Pengertian beserta Contoh Laporan Perjalanan Terbaru

Contoh Laporan Perjalanan (Tour)

Pengertian Laporan perjalanan - Pada kesempatan ini pendidikanku akan membahas mengenai contoh laporan perjalanan , pengertian laporan perjalan menurut  Juhara (dalam Wardani 2008) menyatakan bahwa laporan perjalanan adalah salah satu bentuk laporan yang berisikan kegiatan /aktivitas seseorang maupun kelompok di dalam melakukan perjalanan ke suatu daerah (tempat )yang dikunjunginya.

 Soegito (dalam Wardani 2008) menggemukakan pendapatnya bahwa laporan perjalanan tersebut harus berdasarkan dengan pengamatan,  pengalaman, serta observasi langsung di daerah(tempat) tertentu yang dikunjungi.

Pengertian beserta Contoh Laporan Perjalanan Terbaru 2015
Laporan Perjalanan

         
 Berdasarkan 2 pendapat mengenai laporan perjalana, dapat disimpulkan bahwa laporan perjalanan merupakan suatu laporan yang didalamnya berisikan kegiatan/aktivitas seseorang didalam melakukan perjalanan ke suatu daerah (tempat) yang didasarkan dengan adanya pengamatan, pengalaman, serta observasi langsung terhadap objek yang dikunjungi. Laporan perjalanan tersebut dapat berisikan persiapan sebelum perjalanan dilakukan, kegiatan selama perjalanan berlangsung, dan juga tujuan yang didapat sesudah perjalanan tersebut berlangsung.

contoh laporan Perjalanan

=======================================================================================

Kata Pengantar

Puji  dan syukur kami panjatkan kehadirat Tuhan YME karena berkat,rahmat serta karuniaNya kami dapat pergi dan pulang denga selamat dari Perjalanan kami dan berhasil untuk menyelesaikan Laporan Perjalanan (Tour) yang dilaksanakan pada Hari Minggu, 09 Februari 2014.   

    Dalam laporan perjalanan ini kami akan menjelaskan mengenai kegiatan dan juga tempat yang menjadi tujuan.
Lewat laporan perjalanan ini juga kami mengucapkan banyak terima kasih khususnya kepada Guru-guru yang telah memberi kesempatan kepada kami untuk bisa melakukan perjalanan wisata ini, dan juga kepada orangtua kami yang sudah mengizinkan kami untuk bisa melakukan perjalanan wisata ini,  sehingga kegiatan atau aktivitas perjalanan wisata ini dapat berjalan dengan baik dan juga lancar tanpa ada hambatan.

Kami menyadari bahwa sepenuhnya didalam penulisan laporan ini masih banyak sekali kekurangan, Oleh karenanya  saran dan kritik yang membangun, sangatlah kami harapkan dari pembaca untuk menyempurnakan laporan perjalan  ini. 

Harapan kami, semogalaporan ini dapat diterima serta dimengerti bermanfaat bagi kami khususnya untuk pembaca.


Bandar Lampung, Agustus 2015


Penyusun/Tim Penyusun

Daftar Isi


Kata Pengantar …………………………….……………………………………...…..…. 1
Daftar Isi………………………………….……………………………………..…...……. 2

BAB I. Pendahuluan
A. Latar Belakang Masalah…………………………………………………………....... 3
B. Tujuan Laporan perjalanan…………………………………………………………...3
C. Manfaat Laporan Perjalanan ………………………………..……………………....3

BAB II. Pelaksanaan Kegiatan
A. Waktu…………………………………………………………………………………….4
B. Obyek…………………………………………………………………………………….4
C. Biaya………………………………………………………………………………...…..4
D. Perjalanan dan Hasil Kegiatan………………………………………………..…….4
  1. Pantai Pandawa…………………………....………………………………………6
  2. Pantai Teritis…………………….…………………………………………......…..8
  3. Candi Prambanan…………………..……………………………………………..11

BAB III. Penutup
3.1 Kesimpulan…………………………………………………………………….…….12
3.2 Saran……………………………………………………………………………….…12



BAB I
PENDAHULUAN

A.   LATAR BELAKANG MASALAH

       Pantai Pandawa merupakan salah satu pantai pasir putih di pulau dewata, Bali yang wajib untuk dikunjungi. Pantai Pandawa terletak di Desa Kutuh, Kabupaten Badung serta lebih terkenal dikalangan wisatawan mancanegara khususnya bagi Australia dengan nama secret beach. Sedangkan untuk masyarakat lokal lebih mengenal dengan sebutan pantai Kutuh.

                                    

Saat ini, Pantai Pandawa Kutuh, tidak lagi dipadapati oleh wisatawan asing malahan yang berwisata di pantai Pandawa Kutuh itu dipadati denga wisatawan domestik. Kami mengunjungi banyak sekali tempat-tempat salah satu tempat pantai pandawa . Kami melakukan perjalanan ini dalam rangka Study tour .

Kunjungan ke pantai pandawa kutuh ini dilaksanakan pada tanggal 01 Agustus 20145. Adapun tempat yang kami kunjungi yakni pantai teritis, candi prambanan . Selain dari itu,kegiatan/ aktivita kunjungan ini dimaksudkan ialah untuk dapat menambah wawasan dan pengetahuan dan juga pengalaman.

Selama ini kami hanya mendapat ilmu pengetahuan dari internet tanpa melakukan pengamatan , pengalaman secara langsung . kita ambil satu contoh , siswa/i yang mendapatkan pelajaran sejarah namun tetapi itu hanya dari buku , guru dan juga internet  namun mereka tidak melihat dan melakukan pengamatan secara langsung, dan dengan karena adanya perjalanan ini maka kami akan dapat langsung melakukan pengamatan dan pengalaman secara langsung.

B. TUJUAN LAPORAN PERJALANAN (TOUR)

Tujuan dari laporan perjalanan ini ialah untuk menambah wawasan ,pengetahuan,pengalaman,pengamatan mengenai pantai pandawa dan objek-objek wisata lainya.

C. MANFAAT LAPORAN PERJALANAN (TOUR)
  1. Untuk menambah wawasan dan juga pengetahuan.
  2. Untuk dapat memberikan pengalaman yang nyata.
  3. Untuk dapat melihat keindahan yang diciptakan Tuhan YME.
BAB II
PELAKSANAAN KEGIATAN

A. Waktu

Dilaksanakan pada:
Hari      : Senin 
Tanggal: 01 Agustus 2015 - 10 Agustus 2015 
Jam       : 09.00 WIB

B. Obyek
  1. Pantai Pandawa
  2. Pantai Teritis
  3. Candi Prambanan
C. Biaya

Biaya dalam melakukan perjalanan ini sebesar Rp. 3.000.000 / orang, dengan rincian sebagai berikut:
  1. Transportasi (Nominal)
  2. Makan dan Minum (Nominal)
  3. Penginapan (Nominal)
  4. Tiket masuk (Nominal)
  5. dll
D. Perjalanan dan Hasil Kegiatan

Tepat pada pukul 07.30  WIB kami berkumpul di lokasi pertemuan . Sebelum kami berangkat, kami melakukan diskusi dan tidak lupa kami panjatkan doa sebelum berangkatn . kemudian setelah selesai berdiskusi kami beramai-ramai menuju daerah(tempat) tujuan. Kami pergi ke daerah(tempat tujuan dengan menggunakan bus  . Pada saat diperjalanan, kami sangat menikmati sambil mendokumentasikan dalam bentuk video , kami melihat pemandangan dan juga bernyanyi . 

Dan pada saat kami sampai ke daerah(tempat ) kami yakni Pantai Pandawa  . kemudian kami beristirahat di penginapan yang kami sewa sebelumnya , yang setelah itu disusul dengan kegiatan/aktivitas kami di pantai pandawa tersebut yang berjarak 10 kilometer dari penginapan yang kami sewa. 

Karena jalan untuk menuju pantai di desa Kutuh itu, berliku-liku serta pada saat memasuki daerah kemacetan, terutama pada di daerah wisata GWK Jimbaran. maka kami mengunakan jasa Bali sewa mobil serta supir. Maka supir akan dengan senang hati untuk mengantar anda ke pantai Kutuh. 

Untuk memasuki kawasan pantai pandawa Kutuh itu, kami kemudian harus melewati sebuah jalan yang diapit dengan tebing batu yang terjal, di tebing terjal tersebut terdapat patung dari Panca Pandawa, Oleh karena itu dinamakan dengan Pantai Pandawa.


Rentang dari pantai tersebut adalah sekitar 1 kilometer, dengan dibatasi dengan tebing kapur membuat pantai tersebut sangat diminati oleh para wisatawan, Jalan untuk menuju pantai sudah di aspal, serta tempat parkir juga tersedia dengan luas.

Hampir pada semua tempat wisata di daerah Bali  di kenakan biaya tiket masuk. Harga tiket masuk per orang ialah Rp 5.000 serta masih dikenakan parkir per mobil, yakni  Rp 5.000.

(Note di jelaskan secara lengkap dan jelas)


BAB III
PENUTUP

A. Kesimpulan
Perjalanan kami ini memang sangat melelahkan dan juga mengasikan, namun dibalik dari itu semua terdapat sebuah pengalaman yang tidak akan pernah untuk kami lupakan . Dari penulisan laporan ini,penulis bisa menyimpulkan bahwa obyek-obyek wisata di Negara Indonesia ini sangat beraneka ragam.Dan sebagai warga negara yang baik, sudah sepantasnya untuk kita dapat menjaganya supaya  tetap lestari serta wisatawan domestik atau mancanegara dapat merasakan keindahan di Indonesia.

B. Saran
Dengan segala kekurangan/keterbatasan yang ada, penyusun menyadari bahwa laporan perjalanan ini masih sangatlah jauh dari kata sempurna.Oleh sebab itu,kritik serta saran yang membangun akan sangat kami harapkan.
=======================================================================================

Baca juga mengenai Contoh Proposal Kewirausahaan dan juga Contoh Proposal Dana kegiatan


Sekian dan terimakasih sudah membaca mengenai pengertian laporan perjalanan beserta Contoh Laporan perjalanan terbaru 2015 , Semoga dapat bermanfaat untuk anda , salam hangat dari pendidikanku

1 Response to "Pengertian beserta Contoh Laporan Perjalanan Terbaru"