Pengertian Abstrak Dalam Tulisan Beserta Contohnya

Pengertian Tulisan Abstrak

Pengertian Abstrak - Pengertian Abstrak dalam suatu tulisan , Pengertian Abstrak merupakan suatu gambaran yang universal tentang suatu kegiatan penelitian yang dibuat dengan secara ringkas. Secara umum abstrak tersebut terdiri dari 150 sampai 200 kata. Tentu saja batasan tersebut tidak bersifat mutlak.

Abstrak yang memiliki makna ialah sebuah paragraph yang mencakup maupun ringkasan awal dari suatu laporan maupun tulisan ilmiah. Berikut ini akan dijelaskan secara lebih lanjut tentang definisi Abstrak, jenis-jenis abstrak, serta bagaimana abstrak seharusnya itu ditulis.

Pengertian Abstrak, menurut pengertian American National Standards Institute pada 1979 mengenai abstrak, definisi abstrak merupakan suatu representasi dari isi dokumen yang singkat serta tepat. Sedangkan menurut definisi umum, abstrak tersebut merupakan suatu bentuk ringkas dari isi suatu dokumen yang terdiri dari bagian-bagian penting dari suatu tulisan, serta mendeskripsikan isi dan juga cakupan dari tulisan. 

Pengertian Abstrak
Abstrak


Abstrak berfungsi untuk menjelaskan secara singkat kepada pembaca tentang apa yang terdapat dalam suatu tulisan. Pada dasarnya abstrak tersebut diletakkan pada bagian awal sebelum bab-bab penguraian.

2 konsep utama didalam membuat tulisaan abstrak:

  1. Conciseness
  2. Significance

Fungsi atau Tujuan abstrak

Pengertian Abstrak Dalam Tulisan Beserta Contohnya - Current awareness adalah memudahkan para pembaca untuk bisa mendapatkan informasi terbaru mengenai suatu bidang yang diminati, tanpa harus membaca seluruh isi dokumen tersebut

Fungsi Abstrak ialah untuk memberikan gambaran kepada si pembaca tentang isi laporan yang akan dibacanya terseut. Penulisan abstrak tersebut menjadi sangat penting dikarenakan isi abstrak tersebut akan mempengaruhi pembaca untuk dapat memutuskan apakah ia akan membaca laporan tersebut atau sebaliknya .

Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam membuat tulisan Abstrak

Didalam menyusun maupun menulis sebuah tulisan abstrak, perlu diperhatikan hal-hal seperti berikut ini :

  1. Tujuan (Purpose)
  2. Cakupan (Scope)
  3. Metode (Method)
  4. Hasil (result)
  5. Rekomendasi (recommendations)
  6. Kesimpulan (conclusions)

Contoh Tulisan Abstrak

Berikut ini merupakan contoh tulisan abstrak, antara lain ialah sebagai berikut :

ABSTRAK
DAVID ALBERT NAPITUPULU/1261003/2015/PENGARUH ATRAKSI LUMBA-LUMBA SEBAGAI DAYA TARIK WISATA UNTUK MENINGKATKAN WISATAWAN DITELUK KILUAN KABUPATEN TANGGAMUS/PERHOTELAN/PARIWISATA/
2012-2015

Objek Penelitian dilakukan di kantor Dinas Pariwisata Ekonomi Kreatif Bandar lampung yang terletak di jalan Jenderal Sudirman No.29 Kota Bandar Lampung, 35118 , dan membuat penelitian di teluk kiluan yan merupakan destinasi warga yang indah yang merupakan salah satu icon pariwisata di Provinsi Lampung Tepatnya  Teluk kilauan tersebut berada pada Desa Kiluan , Kabupaten Tanggamus pada Provinsi Lampung , kurang lebih 80 km dari Bandar Lampung dengan jarak tempuh 3-4 jam. Teluk Kiluan tersebut sangat cocok buat para Wisatawan yang menyukai ataupun gemar berpetualang air . Topografinya yang berbukit serta juga berlembah itu sangant menarik untuk dijelajahi. Perjalanan menuju Teluk Kiluan sudah merupakan tantangan tersendiri bagi Wisatawan. Yang perlu di ketahui penduduk yang berada dikawasan pantai kiluan itu terdiri dari 3 suku yang berbeda yakni Bali, Jawa dan Lampung. 

Permasalah yang diteliti itu terdapat salah satunya pada akses jalan untuk menuju ke teluk kiluan cukup sulit untuk dilewati dikarenakan jalan kurang baik dan juga petunjuk arah yang kurang jelas serta cukup sulit untuk mencari lokasi untuk sekedar makan ataupun istirahat.

Metode penelitian yang dilakukan di pantai teluk kiluan merupakan salah satu pantai yang terdapat di lampung dan memiliki pemandangan tersendiri dan juga icon lumba-lumba yang sangat memuaskan dan indah untuk dilihat , serta sekarang terdapat villa atau penginapan , jadi para wisatawan dapat beristirahat dengan nyaman , aman ,tentram dan juga dapat menikmati semua fasilitas yang terdapat pada pantai teluk kiluan.

Hasil penelitian yang dilakukan oleh si penulis memang benar-benar adanya lumba-lumba yang mana merupakan salah satu icon pada pantai teluk kiluan, walaupun tidak semua wisatawan dapat melihat atraksi lumba-lumba dikarenakan dikarenakan tidak setiap jam lumba-lumba tersebut dapat menampakan diri kepermukaan pantai oleh karena itu biasanya terdapat jam-jam tertentu untuk dapat melihat atraksi lumba-lumba tersebut.

Sekian dan terimakasih sudah membaca mengenai pengertian tulisan abstrak semoga dapat bermanfaat untuk anda , salam hangat dari Pendidikanku. :)


EmoticonEmoticon