Pengertian Sistem Informasi Terlengkap

Tags

Pengertian Sistem Informasi

Pengertian Sistem Informasi - Pada Kesempatan ini Pendidikanku akan Membahas mengenai pengertian Sistem Informasi (SI) merupakan suatu kombinasi dari teknologi informasi serta  aktivitas orang yang menggunakan teknologi tersebut untuk dapat mendukung operasi serta manajemen. Dalam arti yang sangat luas, istilah dari sistem informasi yang sering digunakan itu merujuk kearah interaksi antara orang, proses algoritmik, data, serta teknologi. Dalam pengertian ini, istilah tersebut digunakan untuk merujuk tidak hanya kepada sipenggunaan organisasi teknologi informasi serta komunikasi (TIK), namun tetapi juga untuk cara dimana orang berinteraksi dengan teknologi tersebut dalam mendukung proses bisnis. 

Ada yang membuat suatu perbedaan yang jelas diantara sistem informasi, dan komputer sistem TIK, serta proses bisnis. Sistem informasi yang berbeda dari teknologi informasi(TI) didalam sistem informasi biasanya terlihat ialah seperti mempunyai komponen TIK. Hal itu terutama berhubungan dengan tujuan pemanfaatan teknologi informasi(TI). Sistem informasi tersebut juga berbeda dari proses bisnis. Sistem informasi itu membantu untuk dapat mengontrol kinerja proses bisnis.


Alter mengemukakan pendapatnya untuk sistem informasi ialah sebagai tipe khusus dari sistem kerja. Sistem kerja merupakan suatu sistem yangmana manusia dan/atau mesin itu melakukan pekerjaan dengan menggunakan sumber daya untuk da[at memproduksi suatu produk tertentu dan/atau jasa bagi pelanggan. Sistem informasi (SI) merupakan sebuah sistem kerja yang kegiatan/aktivitasnya ditujukan untuk dapat melakukan pengolahan (menangkap,menyimpan, mengambil, memanipulasi  transmisi,dan menampilkan) informasi.

Pengertian Sistem Informasi TerlengkapDengan demikian, sistem informasi antar-berhubungan dengan sistem data pada satu sisi dan sistem aktivitas pada sisi lain. Sistem informasi (SI) merupakan sebuah bentuk komunikasi sistem yang mana data yang mewakili serta diproses ialah sebagai bentuk dari memori sosial. Sistem informasi tersebut juga dapat dianggap ialah sebagai bahasa semi formal yang mendukung manusia didalam pengambilan keputusan serta tindakan.

Sistem informasi adalah fokus utama dari studi untuk disiplin sistem informasi serta organisasi informatika.

Sistem informasi (SI) merupakan gabungan yang terorganisasi dari manusia, perangkat lunak, perangkat keras, jaringan komunikasi serta sumber data didalam mengumpulkan, mengubah, serta menyebarkan informasi didalam suatu organisasi.

Sistem informasi (SI) merupakan sebuah sistem didalam organisasi yang mempertemukan suatu kebutuhan pengolahan transaksi harian, mendukung suatu operasi, memiliki sifat manajerial serta kegiatan/aktivitas strategi dari organisasi serta menyediakan dari pihak luar dengan adanya laporan yang dibutuhkan.

Sistem informasi  merupakan kumpulandari  sub-sub  sistem baik phisik ataupun non phisik yang  saling berkaitan satu sama  lain serta bekerja  sama dengan secara harmonis untuk mencapai satu tujuan yakni mengolah data menjadi informasi yang bermanfaat.

Komponen Sistem Informasi

Komponen prosedur didalam Sistem Informasi berkaitan dengan prosedur manual serta prosedur berbasis komputer dan juga standar untuk dapat mengolah data menjadi informasi yang berguna. Suatu prosedur merupakan urutan langkah yang dilakukan untuk dapat menyelesaikan satu atau lebih kegiatan atau aktifitas pengolahan informasi. Pengolahan informasi tersebut dapat dikerjakan dengan pengguna, maupun kombinasi pengguna serta staf Teknik Informasi. Suatu bisnis itu terdiri atas bermacam-macam prosedur yang digabungkan dengan secara rasional untuk dapat membentuk sebuah sistem. ialah Sebagai contoh sistem yang umumnya terdapat dalam suatu organisasi merupakan sistem penggajian, personalia, akuntansi, serta gudang. Hal ini terdiri dari komputer, instruksi, fakta yang tersimpan, manusia serta prosedur.

Sistem Informasi dapat dikategorikan didalam 4 bagian , antara lain ialah sebagai berikut:
  1. Sistem Informasi Manajemen
  2. Sistem pendukung keputusan
  3. Sistem Informasi Eksekutif
  4. Sistem Pemrosesan Transaksi

untuk lebih mengerti mengenai Pengertian Sistem informasi tersebut berikut ini merupakan mengenai ulasan secara rinci mengenai Sistem informasi

Pengertian Sistem

Pengertian Sistem Informasi - sistem sangatlah dibutuhkan didalam suatu organisasi , perusahaan maupun instansi pemerintahan , disebabkan karena sistem tersebut sangatlah menunjang terhadap suatu kinerja organisasi ,perusahaan maupun instansi pemerintah, baik itu dalam skala kecil ataupun besar. 

Berikut ini merupakan pendapat yang mendefinisikan mengenai pengertian sistem,antara lain ialah sebagai berikut :

Jogiyanto,2005 menggemukakan pendapatnya mengenai pengertian sistem , Sistem merupakan suatu jaringan kerja dari prosedur-prosedur yang saling berkaitan, berkumpul bersama-sama untuk dapat melakukan suatu kegiatan/aktivitas atau untuk dapat menyelesaikan sasaran yang tertentu”. 

Edhy Sutanta, 2009 menyatakan pendapatnya mengenai pengertian sistem,  Istilah sistem secara umum bisa didefinisikan ialah sebagai kumpulan hal /elemen yang saling bekerja sama ataupun yang dihubungkan dengan cara-cara tertentu sehingga akan dapat membentuk satu kesatuan untuk dapat melaksanakan suatu fungsi dalam mencapai suatu tujuan. Sistem tersebut memiliki karakteristik maupun sifat – sifat tertentu, yakni : 

  1. Komponen Sistem,
  2. Batasan Sistem,
  3. Lingkungan Luar Sistem, 
  4. Penghubung Sistem,
  5. Masukan Sistem,
  6. Keluaran Sistem,
  7. Pengolahan Sistem 
  8. Sasaran Sistem 

Untuk lebih lanjut mengenai Pengertian Sistem dapat anda baca di 27 Pengertian Sistem Menurut Para Ahli

Pengertian Informasi

Pengertian Sistem Informasi - Informasi merupakan suatu data yang diolah menjadi bentuk yang lebih bermanfaat dan juga lebih berarti bagi yang menerima data tersebut .Sumber dari informasi merupakan data. Data adalah bentuk jamak dari bentuk tunggal datum /data item. Data merupakan kenyataan yang menggambarkan suatu kejadian-kejadian serta kesatuan nyata. Jogiyanto,2005

Edhy Sutanta, 2009 ,Kegunaan informasi ialah untuk dapat mengurangi ketidakpastian di dalam suatu proses pengambilan keputusan mengenai suatu keadaan. Suatu informasi itu dikatakan bernilai apabila manfaatnya itu lebih efektif dibandingkan dengan biaya untuk bisa mendapatkan informasi tersebut. Kualitas dari informasi itu sangat dipengaruhi /ditentukan oleh beberapa hal yakni : 

  1. Relevan (Relevancy),
  2. Akurat (Accurancy),
  3. Tepat waktu (Time liness),
  4. Ekonomis (Economy),
  5. Efisien (Efficiency),
  6. Ketersediaan (Availability),
  7. Dapat dipercaya (Reliability),
  8. Konsisten 

Pengertian Sistem Informasi

Pengertian Sistem Informasi - Sistem informasi yang dikemukakan menurut para ahli yakni oleh Robert A. Leitch serta K. Roscoe Davis merupakan suatu sistem didalam suatu organisasi yang mempertemukan suatu kebutuhan pengolahan transaksi harian, mendukung suatu operasi, yang bersifat manajerial serta kegiatan strategi dari suatu organisasi serta menyediakan pihak luar tertentu dengan adanya laporan  yang dibutuhkan.


Sistem informasi adalah suatu perkumpulan data yang terorganisasi dan juga tatacara penggunaanya yang mencangkup lebih jauh dibandingkan  sekedar penyajian. Istilah itu memaksudkan suatu tujuan yang ingin dicapai ialah dengan jalan memilih serta mengatur data dan juga menyusun tatacara bagi penggunaanya.

Keberhasilan sistem informasi itu  diukur dengan berdasarkan maksud dari pembuatanya itu tergantung pada 3 faktor utama, yakni  : 

  1. keserasian dan mutu data, 
  2. pengorganisasian data, 
  3. tatacara penggunaanya.

untuk dapat memenuhi permintaan penggunaan tertentu, maka struktur serta cara kerja sistem informasi berbeda-beda tergantung dari macam keperluan maupun macam permintaan yang harus dipenuhi. Suatu persamaan yang menonjol adalah sistem informasi itu menggabungkan berbagai bermacam-macam data yang dikumpulkan dari berbagai sumber. Untuk bisa  menggabungkan data yang berasal dari bermacam-macam sumber suatu sistem alih rupa (transformation) data sehingga akan jadi tergabungkan (compatible). Berapa pun ukurannya serta apapun ruang lingkupnya dari suatu sistem informasi perlu mempunyai ketergabungan (compatibility) data yang disimpannya ,Hanif Al Fatta, 2009

Menurut Sutabri 2005:42, sistem informasi (SI) merupakan suatu sistem didalam suatu organisasi yang membaurkan suatu kebutuhan pengolahan transaksi harian yang akan mendukung fungsi operasi organisasi yang sifatnya itu manajerial dengan kegiatan strategi dari suatu organisasi untuk bisa menyediakan kepada pihak luar tertentu dengan adanya laporan yang dibutuhkan .

Berdasarkan pendapat-pendapat yang dikemukakan menurut para ahli di atas dapat disimpulkan bahwa sistem informasi (SI) merupakan  sekumpulan prosedur organisasi yang dilaksanakan untuk dapat mencapai suatu tujuan yakni memberikan informasi bagi pengambil keputusan serta untuk mengendalikan organisasi, perusahaan , maupun instansi pemerintahan.

Informasi didalam lingkup sistem informasi mempunyai beberapa ciri  yakni :

  • a. Baru, informasi yang didapat sama sekali baru serta segar bagi si penerima.
  • b. Tambahan, informasi bisa memperbaharui/memberikan tambahan pada informasi yang sudah ada.
  • c. Korektif, informasi bisa menjadi suatu koreksi dari informasi yang salah sebelumnya.
  • d. Penegas, informasi bisa mempertegas informasi yang sudah ada.
Sekian dan Terimakasih sudah membaca mengenai Pengertian Sistem Informasi Menurut para Ahli , Semoga dapat bermanfaat untuk anda , salam hangat dari pendidikanku

2 komentar


EmoticonEmoticon