Pengertian Kebutuhan dan Keinginan serta Perbedaannya

Pengertian Kebutuhan dan Keinginan Beserta serta Perbedaannya

Pengertian Kebutuhan, Keinginan & Perbedaannya  - Pada kesempatan ini pendidikanku.org akan memberikan penjelasan mengenai apa pengertian kebutuhan ?, apa pengertian keinginan ?, dan apa perbedaan kebutuhan dan keinginan ?. Mari kita baca pengertian kebutuhan & keinginan para ahli dibawah ini :

Pengertian Kebutuhan

Pengertian Kebutuhan Menurut Para Ahli

Menurut Murray dalam pengertian kebutuhan (Murray, 1938,hal 123-125) , kebutuhan adalah sebuah konstruk yang menunjukkan “sebuah dorongan dalam wilayah otak” yang mengatur berbagai proses seperti persepsi, pikiran, dan tindakan dengan maksud untuk mengubah kondisi yang ada dan tidak memuaskan. Sebuah kebutuhan dapat diakibatkan oleh proses internal namun lebih dari sepuluh distimulasi oleh factor lingkungan. Secara umum, sebuah kebutuhan disertai oleh perasaan tertentu atau emosi dan ia memiliki sebuah cara khusus mengekspresikan dirinya dalam mencapai resolusi.
Gardner Murphy juga mengemukakan pendapatnya mengenai pengertian kebutuhan dalam 4 kategori, 
  1. Kebutuhan dasar yang berkaitan bagian -bagian penting tubuh misalnya kebutuhan untuk makan, minum, udara dan sejenisnya.
  2. Kebutuhan akan kegiatan, meliputi kebutuhan “untuk tetap bergerak”
  3. Kebutuhan sensori meliputi kebutuhan untuk warna, suara ritme, kebutuhan yang berorientasi terhadap lingkungan dan sejenisnya.
  4. Kebutuhan untuk menolak sesuatu yang tidak mengenakkan, seperti rasa sakit, ancaman dan sejenisnya.
Henry Alexander Murray (13 Mei 1893 - 23 Juni 1988) adalah Amerika psikolog yang mengajar di Harvard University. Henry Alexander Murray tersebut mengembangkan teori kepribadian Personology, berdasarkan " kebutuhan "dan" tekan”. Ia kemudian berpendapat bahawa kebutuhan tersebut terbagi menjadi beberapa macam, yaitu:

1. Kebutuhan yang dimotivasi oleh keinginan untuk mencapai power, kekayaan, prestise, pengetahuan atau prestasi kreatif :
  • Kebutuhan Prestasi (Need Achievement)
  • Kebutuhan Perolehan (Need Acquisition)
  • Kebutuhan  Agresi (Need Aggresion), "
  • Kebutuhan Ketertiban (Need Construction)
  • Kebutuhan Mengatasi Kelemahan (Need Counteraction)
  • Kebutuhan Dominasi (Need Dominance)
  • Kebutuhan Menginterprestasikan (Need  Expotition)
  • Kebutuhan Ekshibisi (Need Recognition)
  • Kebutuhan Pemahaman (Need Understanding)
2. Kebutuhan yang dimotivasi oleh hal-hal  afeksi, kekaguman, simpati, cinta serta ketergantungan atau  dependensi :
  • Kebutuhan Afiliasi (Need Affiliation)
  • Kebutuhan Sikap Hormat (Need Deference)
  • Kebutuhan Sikap Memelihara (Need Nurturance)
  • Kebutuhan Sex (Need seks)
  • Kebutuhan Pertolongan (Need Succorance)
3. Kebutuhan yang dilandasi oleh adanya keinginan akan kebebasan, perubahan, rangsangan (excitement) dan permainan :
  • Kebutuhan Otonomi (Need Autonomy) :
  • Kebutuhan Perubahan, pertualangan,  perjalanan (Need Change, Adventure, Travel)
  • Kebutuhan Eksistensi, Menghilang (Sendiri)  (Need Excitance, Dissipation).
  • Kebutuhan Permainan (Need Playmirth)
Oke, dari pengertian kebutuhan menurut para ahli diatas, maka kita dapat membuat kesimpulan bahwa  : Pengertian kebutuhan adalah hal - hal yang di dasari oleh keinginan dan dorongan dari otak dalam mengubah kondisi yang ada atau tidak, kebutuhan ini diharuskan dalam menunjang kegiatan dan tidak lepas dari yang kita lakukan setiap hari.

Pengertian Keinginan

Pengertian Keinginan Menurut Para Ahli

Menurut kamus lengkap psikologi, minat (interest) adalah suatu sikap yang berlangsung terus menerus yang memolakan perhatian seseorang, sehingga membuat dirinya jadi selektif terhadap objek minatnya, perasaan yang menyatakan bahwa satu aktivitas, pekerjaan, atau objek itu berharga atau berarti bagi individu, satu keadaan motivasi, atau satu set motivasi, yang menuntun tingkah laku menuju satu arah (sasaran) tertentu (dalam Chaplin, 2008:255).

Menurut Crow & Crow (dalam Abror, 1993:112) minat adalah suatu hal yang berhubungan dengan daya gerak yang mendorong kita cenderung atau merasa tertarik pada orang, benda, kegiatan ataupun bisa juga berupa pengalaman yang efektif yang dirangsang oleh kegiatan itu sendiri.

Rast, Harmin dan Simon (dalam Mulyati, 2004:46) menyatakan bahwa dalam minat itu terdapat hal-hal pokok diantaranya: adanya perasaan senang dalam diri yang memberikan perhatian pada objek tertentu,adanya ketertarikan terhadap objek tertentu, adanya aktivitas atas objek tertentu, adanya kecenderungan berusaha lebih aktif, objek atau aktivitas tersebut dipandang fungsional dalam kehidupan dan kecenderungan bersifat mengarahkan dan mempengaruhi tingkah laku individu.

Definisi minat menurut Shaleh (2004:262) adalah suatu kecenderungan untuk memberikan perhatian dan bertindak terhadap orang, aktivitas atau situasi yang menjadi objek dari minat tersebut dengan disertai perasaan senang.

Dari pengertian keinginan yang dikemukakan oleh para ahli kita dapat membuat kesimpulan bahwa :
Keinginan adalah sebuah kondisi dimana kita merasa mau memiliki, dipenuhi, pada hal -hal yang sekiranya dianggap kurang, namun keinginan tidak bersifat harus atau wajib. Pada dasarnya keinginan hanyalah sebuah tambahan dari hal -hal yang dikira kurang.

Perbedaan Kebutuhan dan Keinginan

Kebutuhan
Keinginan
Sifat
Objektif/ perlu/ mengikat
Subjektif/ tidak harus
Dampak yang diinginkan
Manfaat
Kepuasan
Yang dijadikan tolak ukur
Fungsi
Selera

contoh sederhana ; setiap manusia harus makan dan minum, apabila kita dalam keadaan lapar maka kita harus makan supaya kenyang, agar makan itu terasa nikmat maka ditambahkan lauk yang nikmat. 
Dari tabel diatas dapat kita definisikan perbedaan kebutuhan dan keinginan, antara lain sebagai berikut :
1. Sifat kebutuhan dan keinginan
Dalam segi sifat, kebutuhan lebih bersifat mengikat, harus, perlu, wajib dan objektif sedangkan keinginan bersifat subjektif, tidak mengikat, dan tidak harus.
2. Dampak yang diinginkan
Apabila kebutuhan dampak yang diinginkan adalah manfaatnya sedangkan keinginan dampaknya hanyalah kepuasan.
3. Yang di jadikan tolak ukur
Jika dari kebutuhan adalah fungsi dan keinginan adalah selera.

Sekian dan terima kasih sudah membaca mengenai Pengertian Kebutuhan dan Keinginan serta perbedaannya semoga dapat bermanfaat untuk kita semua.

Baca Juga

No comments:
Write komentar

Blog Archive