Cara Mengatasi Masalah Pada Windows 10

4 Masalah Yang Sering Terjadi Pada Windows 10


microsoft.com


Www.Pendidikanku.Org - Windows 10 adalah sistem operasi terbaru dari Microsoft untuk menyempurnakan Windows terdahulunya yaitu Windows 8 . Bukan berarti Windows 10 hadir tanpa adanya masalah. Terdapat sebagian kecil  masalah pada sebuah sistem operasi, meskipun telah dibuat dengan teliti dan sudah melewati berbagai uji coba. Masalah yang terjadi suka pada windows 10 adalah windows 10 yang sesekali mengalami restart sendiri. Terdapat banyak hal yang bisa menjadi penyebab komputer restart dengan sendirinya tanpa peringatan. Beberapa kesalahan pada hardware, overheat, Windows Update.

Cara untuk mengatasi masalah tersebut, kita harus tahu penyebab kenapa komputer restart secara tiba-tiba, setelah itu kita bisa memperbaiki komputer.

keteknologi.com - Windows 10 yang dianggap membawa perubahan dan sangat diminati oleh pengguna windows karena memiliki kelebihan, pada menu start, the snap yang memiliki keunggulan dalam melakukan multitasking. Pengguna mengakui tampilan yang sangat bagus dan fungsional.


Berikut masalah yang yang buruk mungkin terjadi pada computer setelah melakukan upgrade ke Windows 10 :

http://www.keteknologi.com/2017/07/mengatasi-masalah-windows-10.html


  • Restart Berulang-ulang Setelah Update. 

Permasalahan yang paling sering dialami oleh pengguna  Windows 10 adalah Reboot Loop. Yaitu di mana pengguna  Windows 10 mengalami restart yang terus menerus. Salah satu fitur auto update tidak bisa dimatikan. Sehingga jika terhubung ke internet akan otomatis mengupdate dengan sendirinya. Jadi permasalahan reboot loop kemungkinan besar akan terjadi. Karena pada Windows 10, Microsoft telah mengubah berbagai lokasi pengaturan.

Pengaturan tersebut dipindahkan dari Control Panel ke aplikasi Setting yang lebih sederhana. Disable update di Windows 10 dengan cara mengatur tipe jaringan ke pengaturan berbasis Quota, menggunakan Group Policy agar Windows tidak mendownload update, dan mematikan sistem update.

  • Sebagian Aplikasi Tidak Bisa Dibuka.

Masalah banyaknya aplikasi yang belum kompatibel pada Windows 10 sudah tidak mengherankan. Karena disebabkan oleh berbagai masalah. Caranya adalah dapat mempergunakan Compatibility mode yang sudah ada pada Windows 10.

Klik kanan pada aplikasi  > buka Properties > buka tab Compatibility > pilihlah versi windows sebelumnya yang diinginkan. Tapi tidak semua kemungkinan aplikasi bisa berjalan setelah mempergunakan Compatibility Mode atau bisa melalui Run As Administrator, dengan cara  klik kanan pada aplikasi kemudian Run As Administrator.


Baca juga : Jenis-jenis Virus Yang Dapat Merusak Komputer

  • Daya Tahan Baterai

Versi terbaru Windows 10 sangatlah boros baterai. Beberapa fitur yang terdapat pada Windows 10 belum semuanya sesuai dengan laptop pengguna. Sehingga menyebabkan penggunaan aplikasi pada laptop kurang optimal, dengan begitu laptop akan bekerja secara lebih ekstra dan menyebabkan meningkatnya pemakaian baterai.

Sesekali pengguna dapat mengecek Driver dan Firmware pada laptop, sehingga pengguna dapat mengecek update versi terbaru. Terdapat juga fitur automatic update yang tidak bisa dimatikan, sehingga membuat meningkatnya pemakaian baterai.

  • Touchpad

Sebagian merk laptop mengalami masalah kompatibilitas dengan touchpad pada Windows 10. Yang seharusnya touchpad dapat digunakan dengan mulus, akan tetapi muncul problem pada gerakan yang anda inginkan tidak sesuai. Cara mengatasinya? Tidak ada yang bisa kita dilakukan kecuali menunggu patch dari Windows 10 dan produsen laptop.


Itulah permasalahan yang sering terjadi pada Windows 10, peran dari pengguna juga sangat penting dalam merawat sistem operasi yang digunakan.



Sekian dan terima kasih sudah membaca mengenai cara mengatasi masalah pada Windows 10, semoga dapat bermanfaat untuk anda.


EmoticonEmoticon