Pengertian Telinga Beserta Fungsi dan Bagiannya

Telinga Beserta Fungsi dan Bagiannya


Pengertian Telinga Beserta Fungsi dan Bagiannya - Telinga adalah suatu alat pendengaran pada mahkluk hidup, Telinga merupakan suatu indra manusia yang digunakan mendengar sesuatu hal.

Adapun Telinga itu terdiri dari 3 bagian pada setiap bagian-bagian nya sudah mempunyai fungsi dan tugasnya masing-masing, adapun bagian-bagian telinga itu ialah :
  1. Telinga luar
  2. Telinga Tengah
  3. Telinga Dalam, 
Pada ketiga bagian-bagian telinga tersebut mempunyai peranan penting didalam proses pendengaran, apabila terdapat gangguan pada ketiga bagian tersebut maka akan kurang berfungsinya telinga tersebut dengan maksimal.



Bagian-Bagian Telinga dan Fungsinya

Pada Telinga memiliki reseptor khusus untuk dapat mengenali getaran bunyi. Telinga tersebut juga dapat berfungsi ialah sebagai indra keseimbangan.

1) Telinga Luar
Telinga luar ialah yang berfungsi sebagai alat penangkap getaran bunyi yang terdiri dari ; 
  1. daun telinga
  2. liang telinga
  3. kelenjar minyak
  4. selaput gendang telinga.

Daun telinga serta tulang rawan berfungsi ialah untuk menangkap getaran. Getaran yang diteruskan dengan melalui liang telinga tersebut akan menggetarkan selaput gendang telinga. Liang telinga tersebut dilapisi oleh kulit berambut halus serta dilengkapi kelenjar keringat ialah untuk menjaga agar benda asing dari luar tidak masuk lebih dalam.

2) Telinga Tengah
Telinga tengah ialah berupa suatu rongga yang berisi udara untuk dapat menjaga tekanan udara agar tetap seimbang. Di dalam telinga bagian tengah tersebut terdapat suatu saluran Eustasius yang menghubungkan telinga tengah dengan rongga mulutbagian belakang. Saluran tersebut membuka pada waktu kita akan mengunyah, menguap, bersin, menelan, atau juga  membuka mulut.

Saluran tersebut berfungsi untuk dapat memasukkan udara ke telinga bagian tengah serta menyeimbangkan tekanan udara pada gendang telinga dengan tekanan udara luar. Oleh sebab itu, pada saat mendengar suara yang sangat keras sebaiknya kita akan membuka mulut agar selaput gendang telinga itu tidak robek akibat tekanan udara yang kuat dari luar. pada dalam telinga bagian tengah tersebut juga terdapat 3 tulang pendengaran yang tersusun ialah seperti rantai, menghubungkan gendang telinga dengan jendela oval. pada saat tulang pendengaran ialah tulang martil (maleus), tulang landasan (inkus), serta juga sanggurdi (stapes).

3) Telinga Dalam
Telinga dalam adalah suatu saluran berlekuk-lekuk yang tersusun dari beberapa saluran, yakni 
  1. tingkap jorong atau lonjong (jendela oval), 
  2. tingkap bundar (jendela melingkar), 
  3. tiga saluran setengah lingkaran, 
  4. koklea. 
Koklea adalah suatu bagian telinga yang paling dalam. Bentuk tabung koklea tersebut mirip dengan bentuk rumah siput.
Sekian dan terimakasih sudah membaca mengenai pengertian telinga beserta fungsi dan bagiannya semoga dapat bermanfaat untuk anda , salam hangat dari pendidikanku.org

Baca Juga

2 comments:
Write komentar
  1. terima kasih untuk artikelnya mengenai Pengertian Bagian dan Fungsi Telinga tapi lebih enak lagi kalau gambarnya diberi keterangan.

    ReplyDelete
  2. terima kasih gan artikelnya sangat membantu... :D

    ReplyDelete

Blog Archive