Pengertian Demokrasi Menurut Para Ahli

Pengertian Hakikat Demokrasi

Pengertian Demokrasi Menurut Para Ahli - Pendidikanku.Net kali ini akan membahas mengenai Pengertian Hakikat demokrasi , Demokrasi secara bahasa itu berasal dari Bahasa yunani yakni , "demos" yang berartikan Rakyar atau Penduduk suatu tempat dan "Cratos" yang berartikan kekuasaan atau kedaulatan.

Jadi Secara bahasa demokrasi dapat diartikan ialah , keadaan negara yang dalam sistem pemerintahannya suatu kedaulatan berada di tangan rakyat , kekuasaan tertinggi berada dalam keputusan bermasama rakyat , rakyat yang berkuasa , pemerintah rakyat dan kekuasaan oleh rakyat.

Pengertian Demokrasi Menurut Para Ahli-Pendidikanku.Net
Pengertian Demokrasi Menurut Para Ahli

Pengertian Demokrasi Menurut Para Ahli

Pengertian Demokrasi Menurut Afan Gaffar , ialah memaknainya dengan dalam 2 bentuk yakni pemaknaan secara normatif dan empirik .

Demokrasi Normatik ialah demokrasi yang secara ideal hendak dilakukan oleh sebuah negara , Sedangkan demokrasi empirik adalah suatu semokrasi dalam perwujudannyapada dunia politik praktis .

Pengertian Demokrasi Menurut Sidney Hook , Menurut Sidney hook pengertian demokrasi adalah bentuk suatu pemerintahaan dimana keputusan-keputusan oemerintah yang penting secara langsung atau tidak langsung didasarkan ialah pada kesepakatan mayoritas yang diberikan secar bebas dari rakyat dewasa.

Pengertian Demokrasi Menurut A. Schmeter , Demokrasi adalah suatu perencanaan institusional untuk mencapai keputusan politik dimana individu-individu memperoleh kekuasaan untuk dapat memutuskan cara perjuangan kompetitif atas suara rakyat dewasa.

Macam-Macam Demokrasi

Pengertian Demokrasi Menurut Para Ahli - Macam-macam Demokrasi atau jenis-jenis Demokrasi , ialah sebagai berikut :

A. menurut cara penyaluran kehendak rakyat

menurut cara penyaluran kehendak rakyat , demokrasi dibedakan menjadi 2 macam yakni :
  1. Demokrasi Langsung
    Demokrasi langsung yang juga dikenal ialah sebagai demokrasi bersih , adalah rakyat mempunyai kebebasan secar mutlak untuk memberikan pendapatnya , dan semua aspirasi mereka akan dimuat dengan segera di didalam suatu pertemuan.
  2. Demokrasi Tidak Langsung
    Demokrasi tidak langsung ialah corak pemerintahan demokrasi tidak langsung dilakukan melalui badan perwakilan rakyat yang dipilih oleh rakyat dan bertanggung jawab kepada rakyat.

B.Menurut Prinsip Ideologi

Menurut prinsip ideologi , Demokrasi dibedakan menjadi sebagai berikut :
  1. Demokrasi Kontitusional
    Demokrasi Konstitusional adalah sistem politik yang melindungi secara kontiitusional hak-hak dari masing-masing individu dari kekuasaan pemerintah , Demokrasi konstitusional disebut juga dengan Demokrasi Liberal.
  2. Demokrasi Rakyat
    Demokrasi rakyak adalah demokrasi yang mengutamakan musyawarah mufakat tanpa oposisi. Demokrasi rakyai ini disebut juda demokrasi proleter. 
    Prinsip dalam demokrasi pcanscaila sedikit berbeda dengan pronsip demokrasi secara menyeluruh (universal) , ciri demokrasi pancasila ialah sebagai berikut :
    1.Pemerintah yang dijalankan dengan berdasarkan konstitusi.
    2.Adanya pemilu dengan secara berkesinambungan.
    3.Adanya Peran-peran kelompok berkepentingan.
    4.Adanya Penghargaan atas Hak Asasi Manusia serta juga perlindungan minoritas.
    5.Demokrasi Pancasila adalah kompetisi berbagai ide dan cara untuk menyelasaikan suatu masalah.

C. Menurut Sistem Pemerintahaan

Menurut Sistem Pemerintahaan , demokrasi dibedakan , ialah sebagai berikut :
  1. Demokrasi Sistem Parlementer
    Demokrasi Sistem Parlementer adalah suatu sistem pemerintah yang mana parlemen tersebut mempunyai peranan penting dalam suatu pemerintahaan.
  2. Demokrasi Sistem Presidensial
    Demokrasi Sistem Presidensial adalah suatu sistem pemerintah negara reoublik dimana kekuasaan eksektuif dipilih dengan melalui Pemilu dan terpisah dengan kekuasaan legislatif. Dalam Sistem ini Presidensial , mempunyai posisi yang relatif kuat dan tidak dapat dijatuhkan disebabkan karena rendah subjektif seperti rendahnya dukung politik , namun tetapi , masih terdapat mekanisme untuk mengontrol presiden.
Sekian dan Terimakasih sudah membaca mengenai Pengertian Demokrasi , Macam-macam Demokrasi ,  Semoga dapat bermanfaat untuk anda Para pembaca pendidikanku

Baca Juga

2 comments:
Write komentar

Blog Archive