5 Pengertian komunikasi menurut para ahli

5 Pengertian komunikasi menurut para ahli


5 Pengertian komunikasi menurut para ahli - Pengertian komunikasi ialah dari bahasa latin yakni "communicatio", yang ber istilah ialah "communis" yang mempunyai arti menciptakan kebersamaan diantara 2 orang atau juga lebih. Didalam kehidupan ini selain dari makhluk individu, kita juga ialah sebagai makhluk sosial yang sangat membutuhkan adanya suatu  interaksi dengan orang lain. dari interaksi tersebutlah terjadi adanya komunikasi untuk dapat menyampaikan sesuatu.

Pengertian komunikasi  menurut para pakar komunikasi itu mengacu pada aktivitas atau kegiatan hubungan manusia yang biasa terjadi baik itu secara langsung ataupun tidak langsung didalam kehidupan sehari-hari.

5 Pengertian komunikasi menurut para ahli
Komunikasi


Dibawah ini adalah beberapa pengertian komunikasi menurut para pakar komunikasi diantaranya ialah sebagai berikut:
  1. Pengertian Komunikasi  menurut Everett M. Rogers , menyatakan pendapatnya yakni "Komunikasi adalah proses yangmana suatu ide dialihkan dari sumber kepada suatu penerimaan dalam 1 orang atau juga lebih dengan maksud untuk dapat mengubah tingkah laku mereka"
  2. Pengertian Komunikasi menurut Rogers & O. Lawrence Kincaid menyatakan bahwa "Komunikasi adalah interaksi yangmana terdapat 2 orang atau juga lebih yang sedang membangun / melakukan pertukaran informasi diantara satu sama lain yang di akhirnya itu akan membuat mereka saling memahami serta juga mengerti"
  3. Pengertian Komunikasi menurut Theodore M. Newcomb, menyatakan "Setiap bentuk komunikasi tersebut dipandang ialah sebagai suatu transmisi informasi, yang terdiri atas adanya rangsangan yang diskriminatif, dari sumber ke penerima"
Pengertian Komunikasi Menurut Para Ahli

Dari pengertian komunikasi menurut para pakar tersebut, dapat disimpulkan ialah bahwa komunikasi tersebut dapat terjadi dikarenakan adanya beberapa unsur yang terkait untuk  dapat membangun sebuah komunikasi.

Unsur - unsur dalam membangun komunikasi


Berikut ini merupakan unsur-unsur dalam pembangun komunikasi :
  • Sumber – yakni suatu pusat informasi atau juga pengirim informasi. Komunikasi yang terjadi pada kita itu , dapat dari satu orang atau juga lebih (kelompok) misalnya ialah sebuah organisasi, perkumpulan dan lain sebagainya . Sumber komunikasi tersebut disebut juga dengan komunikator.
  • Penerima – yakni pihak yang mana ia menjadi tujuan untuk dapat dikirimi pesan atau juga  info oleh sumber (komunikator). Penerima tersebut bisa terdiri atas satu orang atau juga  lebih. Penerima tersebut  bisa disebut dengan komunikan.
  • Pesan – merupakan suatu informasi yang disampaikan oleh si pengirim pesan untuk si penerima (komunikan). Pesan itu dapat disampaikan dengan secara langsung atau juga dengan  melalui media komunikasi yang ada.
  • Media – adalah suatu alat yang digunakan didalam berkomunikasi untuk mengirim pesan (informasi) dari sumber untuk si penerima.
  • Efek – yakni sebuah pengaruh yang dipikirkan serta juga dirasakan oleh penerima sebelum dan juga sesudah menerima pesan. Yang setelahnya akan dapat mempengaruhi sikap seseorang didalam mengerti pesan tersebut.
  • Umpan Balik – yakni suatu bentuk tanggapan balik dari penerima setelah penerima tersebut  memperoleh pesan yang diterima.

Fungsi Komunikasi


Dalam unsur komunikasi yang sudah dijelaskan bahwa pihak yang mengirim pesan kepada si penerima pesan disebut komunikator. Sebagai pelaku didalam proses komunikasi, komunikator tersebut memegang peranan yang sangat penting terutama didalam berjalannya suatu komunikasi. Sehingga pesan itu dapat diterima oleh penerima (komunikan) dengan baik.

Berikut ini adalah contoh-contoh fungsi komunikasi didalam kehidupan sehari-hari menurut para ahli :

  • Menurut Rudolf F. Verderber, Komunikasi tersebut memiliki 2 fungsi.

    1. Fungsi social, yaitu untuk tujuan kesenangan, untuk dapat menunjukan ikatan dengan orang lain, membangun serta juga memelihara hubungan.

    2. Fungsi pengambilan keputusan, yaitu memutuskan untuk dapat melakukan atau juga tidak melakukan sesuatu di saat tertentu. "
  • Menurut Thomas M. Scheidel, "Manusia itu pada umumnya berkomunikasi untuk dapat menyatakan serta juga mendukung identitas-diri dan juga untuk membangun suatu interaksi sosial dengan orang lain yang berada di sekitarnya dan juga untuk dapat mempengaruhi orang lain untuk dapat berpikir, merasa, atau juga bertingkah seperti yang diharapkan"
Sekian dan terimakasih sudah membaca mengenai 5 pengertian komunikasi menurut para ahli , semoga dapat bermanfaat untuk anda , salam hangat dari pendidikanku.org


2 komentar

Saya tertarik dengan artikel yang ada di website anda yang berjudul " 5 PENGERTIAN KOMUNIKASI MENURUT PARA AHLI ".
Saya juga mempunyai E-book yang mungkin anda butuhkan dan sesuai dengan judul artikel yang anda buat. E-book Komunikasi

Artikel yang bagus. Terima kasih atas info yang diberikan. Mudah dipahami dengan pemilihan kata yang ringan.
Saya memiliki link yang mungkin berguna untuk menambah referensi tentang Teknologi Informasi dan Komunikasi.
Silahkan dikunjungi. Prosiding KOMMIT TIK


EmoticonEmoticon