Pengertian Konsep Dasar Sistem Menurut Para Ahli

PENGERTIAN SISTEM KONSEP DASAR SISTEM, KARAKTERISTIK SISTEM DAN KLASIFIKASI SISTEM MENURUT PARA AHLI

Konsep Dasar Sistem

Pengertian Sistem

Pengertian Konsep Dasar Sistem Menurut Para Ahli | Pendidikanku.org - Menurut Moekijat dalam Prasojo (2011:152), “Sistem adalah setiap sesuatu terdiri dari obyek-obyek, atau unsur-unsur, atau komponen-komponen yang bertata kaitan dan bertata hubungan satu sama lain, sedemikian rupa sehingga unsur-unsur tersebut merupakan satu kesatuan pemrosesan atau pengolahan yang tertentu”.

Terdapat dua kelompok pendekatan didalam pendefinisian sistem, yaitu :
  1. Pendekatan yang menekankan pada prosedur, mendefinisikan sistem sebagai sebuah jaringan kerja dari prosedur-prosedur yang saling berkaitan, berkumpul bersama-sama untuk melakukan sebuah aktivitas atau untuk menyelesaikan suatu sasaran tertentu.
  2. Pendekatan yang menekan pada elemen atau komponen, mendefisinikan sistem sebagai kumpulan dari elemen-elemen yang berinteraksi untuk mencapai suatu tujuan tertentu.
Pengertian Konsep Dasar Sistem Menurut Ahli
Ilustrasi Sistem

Karakteristik Sistem

Menurut Mustakini (2009:54), suatu sistem memiliki karakteristik atau sifat-sifat tertentu, yaitu:
  1. Komponen Sistem merupakan suatu sistem terdiri dari sejumlah komponen yang saling berinteraksi yang bekerja sama membentuk satu kesatuan.
  2. Batasan Sistem merupakan daerah yang membatasi antara suatu sistem dengan sistem yang lainnya atau dengan lingkungan luarnya.
  3. Lingkungan Luar Sistem merupakan segala sesuatu yang berada di luar batas dari sistem yang mempengaruhi operasi sistem.
  4. Penghubung Sistem merupakan media penghubung antara satu subsistem dengan subsistem yang lainnya.
  5. Masukan Sistem merupakan nergi yang masuk dari lingkungan luar ke dalam sistem sehingga menyebabkan sistem bekerja.
  6. Keluaran Sistem merupakan hasil dari energi yang diolah dan diklasifikasikan menjadi keluaran yang berguna.
  7. Pengolah Sistem merupakan sistem yang mempunyai bagian pengolah yang merubah masukan menjadi keluaran.
  8. Tujuan (Goal) Sistem merupakan suatu sistem pasti mempunyai tujuan atau sasaran. Jika suatu sistem tidak mempunyai sasaran, maka operasi sistem tidak akan ada gunanya.

Klasifikasi Sistem

Menurut Jogiyanto (2005) Sistem dapat diklasifikasi dari beberapa sudut pandang, diantaranya sebagai berikut:

1.Sistem Abstrak dan Sistem Fisik
Sistem abstrak adalah sistem berupa pemikiran atau ide-ide yang tidak tanpak secara fisik. Misalnya sistem teologia, yaitu sistem yang berupa pemikiran-pemikiran hubungan antara manusia dengan Tuhan. sistem fisik merupakan sistem yang ada secara fisik. Misalnya sistem komputer, sistem akutansi, sistem produksi dan lain sebagainya.

2.Sistem Alamiah dan Sistem Buatan
Sistem alamiah adalah sistem yang terjadi melalui proses alam, tidak dibuat manusia. Misalnya sistem perputaran bumi. Sistem buatan manusia merupakan sebuah sistem yang dirancang oleh manusia. misalnya sistem penggunaan komputer.

3.Sistem Tertentu dan Sistem Tak Tentu
Sistem tertentu beroprasi dengan tingkah laku yang sudah dapat di prediksi. Interaksi diantara bagian-bagiannya dapat deteksi dengan pasti. Misalnya sistem komputer. Sistem tak tentu adalah sistem kondisi masa depannya tidak dapat di prediksi karena mengandung unsur probabilitas. Misalnya sistem sosial dan sistem politik.

4.Sistem Tertutup dan Sistem Terbuka
Sistem tertutup merupakan sistem yang tidak berhubungan dan tidak berpengaruh dengan lingkungan luarnya. Sistem terbuka adalah sistem yang berhubungan dengan pengaruh lingkungan luarnya.

Sekian dan Terima kasih sudah membaca mengenai Pengertian Konsep Dasar Sistem Menurut Para Ahli, Semoga dapat bermanfaat untuk anda.


EmoticonEmoticon