Pengertian Simbiosis Terlengkap

Pengertian Simbiosis dan Macam Simbiosis

Pengertian Simbiosis dan Macam-Macam Simbiosis Terlengkap - Pengertian Simbiosis  -  Pada kesempatan ini kembali Pendidikanku akan membahas mengenai apa pengertian simbosis , macam jenis simbosis ,  Kata simbiosis itu sendiri berasal dari bahasa Yunani yang asalmula katanya itu dari kata " sym " yang berartikan dengan serta biosis yang berartikan kehidupan.

Simbiosis merupakan suatu hubungan timbal balik diantara 2 makhluk hidup yang saling berdampingan atau berinteraksi.Simbiosis adalah pola interaksi yang erat diantara dua organisme yang berlainan jenis, sedangkan simbion merupakan sebutan bagi makhluk hidup yang melakukan simbiosis.
Pengertian Simbiosis
Pengertian Simbiosis

Macam-macam Simbosis

Macam-Macam Simbiosis - Simbios terdiri atas beberapa bentuk antara lain ialah sebagai berikut :

1. Simbiosis Komensalisme
2. Simbiosis Parasitisme
3. Simbiosis Mutualisme
4. Simbiosis Netralisme
5. Simbiosis Amensalisme
6. Simbiosis Kompetisi

Pengertian Simbosis Komensialisme 

Pengertian Simbiosis Komensalisme - Secara umum Pengertian Simbiosis Komensalisme merupakan suatu pola interaksi yang erat serta khusus diantara 2 makhluk hidup yang berlawanan jenis yangmana pada salah satu pihak itu di untungkan serta pihak yang lainnya tidak di rugikan serta tidak diuntungkan. Secara terpisah, pengertian simbiosis merupakan suatu pola interaksi yang erat serta khusus antara dua pihak yang berlawanan jenis.

Simbiosis Komensalisme
Simbiosis Komensalisme


Contoh-Contoh Simbiosis Komensalisme Pada Hewan dan Tumbuhan

Berikut ini merupakan beberapa contoh simbiosis komensalisme baik pada hewan maupun dengan tumbuhan :

1. Contoh Simbiosis Komensalisme Udang dan Mentimun Laut
Udang mendapatkan suatu keuntungan dengan menunggangi hewan yang cepat dan jugabesar misalnya mentimun laut untuk dapat mengambil sisa-sisa makanan.
Mentimun laut tersebut tidak dirugikan atau diuntungkan mengenai keberadaan si udang.

2. Contoh Simbiosis Komensalisme Tumbuhan Paku dan Tanaman Jati
Tumbuhan paku mendapatkan suatu keuntungan dengan hidup epifit (menempel) pada tanaman jati
Sedangkan pada tumbuhan jati tidak akan berpengaruh apapun, baik itu diuntungkan ataupun juga dirugikan.

Pengertian Simbosis Parasitisme

Berbeda dengan Simbosis Komensialisme dikarenakan Secara umum Pengertian Simbiosis Parasitisme adalah suatu pola interaksi yang erat serta khusus diantara 2 makhluk hidup yang berlainan jenis yang 1 mendapat keuntungan dan yang 1 nya lagi mendapatkan kerugian.

Simbiosis Parasitisme
Simbiosis Parasitisme


Contoh-Contoh Simbiosis Parasitisme

1. Contoh Simbiosis Parasitisme Kutu dan Hewan ia tinggal
Kutu akan menghisap dari hewan yang ia tempati untuk tinggal. Sedangkan bagi hewan tersebut akan mendapatkan kerugikan disebabkan karena tubuhnya merasa gatal.

2. Contoh Simbiosis Parasitisme Cacing Tambang dan Manusia
Cacing tambang hidup didalam usus manusia itu berbeda, cacing tambang akan sangat merugikan disebabkan karena cacing tambang akan menyebabkan penyakit. Cacing tambang akan menyerap darah manusia ialah sebagai makanan. Sedangkan manusia dirugikan disebabkan karena kekurangan darah.

Pengertian Simbosis Mutualisme

Secara Umum, Pengertian Simbiosis Mutualisme merupakan suatu interaksi yang erat serta khusus diantara 2 makhluk hidup yang berbeda jenis namun tetapi akan saling menguntungkan bagi kedua pihak.

Simbiosis Mutualisme
Simbiosis Mutualisme


Contoh-Contoh Simbiosis Mutuliasme Pada Hewan dan Tumbuhan

1. Contoh Simbiosis Mutualisme antara Bunga dan Lebah
  • Hubungan bunga dan lebah , yangmana lebah akan memperoleh makanan yang berasal dari bunga berupa sari bunga. 
  • Bunga pun akan dibantu oleh lebah tersebut dalam proses penyerbukan 
2. Contoh Simbiosis Mutualisme antara Ikan Badut dan Anemon Laut
  • Ikan badut akan dapat bersembunyi di anemon laut apabila pemangsa datang serta tidak hanya itu ikan badut akan juga mendapatkan makanan berupa suatu parasit pada anemon laut.
  • Hal yang sama juga akan dirasakan oleh anemon laut, disebabkan karenaa anemon laut juga dilindungi oleh ikan badut , saling melindungi dari pemangsa serta parasit yang mengganggu anemon laut akan dimakan oleh ikan badut tersebut.

Pengertian Simbiosis Netralisme

Secara umum , Pengertian Simbiosis Netralisme , Simbiosis netralisme, yang mana pada kedua pihak tidak saling diuntungkan ataupun dirugikan. initnya Interaksi diatara kedua spesies tersebut tidak menyebabkan keuntungan ataupun kerugian bagi keduanya.

Simbiosis Netralisme
Simbiosis Netralisme


Contohnya adalah sebagai berikut :
  • Burung hantu merupakan kelompok burung yang merupakan golongan dalam ordo Strigiformes. Burung tersebut termasuk golongan burung buas (karnivora, pemakan daging) serta merupakan hewan malam (nokturnal). Seluruhnya, terdapat sekitar 222 spesies yang telah diketahui, yang menyebar di seluruh dunia kecuali Antartika, sebagian besar Greenland, dan beberapa pulau-pulau terpencil.


Pengertian Simbiosis Amensalisme

Pada dasarnya Simbiosis Amensalisme, merupakan saat dimana salah satu pihak dirugikan dan di pihak lainnya itu tidak diuntungkan serta dirugikan.

Simbiosis Amensalisme
Simbiosis Amensalisme

Contoh simbiosis amensalisme merupakan pohon walnut. Tumbuhan tersebut menghasilkan senyawa alelopati sehingga apabila diperhatikan engan secara cermat, pada sekitar pohon tersebut tak ada tumbuhan lain yang dapat tumbuh dan juga berkembang dengan baik disebabkan karena dihambat oleh senyawa alelopati si pohon walnut tersebut. 

Pengertian Simbiosis Kompetisi

Secara umum , pengertian Simbiosis Kompetisi, yangmana kedua pihak akan sama saling merugikan, biasanya terjadi dengan melalui adanya kompetisi (persaingan) dalam memperebutkan makanan.

Simbiosis Kompetisi
Simbiosis Kompetisi

Kompetisi tersebut terbagi ke dalam 2 kelompok, antara lain ialah sebagai berikut :

1. Kompetisi intraspesifik : terjadi pada individu-individu yang didalamnya itu termasuk dalam satu spesies yang sama. Misalnya ialah pada kompetisi yang terjadi diantara kambing-kambing didalam suatu populasi untuk memperoleh suatu makanan berupa rumput yang merupakan makanan.

2. Kompetisi interspesifik : merupakan suatu kompetisi yang terjadi pada individu-individu yang berlainan spesies atau jenis . Kompetisi tersebut terjadi apabila dua maupun lebih populasi menempati niche yang sama didalam suatu wilayah yang sama serta  mempunyai kebutuhan hidup sama. Misalnya ialah pada kompetisi antara kambing serta kerbau dalam memperoleh rumput yang merupakan makanan.


Baca Juga

No comments:
Write komentar

Blog Archive