Pengertian Riset Operasi Dan Definisi Riset Operasi

Pengertian Riset Operasi

Pengertian Riset Operasi Dan Definisi Riset Operasi - Riset Operasi mencakup 2 kata yakni riset yang harus menggunakan metode ilmiah  serta operasi berhubungan dengan suatu proses  (proses produksi, proses pengiriman barang atau militer atau senjata, proses pemberian pelayanan dengan melalui suatu antrian yang panjang).

Definisi lain menurut Operation Research Society Of America (ORSOF), Riset Operasi tersebut berkaitan dengan adanya pengambilan keputusan dengan secara ilmiah dan juga bagaimana membuat suatu model yang baik didalam merancang serta menjalankan sistem yang dengan melalui alokasi sumber daya yang terbatas.

Riset Operasi
Riset Operasi


Definsi riset operasi Menurut Operation Research Society Of Great Britain (MORSOGB), Riset Operasi adalah suatu penerapan metode-metode ilmiah didalam suatu masalah yang komplek dan merupakan suatu pengolahan sistem manajemen yang besar, baik itu menyangkut manusia, mesin, bahan serta uang dalam suatu indutri, bisnis, pemerintahan dan juga pertahanan.

Pendekatan tersebut menggabungkan dan juga menerapkan metode ilmiah yang sangat komplek didalam pengolahan manajemen dengan menggunakan faktor-faktor produksi yang terdapat dan digunakan dengan secara efisien serta efektif untuk dapat membantu pengambilan suatu keputusan dalam kebijakan suatu perusahaan.

Model-Model Dalam Riset Operasi

Model dalam riset operasi adalah suatu penyerderhanaan dari suatu permasalahan yang kompleks menjadi lebih sederhana lagi. Berikut ini merupakan beberapa klasifikasi model didalam riset operasi ialah sebagai berikut:

1. Model Iconic (Psychical)

Model iconic adalah suatu model yang bentuk penyajiannya itu berupa fisik dari apa yang sudah ada, misalkan buku, meja dan lain sebagainya. Model tersebut dapat diamati, diraba, dan  dijelaskan, namun tetapi sulit untuk dapat dimanipulasi.

2. Model Analog

Model analog mempunyai kelebihan dari model sebelumnya, didalam model analog ini suatu kondisi bisa dianalogikan dengan melalui ciri-ciri yang ada, misalnya ialah pada jam dinding yang menunjukan jarum jam yang paling pendek tersebut menandakan waktu jam, yang lebih panjang menunjukan itu menit serta yang bergerak tiap detiknya menunjukan detik.

3. Model Matematik

Model matematik menggunakan simbol-simbol matematika didalam penggunaannya. Terdapat 2 model matematik, yakni model deterministik (membahas dalam situasi yang pasti, misalnya 5+5=10) serta probablistik (membahas dalam situasi yang tidak pasti, misalnya apakah hari ini akan cerah?).

Teknik-teknik pemecahan masalah dalam riset operasi

Linier Programing

Pengertian Linear programming (program linier) adalah salah satu teknik penyelesaian dari riset operasi dalam hal tersebut adalah khusus menyelesaikan masalah-masalah optimasi (memaksimalkan atau juga meminimumkan) namun tetapi hanya terbatas pada masalah-masalah yang dapat diubah untuk menjadi fungsi linier. Demikian juga pada kendala-kendala yang ada dapat berbentuk linier.
Secara khusus:
Persoalan dalam program linier merupakan suatu persoalan untuk dapat menentukan besar dari masing-masing nilai variable (variable pengambilan suatu keputusan) sedemikian rupa sehingga nilai tersebut berfungsi tujuan atau objektif (objective function) yang linier menjadi optimum (maksimum atau juga minimum) dengan memperhatikan adanya pembatasan-pembatasan (kendala-kendala) yang ada yakni pembatasan ini harus dinyatakan dengan adanya ketidaksamaan yang linier (linear inequalities).

Metode Dualitas

Dengan Secara sitematis, dualitas adalah suatu alat bantu masalah Linier Programing, yang secara langsung dapat didefinisikandari persoalan aslinya (LP Primal).

Metode Transportasi

Metode transportasi adalah suatu metode yang digunakan untuk dapat mengatur distribusi dari sumber-sumber yang menyediakan suatu produk, ke tempat-tempat atau daerah yang membutuhkan, dengan secara optimal.

Teori Jaringan Kerja (Network Planning)

Teori jaringan kerja merupakan gabungan dari 2 tekhnik analisi, yakni Critical Path Method (CPM) serta Project Evaluation and Review Technique (PERT) yang digunakan ialah untuk  perencanaan, penjadwalan, pengawasan, serta pengambilan suatu keputusan terhadap proyek yang sedang berjalan.

Metode Simpleks

Metode simpleks merupakan suatu metode yang dengan secara matematis dimulai dari suatu pemecahan dasar yang feasibel (basic feasible solution) ke dalam pemecahan dasar feasibel lainnya serta dilakukan secara berulang-ulang (iteratif) sehingga pada akhirnya diperoleh pemecahan dasar yang optimum.
Metode grafikt tersebut tidak dapat menyelesaikan persoalan linear program yang mempunyai variabel keputusan yang cukup besar / lebih dari 2 , maka untuk menyelesaikannya digunakan Metode Simplex.

Tahap-Tahap Umum Dalam Riset Operasi

Terdapat 5 tahap didalam riset operasi, anatara lain:


  • 1. Merumuskan Masalah
    menggambarkan suatu permasalahan yang sedang dihadapi perusahaan. Didalam perumusan masalah ditentukan oleh variable keputusan  (apa yang bisa dikendalikan oleh perusahaan melalui sumber daya yang ada), tujuan (menentukan tujuan dari variabel keputusan yang sudah ada, apakah akan dapat memaksimalkan laba, meminummkan biaya), serta kendala (pembatas-pembatas yang dihadapi perusahaan untuk dapat mencapai tujuan itu, misalnya mesin, tenaga kerja, bahan baku dan lain sebagainya).
  • 2. Membentuk Model Matematis
    berguna untuk membuat permasalahan lebih jelas serta dimengerti dalam mengetahui hubungan yang saling berhubungan.
  • 3. Mencari Penyelesaian Masalah
    Dari alat analisis yang terdapat pada riset operasi dipilih alat mana yang digunakan untuk  dapat memecahkan masalah.
  • 4. Menguji Model
    Menguji model merupakan suatu proses pengecekan mengenai apakah model tersebut sudah mencerminkan dari apa yang diwakili. Model tersebut digunakan sebagai dasar dari pengujian validasi dengan membandingkan hasil masa lampau dengan hasil masa kini serta harus memberikan hasil yang sama.
  • 5. Melaksanakan Keputusan
    Langkah tersebut adalah langkah menjalankan suatu keputusan dengan sesuai dengan apa yang sudah dibuat pembuat keputusan. Dalam langkah ini sangat penting dikarenakan pelaksanaan keputusan memberikan bahwa permasalahan tersebut dapat diselesaikan dengan baik serta juga dapat memperbaiki kekurangan-kekurangan yang  ada.
Sekian dan Terimakasih sudah membaca mengenai Pengertian Riset Operasi , Definisi Riset operasi , Tahap-tahap dalam riset operasi , Teknik Pemecahan masalah dalam Riset Operasi , Semoga dapat bermanfaat untuk anda , salam hangat dari Pendidikanku

2 komentar


EmoticonEmoticon