Pengertian Dan Macam Jenis Piramida Ekologi

Pengertian Piramida Ekologi

Pengertian Dan Macam Jenis Piramida Ekologi - Piramida ekologi adalah suatu diagram piramida yang bisa menggambarkan suatu hubungan antara tingkat trofik satu dengan tingkat trofik lainnya atau juga menggambarkan bagaimana faktor yang penting dengan secara ekologis, seperti energi, serta biomassa , yang disusun dengan berdasarkan kepadatan populasi, berat kering, ataupun juga kemampuan menyimpan energi ditiap trofik.

Piramida ekologi berfungsi untuk dapat menunjukkan atau mengambarkan perbandingan antar trofik didalam suatu ekosistem. Pada tingkat pertama yang ditempati produsen ialah sebagai dasar dari piramida ekologi, selanjutnya konsumen primer, sekunder, tersier sampai pada ke konsumen puncak.

Macam-Macam Piramida Ekologi

Pengertian Dan Macam Jenis Piramida Ekologi
Piramida Ekologi
Macam dan Jenis Bentuk Piramida Ekologi - Struktur trofik diekosistem itu dapat disajikan didalam bentuk piramida ekologi. Terdapat 3(tiga) jenis piramida ekologi, yakni :
  1. piramida jumlah
  2. piramida biomassa,
  3. piramida energi. 

1. Piramida Jumlah  
Komposisi organisme,yang tergolong didalam tingkat trofik yang disajikan didalam piramida jumlah. Piramida jumlah adalah suatu piramida yang menunjukkan jumlah organisme pada tiap-tiap tingkatan trofik. Organisme pada tingkat trofik pertama biasanya itu melimpah, sedangkan tingkat trofik kedua, ketiga serta juga selanjutnya itu semakin berkurang. Komunitas yang kebanyakan mempunyai jumlah normal ialah tumbuhan yang lebih banyak daripada organisme herbivor.

2. Piramida Biomassa
Piramida biomassa adalah suatu piramida yang menggambarkan berat atau juga massa kering total organisme hidup dari masing-masing tingkat suatu trofiknya disuatu ekosistem dalam kurun waktu tertentu. Piramida biomassa mempunyai penggambaran yang lebih realistik dibandingkan piramida jumlah. Fungsi dari piramida biomassa adalah untuk menggambarkan perpaduan massa seluruh organisme pada habitat tertentu, serta juga dinyatakan dalam gram.  Untuk menghindari kerusakan habitat, maka biasanya pengukuran tersebut menggunakan metode sampel. Sampel itu diukur, kemudian pada total seluruh biomassa yang dihitung dengan melakukan perbandingan yang tertentu. Pengkuran itulah, menghasilkan informasi yang lebih akurat tentang ekosistem.

Macam Macam Bentuk Piramida Ekologi

3. Piramida Energi
Piramida energi adalah suatu piramida yang menggambarkan terjadinya suatu penurunan energi ditiap tahap tingkatan trofik. Piramida energi tersebut dibuat dengan berdasarkan pada observasi dalam waktu yang lama. Piramida energi tersebut memberikan gambaran paling akuran tentang aliran energi didalam ekosistem dari pada piramida jumlah, serta juga piramida biomassa.

Dalam piramida energi terjadi suatu penurunan jumlah energi dengan secara berturut-turut dari tingkat trofik yang paling rendah ke arah tingkat trofik yang paling tinggi. Berkurangnya energi disetiap tingkat trofik terjadi disebabkan karena hal-hal berikut:
  1. Hanya sebagian dalam makanan yang ditangkap serta dimakan oleh tigkat trofik selanjutnya
  2. Makanan yang dimakan tidak akan dapat bisa seluruhnya dicerna serta ada yang dikeluarkan sebagai sampah
  3. Hanya disebagian makanan yang dicerna itu menjadi bagian dari tubuh organisme, sedangkan disisanya digunakan ialah sebagai sumber energi.

Dari 3 tipe piramida ekologi diatas , piramida energi dianggap sebagai model piramida terbaik. Alasan mengapa piramida energi tersebut dianggap paling terbaik ialah sebagai berikut :
  • Tidak dipengaruhi dari ukuran organisme serta jugakecepatan metabolisme organisme. 
  • Menunjukkan efisiensi ekologi atau juga produktivitas ekosistem
  • Memberikan gambaran yang berkaitan dengan sifat fungsional suatu ekosistem

Sekian Dan Terimakasih Sudah Membaca Mengenai Pengertian Dan Macam Jenis Piramida Ekologi , Semoga dapat bermanfaat untuk anda , Salam Hangat Pendidikanku.org

0 Response to "Pengertian Dan Macam Jenis Piramida Ekologi"

Post a Comment