Pengertian Bioteknologi Dan Cirinya

Pengertian Bioteknologi Dan Manfaatnya

A. Penjelasan Tentang Bioteknologi

Pengertian Bioteknologi Terlengkap - Apa Bioteknologi ? Bioteknologi merupakan suatumetode yang melibatkan makhluk hidup / organisme hidup untuk dapat menghasilkan produk baru sehingga bisa berguna bagi manusia. Atau bisa juga bioteknologi adalah suatu cabang ilmu biologi yang mempelajari bagaimana cara memanfaatkan organisme hidup didalam melakukan suatu proses produksi untuk menghasilkan barang / jasa yang bermanfaat bagi manusia.

Bioteknologi tersebut berasal dari dua kata yaitu Bio dan  Teknologi. Kata Bio bisa diartikan kehidupan sedangkan kata Teknologi bisa diartikan sebagai metode ilmiah yang digunakan untuk dapat mencapai tujuan dengan secara praktis. Zaman seperti sekarang ini Bioteknologi tidak hanya berdasarkan dengan biologi saja, Namun tetapi dari berbagai macam ilmu terapan , seperti dari biokimia, biologi molekuler, genetika, mikrobiologi, komputer dan lain sebagainya . Di definisikan juga bioteknologi adalah suatu ilmu terapan yang menggabungkan berbagai macam cabang ilmu didalam memproses barang / jasa yang dapat bermanfaat bagi manusia.
Pengertian Bioteknologi Terlengkap
Pengertian Bioteknologi Terlengkap

Ciri-Ciri utama Bioteknologi 

Adapun ciri-ciri utama dari bioteknologi, antara lain sebagai berikut  : 
  1. Terdapat benda biologi contohnya berupa mikroorganisme, tumbuhan ataupun hewan, 
  2. Adanya pendayagunaan dengan secara teknologi ataupun secara industri 
  3. produk / jasa yang dihasilkan adalah hasil dari ekstraksi ataupun pemurnian.

Manfaat bioteknologi


Bioteknologi tersebut memiliki banyak manfaat untuk kehidupan manusia.  Alat-alat untuk dapat membantu perkembangan bioteknologi-pun sudah semakin banyak salah satu contohnya ialah mikroskop yang berguna untuk dapat melihat organisme-organisme kecil yang tidak bisa dilihat dengan menggunakan mata saja. Manfaat dari bioteknologi ialah sebagai berikut :
  • 1. Dapat menghasilkan obat
    Bioteknologi dapat menghasilkan obat yang lebih murah dan efektif misalnya seperti pembuatan hormon insulin yang berasal dari gen bakteri E. Coli.
  • 2. Menghasilkan antibiotik
    Dapat menghasilkan antibiotik untuk membunuh berbagai penyakit yang berbahaya. Pada saat ini sudah banyak sekali antibiotik yang terdapat di apotik-apotik yang harganya murah dan efektif untuk pengobatan.
  • 3. Dapat mengurangi pencemaran lingkungan
    Bioteknologi juga dapat membantu mengurangi pencemaran, misalnya ada beberapa bakteri yang dapat membantu daur ulang untuk menghancurkan sampah-sampah organik dan juga membersihkan tumpahan minyak yang tercecer di laut.
  • 4. Dapat meningkatkan hasil produksi pertanian dari tanaman transgenik
    Tanaman transgenik memiliki daya tahan yang cukup baik terhadap berbagai kondisi lingkungan ekstrim dan tidak mudah terserang hama.

Dampak negatif bioteknologi


Akan tetapi bioteknologi-pun juga mempunyai sisi negatifnya, dampak negatif tersebut membahayakan terutama bagi orang yang kurang paham terhadap suatu lingkungan. Terdapat peraturan atau etika-etika yang perlu untuk dilakukan dalam mengembangkan suatu produk bioteknologi. Berikut ini secara umum dampak negatif dari bioteknologi, diantaranya ialah sebagai berikut :

1. Rusaknya ekosistem
Menurunkan jumlah dari spesies tanaman yang terdapat dialam akibat adanya suatu teknologi rekayasa genetik yang berlebihan.

2. Hilangnya beberapa jenis hewan dan tumbuhan tertentu
Apabila berlebihan dalam melakukan rekayasa teknologi genetika, maka hewan ataupun tumbuhan dengan kualitas kurang baik / kualitas alaminya akan mengalami kepunahan.

3. Dapat menyebabkan alergi
Karena tidak semua orang cocok dengan Gen asing yang dimasukkan kedalam organ tubuhnya. Jadi harus berhati-hati pada saat akan mengkonsumsi suatu produk yang dihasilkan oleh bioteknologi.

4. Terjadinya pencemaran biologis
Hal seperti tersebut terjadi akibat tidak dapat terkendalinya penyebaran organisme transgenerik.

Baca Juga Artikel Terkait :
  1. Pengertian Reaksi Kimia
  2. Pengertian Bioma dan Macam Jenis Bioma
  3. Pengertian Flora dan Fauna
  4. Daftar Isi Pendidikanku.org
  5. Pengertian Mikroskop
Sekian dan Terimakasih sudah membaca pengertian Bioteknologi Terlengkap , semoga dapat bermanfaat untuk anda , salam hangat dari Pendidikanku.org

0 Response to "Pengertian Bioteknologi Dan Cirinya"

Post a Comment