Pengertian Geografi dan Konsep Geografi

Pengertian Geografi dan Konsep Geografi

Pengertian Geografi dan Konsep Geografi - Pada kesempatan ini Pendidikanku akan membahas mengenai apa itu geografi ? , apa hakikat geografi ? dan sebagainya.
Eratosthenes (276-104 SM) mengemukakan dalam bukunya Geographika bahwa geografi berasal dari bahasa Yunani yang terdiri dari kata Geo memiliki arti Bumi dan Graphein yang berarti tulisan dalam arti geografi adalah ilmu tentang bumi. Namun Dalam arti luas Geografi adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang bumi , benda-benda yang diluar bumi , flora serta fauna , udara , iklim dan lain sebagainya yang berinteraksi dengan bumi.

Pengertian Geografi dan Konsep Geografi - Berikut ini adalah pengertian geografi menurut para ahli ,
  1. Prof. Dr. I Made Sandy mengemukakan pendapatnya bahwa geografi adalah ilmu pengetahuan yang berusaha untuk menemukan dan memahami persamaan dan perbedaan yang terdapat dalam ruang muka bumi.
  2. N. Daldjoeni , Geografi adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari kegiatan-kegiatan manusi dalam suatu ruang (Bumi , Luar angkasa).
  3. Ferdinan Von Richthofer , geografi adalah ilmu yang mempelajari gejala dan sifat-sifat permukaan bumi , dan pendudukannya serta menjelaskan hubungan sebab akibatnya.
Pengertian Geografi dan Konsep Geografi
Pengertian Geografi dan Konsep Geografi 

Konsep Dasar Geografi

Menurut Gertrude Whipple terdapat 5 konsep dasar geografi , antara lain sebagai berikut :
  1. Konsep bumi sebagai suatu planet
  2. Konsep beraneka ragam cara hidup
  3. Konsep beraneka ragam wilayah alam
  4. Konsep pentingya wilayah bagi manusia
  5. Konsep pentingnya letak untuk memahami peristiwa dunia.
Namun terdapat referensi lain tentang imu geografi , didalam referensi tersebut terdapat 10 konsep dasar antara lain sebagai berikut :
  1. Konsep lokasi/letak
  2. Konsep jarak
  3. Konsep keterjangkauan
  4. Konsep pola
  5. Konsep geomorfologi/morfologi
  6. Konsep aglomerasi
  7. Konsep differensiasi area
  8. Konsep nilai kegunaan
  9. Konsep interkasi interdependensi
  10. Konsep kerkaitan keruangan

Ruang Lingkup Geografi

Dalam ruang lingkup geografi kita sebenarnya dalam melihat bahwa ruang lingkup geografi ini sangat luas seperti pengertian diatas , karena pada dasarnya ilmu geogradi ini tidak dapat dikuasi dengan 1 mata pelajaran itulah sebabnya terdapat ilmu-ilmu penunjang geografi. 
Namun tetapi apabila bumi dilihat dari segi teori lingkungan hidup , permukaan bumi dapat dikelompokan menjadi 3 bagian , antara lain sebagai berikut :
  1. Lingkungan fisikal  , adalah segala sesuatu sekitar manusia yang berupa makhluk tidak hidup misalnya tanah , udara , air , dan juga sinar matahari.
  2. Lingkungan biologis , adalah segala sesuatu sekitar manusia yang berupa makhluk hidup , seperti binatang dan tumbuhan.
  3. Lingkungan sosial , adalah segala sesuatu sekitar manusia yang berwujud tindakan atau kegiatan manusia dalam suatu hubungan antar alam atau antarmanusia.
Sekian dan terimakasih sudah membaca mengenai Pengertian Geografi dan konsep geografi semoga bermanfaat untuk anda .

Baca Juga

No comments:
Write komentar

Blog Archive