Pengertian Unsur Ekstrinsik Dalam Karya Sastra

Pengertian Unsur Ekstrinsik 


Pengertian Unsur Ekstrinsik serta Unsur-Unsur Ekstrinsik novel  - Pengertian Unsur Intrinsik adalah suatu Unsur luar yang bepengaruh pada suatu novel. Unsur-Unsur ekstrinsik adalah suatu latar belakang pengarang, kondisi sosial budaya, serta juga tempat atau juga lokasi novel tersebut dikarang.

Pengertian Unsur Ekstrinsik
Unsur Ekstrinsik  
Apabila Unsur Intrinsik ada maka begitu juga dengan Unsur Ekstrinsik pun disebabkan karena Unsur Intrinsik Novel serta Unsur Ekstrinsik Novel tersebut saling berhubungan antara 1(satu) sama lain, Meskipun pada pengertian Unsur Intrinsik novel serta juga Pengertian Unsur Ekstrinsik memiliki perbedaan tetapi keduanya saling terkait, Jika Unsur Intrinsik itu mengacu ke Isi Novel itu , Unsur ekstrinsik mengacu ke arah Luar dari Novel tersebut namun tetapi terdapat kaitannya dengan Isi novel tersebut, Jadi bisa dikatakan bahwa Unsur Intrinsik Novel serta Unsur Ekstrinsik dalam Novel itu saling berhubungan satu sama yang lain .
Didalam Unsur-Unsur Ekstrinsik ialah sebagai berikut :

Unsur-Unsur Ekstrinsik 


Unsur-unsur ekstinsik yang terdapat dalam suatu novel antara lain sebagai berikut :
  • Latar Belakang pengarang ialah menyangkut asal daerah atau juga suku bangsa, pekerjaan, agama , jenis kelamin, pendidikan, serta ideologi pengarang. Unsur-unsur tersebut sedikit banyak namun berpengaruh diisi novelnya. Sebagai contoh , novel yang dikarang orang Indonesia tersebut akan berbeda dengan novel yang dibuat oleh orang inggris, atau juga orang arab.
  • Kondisi Sosial Budaya, sebagai contoh , misalnya novel yang dibuat dizaman kolonial tersebut akan berbeda dengan novel dizaman kemerdekaan, atau juga pada masa reformasi. Novel yang dikarang oleh orang yang hidupnya tersebut  berada di tengah-masyarakat metropolis akan juga berbeda dengan novel yang dihasilkan oleh pengarang yang hidupny berada di tengah masyarakat tradisional.
  • Tempat atau kondisi alam, sebagai contoh misalnya suatu novel yang dikarang oleh orang yang hidup yang berada didaerah pertanian, sedikit banyak  juga akan berbeda dengan novel yang dikarangoleh orang yang terbiasa hidupnya berada didaerah gurun.

Sekian dan Terimakasih Sudah Membaca Mengenai Pengertian Unsur Ekstrinsik dalam ilmu bahasa Indonesia , Semoga dapat bermanfaat untuk anda , salam hangat dari Pendidikanku.Net

3 Responses to "Pengertian Unsur Ekstrinsik Dalam Karya Sastra"

  1. artikel anda sangat menarik sekali dan bermanfaat, saya juga mempunyai tulisan sejenis mengenai jurnal serupa yang bisa anda kunjungi Disini Happy Sharing :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya irma , semoga bermanfaat untuk semua :)

      Delete
  2. sangat bermanfaat buat pelajar-pelajar Indonesia, setiap saya membaca artikel2 nya semakin mengingatkan saya peljaran-pelajaran yang sudah terlupakan semasa sekolah dulu, thanks gan bandar kiu

    ReplyDelete