Pengertian Media Dan Jenis Media Terlengkap

Pengertian Media Menurut Para Ahli

Pengertian Media 

Pengertian Media Dan Jenis Media Terlengkap - Media adalah bentuk dan saluran yang digunakan untuk menyampaikan sebuah informasi atau pesan. Kata media tersebut berasal dari kata latin, yang merupakan bentuk jamak dari kata “medium”. Secara harfiah kata medium tersebut mempunyai arti "perantara" / "pengantar", yakni perantara sumber pesan (a source) dengan penerima pesan (a receiver). Jadi, dalam pengertian yang lain, media merupakan alat / sarana yang dipergunakan untuk menyampaikan pesan dari komunikator kepada individu. Pada artikel sebelumnya pendidikanku membahas mengenai pengertian media guided dan unguided. Banyak para ahli / pakar yang memberikan pengertian media. Beberapa diantaranya antara lain sebagai berikutsebagai berikut: 

Pengertian Media Dan Jenis Media Terlengkap
ilustrasi


Pengertian Media Menurut Para Pakar

  1. Menurut Syaiful Bahri Djamarah menjelaskan bahwa Media adalah alat bantu apa saja yang dapat dijadikan sebagai penyalur pesan guna mencapai tujuan.
  2. Schram menggemukan bahwa Media merupakan teknologi pembawa pesan yang bisa dimanfaatkan untuk keperluan pembelajaran.
  3. Menurut National Education Asociation (NEA) menggemukakan pendapatnya bahwa Media merupakan sarana komunikasi dalam bentuk cetak ataupun audio visual, termasuk teknologi perangkat kerasnya.
  4. Menurut Briggs menjelaskan bahwa Media adalah tools untuk memberikan perangsang bagi siswa dalam upaya terjadinya proses belajar.
  5. Asociation of Education Comunication Technology (AECT) menjelaskan bahwa Media adalah segala bentuk & saluran yang difungsikan untuk proses penyaluran pesan {baca juga : pengertian komunikasi data}.
  6. Menurut Gagne menjelaskan bahwa  Media adalah berbagai jenis komponen dalam lingkungan siswa yang bisa merangsang siswa untuk belajar.
  7. Menurut Miarso menjelaskan bahwa Media adalah segala sesuatu yang bisa difungsikan untuk menyalurkan pesan yang bisa merangsang pikiran, perasaan, perhatian, dan juga kemauan siswa untuk belajar.
  8. Ahmad Rohani menjelaskan bahwa Media adalah segala sesuatu yang bisa ditangkap oleh indra manusia, yang berguna sebagai perantara, sarana, / tools untuk proses komunikasi (proses belajar mengajar).
  9. Ali juga menjelaskan bahwa Media mencakup berbagai jenis komponen dalam lingkungan siswa, yang dapat merangsang siswa untuk belajar. 
  10. Arif S Sadirman menjelaskan Media mencakup semua alat fisik yang bisa menyajikan pesan, dan juga merangsang siswa untuk belajar. Contohnya film, buku, atau kaset.
  11. Arsyad menjelaskan bahwa Media bisa diartikan sebagai perantara / pengantar pesan, dari pengirim pesan ke penerimanya. yang dimaksud media disini dapat berupa bahan (software) dan / ataupun suatu alat (hardware).
  12. Blake dan Horalsen menjelaskan bahwa Media adalah saluran komunikasi yang difungsikan untuk/guna menyampaikan sebuahpesan antara pemberi pesan (sumber) dengan penerima pesan.{baca juga : pengertian media guided dan unguided}
  13. Cangara. Dalam buku Pengantar Ilmu Komunikasi (2006) menggemukakan bahwa, media adalah alat atau sarana untuk menyampaikan sebuah pesan dari komunikator kepada individu / kelompok. Dalam hal ini media yang paling mendominasi dalam berkomunikasi adalah panca indra manusia,  yang kemudia Pesan yang diterima panca indra tersebut diproses oleh pikiran untuk menentukan reaksi/ sikapnya, setelah itu dinyatakan dalam tindakan.
  14. Degeng menjelaskan media adalah salah satu komponen strategi penyampaian, dapat berupa alat bahan / orang. Komponen tersebut dapat dimuati pesan yang akan disampaikan dalam pembelajaran 
  15. Gerlach dan Ely menjelaskan bahwa Media adalah orang atau material atau kejadian yang bisa menciptakan kondisi yang memungkinkan siswa untuk dapat memperoleh pengetahuan atau keterampilan atau sikap baru. Media disini meliputi seperti buku teks, guru, teman sebaya, dan juga lingkungan di dalam ataupun di luar sekolah.
  16. Heinich, Molenida dan Russel menjelaskan bahwa Teknologi atau media pembelajaran merupakan penerapan ilmiah mengenai sebuah proses belajar pada manusia. Dalam hal tersebut menyangkut tugas praktis belajar mengajar.{baca juga : pengertian komunikasi terlengkap}
  17. Leslie J. Briggs menjelaskan bahwa Media adalah alat yang secara fisik yang difungsikan untuk menyampaikan isi materi. media disini dapat berupa buku, video recorder, tape recorder, kaset, video kamera, gambar, grafik, televisi atau komputer.
  18. Sadiman juga menjelaskan bahwa Media mencakup segala sesuatu yang bisa difungsikan untuk menyalurkan ataupun mengirimkan pesan kepada penerima pesan, sehingga dapat dirangsang pikiran, perasaan, minat, / perhatiannya dalam sebuah proses belajar mengajar yang efektif dan juga efisien. 
  19. Santoso S. Hamijaya menjelaskan bahwa Media adalah segala bentuk perantara yang dipakai seseorang untuk dapat menyebarkan ide, supaya ide tersebut sampai pada si penerimanya 
  20. Zakiah Darajat juga menjelaskan bahwa Media pendidikan adalah suatu benda yang dapat ditangkap oleh panca indra, khususnya indra pendengaran serta penglihatan baik yang terdapat di dalam kelas, ataupun diluar kelas. yang difungsikan sebagai alat bantu dalam sebuah proses belajar mengajar, serta bertujuan untuk meningkatkan efektifitas hasil belajar siswa.{baca juga : pengertian media guided dan unguided}

Jenis - Jenis Media

Adapun Jenis-jenis media secara umum bisa dibagi menjadi: 
  1. Media Visual
    media visual merupakan sebuah media yang bisa dilihat, dibaca serta diraba. Media ini mengandalkan indra penglihatan dan juga perabaan. Berbagai jenis media  visual ini mudah untuk didapatkan. Salah contoh media yang sangat banyak serta  mudah untuk didapatkan maupun dibuat sendiri. Contoh dari media foto, gambar, buku, miniatur, dan lain sebagainya.
  2. Media Audio
    media audio merupakan sebuah media yang hanya dapat didengar saja dengan menggunakan indra telinga sebagai salurannya. Contohnya seperti suara, musik dan lagu.
  3. Media Audio Visual
    media audio visual merupakan media yang dapat didengar serta dapat juga dilihat secara bersama -sama. Contohnya adalah media drama, pementasan, film, vcd / dvd. Internet  juga termasuk dalam bentuk media audio visual, namun lebih lengkap dan juga menyatukan segala jenis format media, disebut juga dengan Multimedia karena berbagai format terdapat dalam internet.
Referensi:
Susilana, Rudi. Riyana, Cepi. 2009. Media Pembelajaran: Hakikat, Pengembangan, Pemanfaatan, dan Penilaian. Bandung: CV Wacana Prima

Sekian penjelasanan mengenai pengertian media dan jenis media, semoga apa yang dipaparkan dalam artikel ini dapat bermanfaat untuk semua. sekian.

0 Response to "Pengertian Media Dan Jenis Media Terlengkap"

Post a Comment