Pengertian dan Ciri-Ciri Cyanobacteria (Bakteri Hijau-Biru)

Pengertian Dan Ciri Bakteri Hijau-Biru


Pengertian dan Ciri-Ciri Cyanobacteria (Bakteri Hijau-Biru) - Ganggang Hijau-Biru atau yang bisa disebut dengan alga atau juga Cyanobacteria ialah kelompok Eubacteria (bakteri). Anggota Cyanobacteri tersebut tersebar didalam berbagai tempat, seperti contohnya ialah di perairan, tanah, batu-batuan, serta juga pada bongkahan batu.


Pada dasarnya , Alga Hijau-Biru tersebut melimpah di perairan yang mempunyai pH Netral atau juga perairan yang mempunyai sedikit sifat basa, Sangat jarang untuk dijumpai perairan yang mempunyai pH kurang dari 4-5. Selain dari hal itu terdapat juga Cyanobacteria yang mampu untuk dapat bersimbiosis dengan organisme yang lain ialah seperti Gloeocapsa dan juga Nostoc yang bersimbiosis dengan alga yang membentuk suatu lumut kerak (lichen): Anabaena juga bersimbiosis dengan lumut hati, paku air, dan juga palem-paleman untuk memfiksasi nitrogen.
Pengertian dan Ciri-Ciri Cyanobacteria
Cyanobacteria 

Cyanobacteria tersebut mengandung suatu sejenis klorofil a. Selain dari hal tersebut juga memiliki klorofil dan juga berbagai karotenoid. Ganggang Hijau-Biru (Alga Hijau Biru) tersebut memiliki fikosianin dan juga terkadang fikoeritrin. Dengan adanya fikosianin tersebut ialah penyebab Cyanobacteria yang dengan sifat khas yakni berwarna hijau kebiru-biruan. Namun tidak semua juga memiliki warna hijau biru,tetapi melainkan juga warna hijam, cokelat, kuning, hijau rumput, merah dan juga campuran.Sebagai contohnya ialah laut yang memiliki warna merah yang disebabkan karena adanya blooming Cyanobacteria yang mempunyai kandungan yang besar akan fikoeritrin. Kebanyakan dari Cyanobacteria tersebut mampu untuk mengikat nitrogen dari atmosfer dengan proses fiksasi nitrogen yang terjadi pada heterosista.

Sedangkan pada akar tanaman yang dapat bersimbiosis dengan Cyanobacteria ini yang menyediakan bahan berenergi tinggi yang difungsikan oleh Cyanobacteria ialah sebagai energi untuk mengubah N2 tersebut menjadi amonia dan juga memasok bahan-bahan kimia yang mampu untuk dapat mengikat oksigen. Jenis Cyanobacteria yang lain yang mana dapat untuk memfermentasi selulosa ialah sebagai sumber energi. Cyanobacteria ialah yang berperan sebagai tumbuhan perintis yang dilakukan dengan melalui membentuk suatu permukaan tanah yang gundul dan  juga berperan penting didalam menambah materi organik ke dalam tanah.

Ciri-ciri Cyanobacteria adalah sebagai berikut

  1. Inti tidak dapat diselubungi dengan membran
  2. Pada Umumnya Alga hijau biru tersebut berhabitat di perairan dengan pH Netral serta juga sedikit basa(lembab)
  3. Cyanobacteria tersebut hidup berbagai tempat seperti tanah, perairan, batu-batuan, dan juga pada bongkahan batu
  4. mempunyai klorofil dan juga karatenoid, fikosianinm, serta juga terkadang fikoeritrin.
  5. Dinding sel yang terletak di antara plasmalema dan juga selubung lendir
  6. Sebagian dari Cyanobacteria tersebut  yang dapat berkoloni dengan bentuk filamen mempunyai heterosista dengan spora yang akan  istirahat atau disebut juga dengan resting spore. Heterosista ialah sel yang lebih tebal dan juga tidak mempunyai inti. Spora istirahat ialah spora yang dindingnya sangat tebal dan juga didalamnya berisi sel.
Bentuk organisme tersebut bisa uniseluler seperti contohnya ialah :
  1. Chroococcus, 
  2. Analytis, 
sedangkan yang berkoloni ialah seperti berikut ini : 
  1. Merismopedia, 
  2. Nostoc, 
  3. Microcystis (filamen seperti Oscillatoria, Mircocoleus, Anabaena). 
Sel yang dapat membentuk koloni ialah serupa;
sedangkan bentuk filamen tersebut tersusun atas sekumpulan sel yang membentuk rantai, trikoma (seperti tabung), atau juga  selubung.

Dapat bergerak dengan pergerakan meluncur dan juga Tidak berflagel

Jenis Cyanobacteria (Bakteri Hijau-Biru)
Macam-macam spesies dari Cyanobacteria tersebut antara lain ialah sebagai berikut :
  1. Gloeocapsa
  2. Nostoc 
  3. Chroococcus
  4. Analytis
  5. Oscillatoria,
  6. Mircocoleus
  7. Anabaena
  8. Merismopedia
  9. Microcystis 
  10. Tolypothrix
  11. Gloetricha
Sekian Dan Terima Kasih sudah membaca Pengertian Dan Ciri-Ciri Cyanobacteria Semoga dapat bermanfaat bagi para pembaca pendidikanku.org

1 Response to "Pengertian dan Ciri-Ciri Cyanobacteria (Bakteri Hijau-Biru)"

  1. KTA DANA TUNAI TANPA JAMINAN UNTUK APAPUN KEBUTUHAN ANDA . INGIN LIBURAN.RENOVASI RUMAH.PENDIDIKAN.KESEHATAN DLL KITA BANTU PROSES BUNGA 1.99% PROVISI 1.75% UNTUK PENGAJUAN SYARAT LAMPIRAN NYA FC KTP NPWP KARTU KREDIT LIMIT MIN 5 JUTA DAN SUDAH BERJALAN 1 TH . COVER TABUNGAN MELAYANI NASABAH SELURUH INDONESIA BERKAS DAPAT DIKIRIM VIA EMAIL DI rooly88@gmail.com SETELAH BERKAS SAMPAI AKAN DI VERIVIKASI VIA TELPON . PROSES MAKSIMAL 14 HARI KERJA. DANA CAIR 2-3 KALI LIMIT KARTU. JUMLAH PINJAMAN 10-300 JUTA TENOR 36 BULAN. ALAMAT KANTOR KAMI DI PT MIP AGENCY RUKO PANDANARAN LANTAI DUA SEMARANG JL PANDANARAN SEBELUM LAWANG SEWU . BERKAS 100% AMAN DAN RESMI BANK LIHAT PROFIL DI FACEBOOK CHAIRUL SARTO UTOMO Info pengajuan 085600125176 pin 52B77BDC email rooly88@gmail.com Terima Kasih

    ReplyDelete