai klausa utama dan satunya sebagai klausa penghubung.

Contoh dari kalimat majemuk kompleks adalah :
DISAAT PELAJARAN SENI BUDAYA, ANI SEDANG MENGGAMBAR DAN BUDI SEDANG BERMAIN GITAR.

Klausa Utama :
1. ANI SEDANG MENGGAMBAR
2. BUDI SEDANG BERMAIN GITAR.

Klausa penghubung :
DISAAT PELAJARAN SENI BUDAYA

Ciri- Ciri kalimat Majemuk Kompleks adalah :
1. Terdapat konjungsi (kata penghubung).
2. Ada 2 (dua) klausa utama serta juga ada 1 (satu) klausapenghubung.

Sekian dan terima kasih sudah membaca mengenai pengertian kalimat simpleks, kompleks, majemuk dan majemuk kompleks, semoga dapat bermanfaat buat teman-teman semua. apabila ada kesalahan yang terdapat dari artikel yang ada, bisa dikoreksi dan dituliskan dikolom komentar supaya bisa sama-sama diperbaiki karena admin pendidikanku.org juga manusia yang tak luput dari kesalahan.
Pendidikanku.org

Baca Juga

No comments:
Write komentar

Blog Archive