Pengertian Analisis SWOT dan Manfaatnya

Pengertian Analisis SWOT Terlengkap

Pengertian Analisis SWOT Terlengkap – Analisis SWOT merupakan  bentuk analisis di dalam manajemen perusahaan /  suatu organisasi yang secara sistematis bisa membantu dalam rangka penyusunan suatu rencana yang benar-benar matang untuk dapat mencapai tujuan, baik itu untuk tujuan jangka pendek atau tujuan jangkan panjang.

definisi lain analisis SWOT adalah suatu bentuk analisa situasi serta juga kondisi yang memiliki sifat deskriptif (memberi suatu gambaran). Analisa tersebut ialah sebagai faktor masukan, yang kemudian dikelompokkan menurut dengan kontribusinya masing-masing.
Pengertian SWOT
Pengertian SWOT

SWOT adalah singkatan dari:
  1. S = Strength (kekuatan).
  2. W = Weaknesses (kelemahan).
  3. O = Opportunities (Peluang).
  4. T = Threats (hambatan).
 definisi 4 komponen analisis SWOT, antara lain :

A. Strenght (S)
adalah suatu analisis kekuatan, merupakan sebuah kekuatan dari suatu organisasi /  perusahaan.  Yang harus di lakukan di dalam analisis ini ialah tiap-tiap perusahaan atau organisasi perlu menilai dari segi kekuatan yang bandingkan dengan para pesaingnya. 

B. Weaknesses (W)
adalah suatu analisi kelemahan, merupakan suatu kelemahan dari suatu organisasi / perusahaan . 

C. Opportunity (O)
adalah suatu analisis peluang, merupakan peluang diluar sebuah organisasi /  perusahaan serta  memberikan peluang berkembang untuk organisasi dimasa depan. Hal ini ialah untuk mencari sebuah peluang ataupun terobosan yang akan memungkinkan suatu perusahaan / organisasi dapat berkembang di masa yang akan depan.

D. Threats (T)
Adalah analisis ancaman, ialah menganalisis tantangan / ancaman yang  dihadapi oleh suatu perusahaan / organisasi untuk dapat menghadapi berbagai macam faktor lingkungan yang menyebabkan kemunduran pada suatu organisasi / perusahaan. 

Manfaat analsis SWOT

Metode analisis SWOT dapat dianggap ialah sebagai metode analisis yang paling dasar, yang berfungsi  untuk dapat melihat  topik / suatu permasalahan dari 4 komponen sisi yang berbeda. Hasil dari analisa SWOT biasanya ialah berupa arahan /  rekomendasi untuk dapat mempertahankan kekuatan serta untuk dapat menambah keuntungan dari segi peluang yang ada, yang pastinya sekalian mengurangi kekurangan dan  menghindari ancaman yang ada. Apabila analisis SWOT ini digunakan dengan benar, analisis tersebut akan membantu untuk dapat melihat sisi-sisi yang missing / terlupakan .  Analisis SWOT ini berperan ialah sebagai alat untuk dapat meminimalisasi kelemahan yang ada didalam suatu perusahaan /  organisasi dan juga menekan dampak ancaman yang timbul yang harus dihadapi.

Langkah-Langkah Penerapan Analisis SWOT

Analsis SWOT dapat dibagikan dalam 5  langkah:
  1. Menyiapkan sesi SWOT.
  2. Mengidentifikasi kekuatan & kelemahan.
  3. Mengidentifikasi kesempatan & ancaman.
  4. Melakukan ranking terhadap kekuatan & kelemahan.
  5. Menganalisis kekuatan & kelemahan
NOTE:
Analisis SWOT ini bukanlah akhir dari suatu proses. Untuk dapat memanfaatkan sepenuhnya anda perlu untuk menentukan rencana tindak lanjut. karna analisis SWOT ini cenderung berdasarkan pada "pendapat" serta  indikator-indikator kualitatif yang belum tentu  "kenyataan".
Sekian dan terima kasih sudah membaca mengenai Pengertian Analisis SWOT , Manfaat Analisis Swot , Langkah-langkah Analisis SWOT , semoga dapat bermanfaat untuk para pembaca pendidikanku. 

Baca Juga

No comments:
Write komentar

Blog Archive