Pengertian dan 6 Macam atau Jenis Norma

Pengertian Norma

Pengertian dan 6 Macam atau Jenis Norma - Pada kesempatan kali ini Pendidikanku.Net akan membahas mengenai pengertian norma dan 6 macam-macam Norma , Norma itu terdiri dari beberapa macam/jenis,  norma adalah seperankat aturan yang berlaku serta juga merupakan pedoman didalam suatu masyarakat,  

Norma adalah suatu aturan yang berlaku pada suatu kehidupan bermasyarakat. Aturan tersebut yang bertujuan untuk dapat mencapai kehidupan masyarakat yang aman, tertib sejahtera , dan juga sentosa.

Namun tetapi masih ada sebagaian kecil orang yang masih melanggar norma-norma didalam masyarakat, hal tersebut dikarenakan beberapa faktor, diantaranya adalah faktor pendidikan, ekonomi dan lain sebagainya.

pengertian dan 6 Macam atau Jenis Norma
Norma

Macam-macam Norma

Norma terdiri dari beberapa macam/jenis, antara lain yaitu :
  1. Norma Agama
  2. Norma Kesusilaan
  3. Norma Kesopanan
  4. Norma Kebiasaan (Habit)
  5. Norma Hukum
  6. Mode (Fashion)
Penjelasan/Pengertian mengenai Masing-Masing Jenis/Macam Norma Yang Berlaku Didalam Masyarakat :
  • 1. Norma Agama
    Adalah suatu norma yang dengan berdasarkan ajaran pada suatu agama. Norma tersebut bersifat mutlak yang mengharuskan pada ketaatan para penganutnya. Jika seseorang tidak mempunyai iman serta juga keyakinan yang kuat, orang itu cenderung melanggar norma-norma beragama.
  • 2. Norma Kesusilaan
    Norma kesusilaan ini didasarkan pada hati nurani maupun juga ahlak manusia. Melakukan pelecehan seksual merupakan salah satu dari pelanggaran  norma kesusilan.
  • 3. Norma Kesopanan
    ialah norma yang berpangkal pada suatu aturan tingkah laku yang berlaku pada suatu masyrakat. Dengan cara berpakaian serta juga bersikap sopan adalah salah satu contoh dari norma kesopanan.
  • 4. Norma Kebiasaan (Habit)
    Norma kebiasaan ini adalah hasil dari perbuatan yang dilakukan dengan secara berulang-ulang sehingga menjadi kebiasaan(culture).
  • 5. Norma Hukum
    ialah himpunan petunjuk hidup maupun perintah serta larangan yang mengatur tata tertib didalam suatu masyarakat (bernegara). Sangsi norma hukum ini bersifat mengikat serta juga memaksa. Mencuri adalah  contoh dari norma hukum.
  • 6. Mode (Fashion). 
    Mode adalah style atau gaya yang dalam berbuat sesuatu yang sering berubah-ubah serta juga diikuti masyarakat. Seseorang yang selalu mengikuti mode  tersebut dianggap orang modern serta juga modis.
Sekian dan Terimakasih Sudah membaca mengenai Pengertian dan 6 Macam atau Jenis Norma , Semoga dapat bermanfaat untuk anda , salam hangat dari Pendidikanku.org

0 Response to "Pengertian dan 6 Macam atau Jenis Norma"

Post a Comment