Pengertian Ekonomi Manajemen Lengkap

Pengertian Ekonomi Manajemen Menurut Para Ahli & Prinsip Dasar Ekonomi


Pengertian Ekonomi Manajemen Lengkap - Di kesempatan ini pendidikanku akan membahas sedikit mengenai pengertian ekonomi manajemen ? prinsip dasar ekonomi manajemen ? sifat dan permasalahan dalam ekonomi manajemen ?. Point - point diatas akan dipaparkan dengan secara jelas dan padat. Oke langsung saja ke point pertama yaitu pengertian ekonomi manajemen, selamat belajar guys.
Pengertian Ekonomi Manajemen Lengkap
ekonomi manajemen

Pengertian Ekonomi Menurut Para Ahli

Pengertian Ilmu ekonomi menurut Drs. M. Manulang merupakan suatu ilmu yang mempelajari masyarakat dalam usahanya dalam mencapai kemakmuran (kemakmuran dalam artian keadaan di mana manusia dapat memenuhi kebutuhannya baik barang-barang maupun jasa).

Ekonomi Menurut Amwal Ekonomi adalah suatu cabang ilmu yang mempelajari tentang bagaimana menentukan keputusan yang efektif untuk mengelola semua sumber daya yang tersedia dalam rangka untuk melakukan pemenuhan kebutuhan pada individu atau masyarakat.

Pengertian Manajemen Menurut Para Ahli

Manajemen dijadikan sebagai ilmu pengetahuan yang secara sistematis dapat memahami mengapa & bagaimana cara manusia bekerja sama untuk dapat menghasilkan sesuatu yang bermanfaat bagi manusia, organisasi,dll. Ekonomi manajemen pada dasarnya berfokus pada istilah manajemen itu sendiri Berikut ini istilah manajemen menurut para ahli, di antaranya:

Drs. M. Manullang, mengemukakan pendapatnya mengenai pengertian manajemen yaitu :
“ Seni dan ilmu perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengawasan daripada sumber daya manusia untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan terlebih dahulu “.(M Manullang, Manajemen Personalia, Edisi revisi, Ghalia Indonesia, 1981, hal 10-11)

 Prof. Oie Liang Lee, mengemukakan pendapatnya mengenai pengertian manajemen yaitu :
“ Manajemen adalah ilmu dans eni mengkoordinasikan serta mengawasi tenaga manusia dengan bantuan alat-alat untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan “. (Basu Swastha, DH dan Ibnu Sukotjo, Pengantar Ekonomi Persuahaan Modern, Edisi Revisi, Liberty, Yogyakarta, hal . 5).

Pengertian Ekonomi Manajemen

Pengertian ekonomi manajemen, pada dasarnya ekonomi manajemen adalah ilmu & seni perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan juga pengawasan pada usaha-usaha anggota organisasi dan penggunaan sumber daya organisasi dalam mencapai tujuan yang sudah ditetapkan sebelumnya. Manajemen sendiri memiliki kegiatan/aktivitas memimpin, mengatur, mengelola, mengendalikan, serta juga mengembangkan. Ekonomi & manajemen adalah sektor yang memang tidak dapat dipisahkan satu sama lain, selalu ada  saja keterkaitan antara sektor ekonomi & manajemen.

Prinsip dasar ekonomi manajemen

Setelah membahas mengenei pengertian ekonomi manajemen maka selanjutnya kita membahas mengenai prinsip ekonomi manajemen. Terdapat tiga (3) dasar dari ekonomi manajemen antara lain sebagai berikut :

1. Teori ekonomi
Prinsip dasar teori ekonomi ini digunakan untuk dapat memprediksi dan menjelaskan tingkah laku ekonomi. Dalam ilmu ekonomi pada dasarnya dimulai dengan model, yang mana model ini nanti akan menggambarkan / menjelaskan kejadian & mengidentifikasi berbagai macam faktor yang terdapat didalamnya. Pada teori ekonomi ini terbagilah menjadi dua (2) prinsip teori ekonomi yaitu,

  1. Ekonomi mikro, (ekonomi mikro mempelajari tingkah laku ekonomi secara individu) dan 
  2. Ekomi makro, (ekonomi makro mempelajari tingkah laku ekonomi secara agregat melalui hal- hal seperti output, pendapatan, investasi, keseluruhan harga /harga total).
2. Ilmu pengambilan keputusan
Dalam mengambil keputusan dalam ekonomi manajemen maka diperlukan sebuah perangkat yaitu :

  1. Matematika ekonomi. dan 
  2. Ekonometrik. 

Kedua ilmu ini berguna dalam membentuk dan juga mengestimasi model pada perilaku optimal suatu perusahaan. Matematika ekonomi ini digunakan untuk membentuk model ekonomi yang dipaparkan dalam ekonomi ekonometrik. Model ini menggunakan peralatan statistik dalam perangkat dunia nyata untuk mengestimasi model yang dipostulatkan (postulat: pernyataan yang dianggap benar, sampai ada bukti yang menyatakan bahwa pernyataan itu salah atau aksioma) oleh teori ekonomi yakni untuk peramalan / estimasi.

3. Ilmu administrasi bisnis
Salah satu hal yang harus dikuasai manajemen adalah ilmu administrasi bisnis, kenapa? karena berbagai macam fungsi administrasi yang dimilikinya area fungsi administrasi tersebut diantaranya meliputi:

  1. Akuntansi,
  2. Keuangan,
  3. Pemasaran,
  4. Manajemen SDM, dan 
  5. Produksi.

Ilmu ini digunakan untuk mengatur administrasi berupa pengorganisasian administrasi suatu perusahaan atau proyek yang sedang dikerjakan. Ilmu ini berperan cukup penting dalam ekonomi manajemen.

Jadi pada dasarnya ekonomi manajemen adalah perpaduan antara teori ekonomi, ilmu pengambilan keputusan, serta area fungsional ilmu administrasi Bisnis, yang membahas mengenai bagaimana interaksi antara satu sama lain dalam organisasi / perusahaan dalam mencapai tujuan perusahaan secara efisien.

Baca juga artikel terkait  : Pengertian manajemen proyek

Sifat dan Permasalahan Dalam Ekonomi Manajemen


Selajutnya bagaimana sifat dan permasalahan dalam ekonomi manajemen akan dipaparkan dibawah ini :
Berdasarkan prinsip dasarnya ekonomi manajemen sering disebut juga sebagai ekonomi mikro terapan, karena penerapan metode dalam proses pengambilan keputusan manajemennya. Ekonomi manajemen dapat mengembangkan prinsip ilmu ekonomi dalam meningkatkan keefektifan pada saat mengambil keputusan.

Tiap- tiap hal pasti selalu ada masalah/kendala dan resiko yang akan menghambat jalannya proses tidak terkecuali dalam proses manajemen. Biasanya, permasalahan yang muncul dalam proses manajemen ialah perbedaan diantara realita & ekspetasi yang dihadapi oleh seorang manajer.
Pengertian ekspektasi dalam ekonomi  adalah suatu harapan atau prediksi tentang seberapa baik perekonomian selama kuartal, tahun atau periode waktu mendatang. Ekspektasi ekonomi ini bisa mencakup ekspektasi inflasi, pertumbuhan produktivitas, pengangguran dan neraca perdagangan.
Masalah tersebut biasanya misalnya seperti berikut ini:
  1. Penentuan tingkatan harga ataupun keluaran produk yang sesuai pasar.
  2. Pemilihan tehnik industri & teknologi yang digunakan.
  3. Jumlah stok (persediaan).
  4. Pemilihan media promosi / media periklanan.
  5. Pendanaan.
  6. Pelatihan tenaga kerja / skill tenaga kerja.
Oke sekian dan terima kasih sudah membaca mengenei pengertian ekonomi manajemen, prinsip dasar ekonomi manajemen , dan sifat & permasalahan ekonomi manajemen, semoga dapat bermanfaat untuk teman- teman sekalian.
Pendidikanku


EmoticonEmoticon