Pengertian Kapitalisme dan Liberalisme

Pengertian Kapitalisme dan Liberalisme

Pengertian Kapitalisme dan Liberalisme - Pada kesempatan ini Pendidikanku akan membahas mengenai apa itu Kapitalisme? dan apa itu Liberalisme ? Dan apa pengertian Kapitalisme dan Liberalisme menurut para ahli ?.
Pengertian Kapitalisme dan Liberalisme

Pengertian Kapitalisme

Kapitalisme Menurut Karl Marx adalah sebuah sistem ekonomi yang mana perdagangan, industri serta alat-alat produksi tersebut dikendalikan oleh pihak (pemilik) swasta dengan tujuan memperoleh keuntungan ekonomi pasar. Dalam melakukan usahanya tersebut pemilik modal berusaha untuk dapat meraih keuntungan sebesar-besarnya. Dengan prinsip tersebut, pemerintah tidak bisa melakukan intervensi pasar dalam memperoleh keuntungan secara bersama, namun tetapi intervensi pemerintah dilakukan secara besar-besaran untuk kepentingan-kepentingan pribadi.

Pengertian Kapitalisme menurut Adam Smith adalah sebuah sistem yang dapat menciptakan kesejahteraan masyarakat apabila pemerintah tidak mempunyai intervensi terhadap mekanisme dan kebijakan pasar. Di dalam kapitalisme pemerintah berperan hanya sebagai pengawas saja.

Kapitalisme adalah sebuah sistem ekonomi dimana individu boleh menggunakan kemampuan dan potensi yang dimiliki untuk meningkatkan kekayaannya tanpa adanya batasan, dalam hal tersebut bahkan tidak masalah apabila mengabaikan kebutuhan dan kepentingan masyarakat luas.

Pengertian Liberalisme

Liberalisme atau Liberal merupakan sebuah ideologi, pandangan filsafat, serta tradisi politik yang didasarkan pada sebuah pemahaman bahwa kebebasan dan persamaan hak adalah nilai politik yang utama.
Liberalisme adalah faham yang menghendaki adanya kebebasan kemerdekaan individu di segala bidang, baik dalam bidang politik, ekonomi maupun agama.

Secara umum, liberalisme tersebut mencita-citakan suatu masyarakat yang bebas, dicirikan oleh kebebasan berpikir bagi para individu. Dalam masyarakat modern, liberalisme akan dapat tumbuh dalam sistem demokrasi, hal itu disebabkan karena ke-2nya sama-sama dilandaskan pada kebebasan mayoritas. Banyak suatu negara yang tidak mematuhi peraturan tersebut.

CIRI – CIRI KAPITALISME

  1. Pengakuan dan penerapan hak individu di atas hak masyarakat umum (dalam bidang ekonomi).
  2. Alat – Alat produksi dimiliki oleh individu.
  3. Individu bebas memiliki pekerjaan/usaha yang dibandang baik baginya.
  4. Negara hanya boleh ikut campur sekecil mungkin agara perekonomian menjadi efisien.
  5. Barang dan jasa hasil produksi diperdagangkan secara bebas.
  6. Persaingan dalam pasar adalah persaingan bebas.
  7. Pasar berfungsi memberikan “signal” kepada produsen dan juga  konsumen dalam bentuk harga-harga.
  8. Motif yang menggerakan kegiatan ekonomi (produksi, konsumsi, distribusi) adalah mencari laba.

CIRI - CIRI LIBERALISME

Biasanya Liberalisme ditandai oleh 2 ciri utama yakni kebebasan masyarakat dan keterbatasan peran pemerintah.
  1. Kebebasan Masyarakat
    Setiap masyarakat yang tinggal di negara yang menganut paham liberalisme bebas melaksanakan apa saja (selama tidak melanggar hukum) dalam berbagai aktivitas atau pun kegiatan seperti aktivitas perdagangan, gaya hidup, dan juga penganutan agama atau pun kepercayaan.
  2. Keterbatasan Peran Pemerintah
    keterbatasan peran pemerintah dalam pengaturan masyarakat. Dalam pemerintahan liberal, pemerintah biasanya hanya menetapkan peraturan – peraturan dasar yang benar – benar penting saja. Masalah – masalah yang dianggap tidak penting seperti penentuan harga jual produk (meskipun memuat hajat hidup orang banyak) biasanya akan diserahkan pada mekanisme persaingan pasar.
Sekian dan Terima kasih sudah membaca mengenai Pengertian Kapitalisme dan Liberalisme semoga dapat bermanfaat untuk anda.

0 Response to "Pengertian Kapitalisme dan Liberalisme"

Post a Comment