Pengertian SIG (Sistem Informasi Geografis) Menurut Para Ahli

Pengertian Sistem Informasi Geografis

Pengertian SIG (Sistem Informasi Geografis) Menurut Para Ahli  - Sistem Informasi Geografis merupakan suatu sistem informasi khusus yang mengelola  tentang data yang mempunyai informasi spesial (bereferensi keruangan). Atau pada arti yang lebih ringkas , SIG adalah suatu sistem komputer yang mempunyai kemampuan untuk dapat membangun, menyimpan, mengelola serta menampilkan informasi yang berefrensi geografis, sebagai contoh data yang diidentifikasi menurut dari lokasinya, pada suatu database. 

Ilustrasi Sistem Informasi Geografis

Pengertian Sistem Informasi Geografis menurut para ahli


Berikut ini merupakan definisi sistem Informasi menurut para ahli :
  • Menurut Aronaff (1989)
    SIG merupakana suatu sistem informasi yang berdasarkan pada kinerja komputer yang memasukkan, yang mengelola,yang memanipulasi dan yang menganalisa data dan juga yang memberi uraian.
  • Menurut Burrough (1986)
    SIG adalah suatu alat yang bermanfaat dalam pengumpulan, penimbunan, pengambilan kembali data yang diinginkan serta penayangan data keruangan yang berasal dari dunia nyata.
  • Menurut Murai (1999)
    SIG ialah sebagai suatu sistem informasi yang digunakan untuk dapat memasukkan, menyimpan, memanggil kembali, mengolah, menganalisis serta menghasilkan data bereferensi geografis atau data geospatial, untuk dapat mendukung dalam pengambilan keputusan guna perencanaan serta pengelolaan penggunaan lahan dan lain sebagainya
  • Menurut Bernhardsen (2002)
    SIG  ialah sebagai sistem komputer yang digunakan untuk memanipulasi data geografi. Sistem tersebut akan diimplementasikan dengan perangkat keras serta perangkat lunak komputer yang berfungsi dalam akusisi & verifikasi data, kompilasi data, penyimpanan data, perubahan serta pembaharuan data.
  • Menurut Gistut (1994)
    SIG merupakan suatu sistem yang dapat mendukung dalam pengambilan keputusan \ serta mampu mengintegrasikan deskripsi-deskripsi lokasi dengan karakteristik-karakteristik fenomena yang ditemukan pada lokasi tersebut. Sistem Informasi Geografis yang lengkap tersebut mencakup metodologi serta teknologi yang diperlukan, antara lain data spasial perangkat keras, perangkat lunak serta struktur organisasi

Dari Definisi diatas dapat disimpulkan bahwa Sistem Informasi Geografis adalah sistem yang dapat mendukung dalam pengambilan keputusan yang data tersebut berdasarkan dengan lokasi nyata yang dibantu juga dengan komputerisasi.

sekian dan terimakasih sudah membaca mengenai Pengertian Sistem informasi Geografis (SIG) semoga dapat bermanfaat untuk anda . salam hangat Pendidikanku.org

Baca Juga

No comments:
Write komentar

Blog Archive