4 Cara Memperbaiki Memory Card Rusak atau Tidak Terbaca

4 Cara Memperbaiki Memory Card Rusak atau Tidak Terbaca

Www.Pendidikanku.Org - Pada kesempatan ini keteknologi.com akan memberikan artikel mengenai bagaimana cara memperbaiki memory card yang rusak atau tidak terbaca.Kartu SD (SDCard) / disebut juga dengan memori eksternal adalah salah satu perangkat yang paling dibutuhkan saat ini. Meskipun sudah banyak gadget yang memilki memori internal yang cukup besar, namun tetap saja user membutuhkan memori eksternal (MicroSD) untuk menyimpan data-data, misalkan lagu-lagu, video, file-file penting salah satu file skripsi (wew) , dan lain sebagainya.
Kamu sebagai pengguna memori eksternal mungkin pernah mengalami masalah mengenai memori tidak terbaca / rusak, Karena memori yang tidak terbaca tentu akan membuat kamu pusing sendiri di karenakan data-data kamu yang penting masih ada di dalam memori eksternal tersebut, apalagi kalau salah satu file penting itu adalah salah satu tugas kampus kamu. Nah untuk itu kamu dapat mencoba cara-cara dibawah ini untuk mengatasi masalah memory card tidak terbaca atau rusak di Android.

Cara Memperbaiki Memory Card Rusak atau Tidak Terbaca

Cara 1: Membersihkan Kartu Memori

  1. Hal pertama untuk kamu bisa lakukan dalam memperbaiki memory card kamu ialah dengan  mematikan android kamu terlebih dahulu.
  2. Kemudian keluarkan kartu memori dari android kamu.
  3. Setelah itu Bersihkan lempengan tembaga (yang berwarna kuning keemasan) dengan menggunakan  penghapus pensil (yang warna putih). Gosok secara pelan-pelan hingga bersih.
  4. Apabila kamu sudah yakin bersih, masukan kembali kartu memori kamu  ke dalam slot memori
  5. Setelah itu periksa apakah sudah dapat terbaca atau belum.

Cara 2: Cek Error dari PC

Opsi kedua dalam memperbaiki memory card yang rusak ialah dengan
  1. menghubungkan Android ke laptop atau PC dengan kabel data.
  2. Pastikan  juga kamu memilih opsi pada Android kamu terhubung dalam Mass storage mode (MSC), bukan Media transfer mode (MTP).
  3. Buka Windows Explorer
  4. klik kanan pada Drive kartu memori
  5. pilih Properties > Tools > Error Checking, 
  6. tunggu hingga semua proses selesai.Eject kartu memorinya, lalu cek apakah sudah terbaca atau belum.

Cara 3: Format dari PC

Apabila kartu memori (MicroSD) terbaca dan terlihat baik-baik saja pada saat terhubung pada komputer namun tidak terbaca di Android.
Kamu bisa mencoba memperbaiki memory card dengan cara ini:
  1. Pertama Buat folder baru di HardDisk,
  2. Kemudian berilah nama folder sembarang yang akan menjadi tempatbackup isi kartu memori yang rusak yang tidak terbaca tersebut.
  3. Kemudian kamu Copy seluruh isi kartu memori lalu Paste ke dalam folder yang sudah dibuat tadi.
  4. Apabila sudah yakin file-file kamu sudah tersalin semua, 
  5. Setelah itu format kartu memori kamu itu.
  6. Kemudian Masukan kembali semua data-data yang terdapat di folder backup kamu tadi ke dalam memori yang sudah diformat.
  7. Kemudian kamu cek lagi, masih gagal atau tidak.

Cara 4: Melakukan Format dari Android

keteknologi.com - Opsi terakhir ini ialah dengan melakukan format dari android. ini merupakan pilihan terakhir menurut saya, dengan ketentuan dapat penting kamu lenyap juga dari muka bumi ini. namun terdapat hal baik bahwa dalam menyimpan file disarankan untuk memback-up di lebih dari 1 memory entah bisa 5 memory.
  1. Masuk ke menu Setting
  2. Pilih Storage.
  3. Pada menu tersebut terdapat pilihan Erase SD card, kamu pilih erase sd card tersebut. 
  4. Dengan memformat SD Card, dapat membuat memori bersih seperti baru.
Apabila masih juga gagal, beli lagi yang baru.

Sekian dan terima kasih sudah membaca 4 cara memperbaiki memory card yang rusak atau tidak terbaca, semoga dapat bermanfaat untuk anda. jangan lupa like n share artikel ini ke teman-teman kamu dengan mengklik icon Google+ dan Facebook di bawah ini


EmoticonEmoticon