Pengertian Kebugaran Jasmani Secara Umum

Pengertian Kebugaran Jasmani

Pengertian Kebugaran Jasmani Terlengkap - Pada kesempatan kali ini pendidikanku.org akan membahas mengenai pengertian kebugaran jasmani , Fungsi kebugaran jasmani , Komponen kebugaran jasmani . Kebugaran Jasmani merupakan suatu kemampuan tubuh untuk dapat melakukan penyesuaian terhadap adanya pembebanan fisik yang diberikan kepadanya tanpa menimbulkan efek kelelahan yang berlebihan.
Pengertian Kebugaran Jasmani
Kebugaran Jasmani

Pengertian Kebugaran Jasmani Menurut Para Ahli

1.Menurut Judith Rink dan Mochamad Sajoto
Kebugaran Jasmani merupakan suatu kemampuan seseorang dalam menyelesaikan tugas sehari-hari tanpa mengalami kelelahan yang berarti yang berguna untuk memenuhi kebutuhan geraknya serta menikmati waktu luang dan juga untuk memenuhi keperluan darurat jika sewaktu-waktu diperlukan.

2.Menurut Djoko Pekik
Kebugaran jasmani adakah suatukemampuan seseorang dalam melakukan kerja sehari-hari dengan secara efisien tanpa menimbul kelelahan yang berlebihan sehingga masih bisa untuk menikmati waktu luangnya.

3.Menurut T. Cholik Muthohir (1999) dalam Ismaryati (2006: 40)
kebugaran jasmani ialah suatu kondisi yang mencerminkan suatu kemampuan seseorang untuk dapat melakukan tugas dengan produktif tanpa harus mengalami kelelahan yang berarti.

Fungsi Kebugaran Jasmani

Fungsi kebugaran jasmani - Fungsi kebugaran jasmani antara lain ialah sebagai berikut ini :
  • Dapat meningkatkan sistem sirkulasi darah, sistem saraf, serta fungsi jantung.
  • Dapat meningkatnya komponen kelentukan, stamina, serta kecepatan.
  • Dapat mempercepat pemulihan dalam fungsi organ tubuh apabila sudah berlatih / bahkan dalam kondisi-kondisi tertentu, misalnya ibu hamil,serta melakukan pemulihan sesudah sakit.
  • Untuk olahragawan,  berfungsi untuk dapat meningkatkan prestasi.
  • Dapat merangsang perkembangan dan juga pertumbuhan bagi anak-anak serta balita.

Komponen Kebugaran Jasmani

pendidikanku.org - Komponen kebugaran jasmani adalah suatu bagian dari satu kesatuan dalam kondisi tubuh yang tidak bisa dipisahkan. Aktivitas kebugaran tersebutlah yang harus selalu dikembangkan serta dilakukan. Hal tersebut bertujuan untuk dapat meningkatkan dan juga memelihara kodisi fisik. Berikut ini merupakan beberapa komponen dari kebugaran jasmani yang harus kita semua ketahui, antara lain ialah sebagai berikut :
1. Latihan kekuatan.
Kekuatan / strength adalah suatu kemampuan yang dikeluarakan oleh otot untuk dapat menahan suatu beban. Kekuatan otot merupakan suatu daya penggerak dalam tiap-tiap kegiatan/aktivitas, yang dapat mengurangi risiko terjadinya cedera pada saat menahan beban , dapat menunjang efisiensi kerja serta dapat memperkuat stabilitas persediaan. Berikut ini adalah beberapa bentuk latihan untuk kekuatan otot. Kekuatan ialah faktor utama untuk dapat menciptakan prestasi optimal. Bentuk-bentuk dalam latihan kekuatan, ialah sebagai berikut :

  1. Latihan kekuatan otot lengan (push up).
  2. Latihan kekuatan otot perut (sit up).
  3. Latihan kekuatan otot punggung (back lift).
2. Latihan kecepatan
Kecepatan / speed adalah suatu kemampuan berpindah dari satu tempat ke tempat lain dengan menggunakan waktu dengan singkat. Kecepatan tersebut termasuk dalam gerak lokomotor dan juga gerakan yang sifatnya siklik, maksudnya adalah 1 jenis gerak yang dilakukan dengan cara berulang-ulang seperti lari / kecepatan serta gerak bagian tubuh, seperti pukulan.
Komponen kecepatan tersebut sangat pentinglah penting khususnya dalam permain balap lari , sepak bola. dan lain-lain. Baca juga artikel terkait mengenai Pengertian Sepak bola
Bentuk latihan kecepatan  ,ialah  sebagai berikut:

  1. Lari bolak-balik jarak enam meter dengan membentuk angka delapan (shuttle run).
  2. Lari cepat (sprint training) dengan jarak 40-60 meter.
3. Latihan Daya tahan
Endurance / daya tahan merupakan suatu kemempuan seseorang dalam  melakukan gerak dengan seluruh tubuhnya dengan waktu yang cukup lama serta dengan tempo sedang - cepat tanpa mengalami efek rasa sakit dan kelelahan berat yang berlebihan . 
Dengan melalui latihan yang jangka  dalamjarak yang jauh dan jangka dalam waktu yang cukup lama, seperti lari jarak jauh (long running) , naik ke puncak gunung, serta lintas alam (cross country) dapat meningkatkan daya tahan pada paru-paru dan jantung.

4. Latihan kelenturan
Kelenturan / flexibility merupakan suatu keleluasaan gerakan terutama pada otot persendian. Tujuan dalam latihan kelenturan ialah agar otot-otot sendi tidak kaku serta dapat bergerak dengan leluasa tanpa terdapatnya gangguan yang berarti.
Bentuk-bentuk dalam latihan kelenturan ialah dengan melakukan peregangan otot dengan cara sepertia dibawah ini :
  1. Latihan kelenturan sendi bahu. 
  2. Latihan kelenturan otot pinggang.
  3.  Latihan kelenturan togok.

Sekian dan terimakasih sudah membaca mengenai Pengertian Kebugaran Jasmani , Fungsi kebugaran Jasmani , Komponen Kebugaran Jasmani , semoga dapat bermanfaat untuk anda .

Baca Juga

No comments:
Write komentar

Blog Archive