Pengertian Gaya dan Macam-macam Gaya Terlengkap

Pengertian Gaya

Pengertian Gaya dan Macam-macam Gaya Terlengkap - Pada kesempatan ini Pendidikanku.Net akan membahas mengenai pengertian gaya , macam-macam gaya , apa itu gaya tak sentuh dan gaya sentuh .
Gaya didefinisikan ialah sebagai tarikan atau juga dorongan yang dapat mempengaruhi suatu benda.

untuk dapat mengerti lebih lanjut mengenai Pengertian Gaya silahkan buka di sini Pengertian Gaya.

Pengaruh apa yang diberikan gaya kepada suatu benda , ialah sebagai berikut :
Pengertian Gaya dan Macam-macam Gaya Terlengkap
Pengertian Gaya dan Macam-macam Gaya Terlengkap
  1. Gaya dapat merubah gerak suatu benda.
    Jika suatu gaya dikenal sebagai suatu gaya, benda tersebut dapat mengalami perubahan gerak , sebagai contoh , ialah bola basket yang di pantulkan.
  2. Gaya dapat mengubah kecepatan gerak suatu benda.
    Jika suatu benda yang bergerak itu dapat bergerak dengan semakin cepatnya atau lambatnya itu di berikan gaya luar , contoh ialah sebuah troli yang diletakan di atas sebuah papan luncur yang kemudian diberikan sedikit dorongan maka akan bergerak dengan cepat.
  3. Gaya dapat mengubah gerak suatu benda.
    Gaya tersebut juga dapat mengubah gerak suatu benda , contohnya ialah bola yang ditendang dapat merubah gerak suatu suatu benda.
  4. Gaya dapat mengubah bentuk suatu benda.
    Gaya yang berkerja  pada suatu benda dapat mengubah bentuk dari benda tersebut , contohnya ialah , pada saat kita memainkan plastisin (lilin) maka pada saat kita memainkannya menggunakan tangan dapat mengubah bentuk dari plastisin tersebut .

Macam-Macam Gaya

Dengan berdasarkan sifatnya , gaya yang menyebabkan terjadinya perubahan pada suatu benda dapat menjadi 2 , yakni Gaya sentuh dan juga gaya tak sentuh :


Pengertian Gaya Sentuh.

Pengertian Gaya sentuh - gaya sentuh adalah suatu gaya yang bekerja pada suatu benda dengan melalui sentuhan pada benda tersebut .Contoh gaya sentuh ialah sebagai berikut :
  • 1. Pengertian Gaya Pegas , Gaya pegas adalah suatu gaya yang ditimbulkan oleh benda yang bersifat elastis , misalnya ialah ketapel yang ditarik untuk dapat melempar batu .
  • 2.Pengertian Gaya Gesek , Gaya Gesek adalah suatu gaya yang ditimbulkan dikarenakan adanya sentuhan langsung diantara dua permukaan 2 benda yang bergerak , contohnya ialah mobil yang sedang melaju lalu mengerem.
  • 3.Pengertian Gaya Otot , Gaya otot adalah suatu gaya yang ditimbulkan oleh otot manusia maupun hewan , contohnya ialah saat manusia yang mendorong meja  atau juga kursi .

Pengertian Gaya Tak Sentuh.

Pengertian Gaya tak Sentuh - gaya tak sentuh adalah suatu gaya yang terjadi apabila gaya yang tidak bersentuhan dengan benda , berikut ini adalah macam-macam gaya gaya yang termasuk dengan gaya tak sentuh 

  • 1. Pengertian Gaya magnet , gaya magnet merupakan suatu gaya yang ditarik dari benda yang bersifat magnet , contohnya ialah paku yang ditarik dengan menggunakan magnet.
  • 2. Pengertian Gaya Listrik , gaya listrik adalah suatu gaya yang ditimbulkan oleh suatu benda yang bermuatan listik , contohnya ialah ketika kita menggosok ujung dari sebuah pena ke selembar kertas yang kemudian kita menempelkan pada kertas kecil , maka kertas kecil tersebut akan menempel pada uung pena yang digosok tersebut.
  • 3. Pengertian Gaya gravitasi , Gaya gravitasi adalah suatu gaya yang terjadi pada benda dikarenakan mendapat suatu pengaruh gravitasi bumi , contohnya ialah sekeping uang logam yang dilempar ke atas maka akan jatuh kembali.
Sekian dan terimakasih sudah membaca mengenai Pengertian Gaya dan Macam-macam Gaya Terlengkap , Semoga dapat bermanfaat untuk anda , salam hangat dari Pendidikanku.Org


0 Response to "Pengertian Gaya dan Macam-macam Gaya Terlengkap"

Post a Comment