Sifat Dan Hakikat Sosiologi Terlengkap

Sifat Dan Hakikat Sosiologi

Sosiologi Bersifat Empiris

3 Sifat Dan Hakikat Sosiologi - Sosiologi ialah ilmu yang berdasarkan dari sebuah hasil pengamatan (observasi) dan juga penalaran terhadap berbagai kenyataan sosial yang terjadi dan juga hasil dari observasi ini tidak bersifat spekulasi.



Dari situ dapat dikatakan bahwa sosiologi bukanlah ilmu yang hanya berdasarkan oleh pemikiran-pemikiran individu, tetapi tetap berdasar kepada hasil pengamatan (observasi) yang sesuai dengan akal sehat (kenyataan). Oleh sebab sesuai dengan pengamatan dan juga penalaran, maka ilmu sosiologi adalah suatu kenyataan , dan juga harus rasional (sesuai akal budi) dengan berdasarkan penalaran. Artinya sosiologi itu bukanlah ilmu yang berlawanan dengan kenyataan dan juga akal,melainkan sosiologi ialah ilmu yang faktual.

Sosiologi Bersifat Teoritis

Sosiologi ialah ilmu yang selalu berusaha untuk mendapatkan suatu kesimpulan yang berdasarkan hasil pengamatan (observasi) serta penalaran agar dapat menyusun suatu kerangkan dan juga menghasilkan teori keilmuan. Kesimpulannya ialah kerangka-kerangka yang dari unsur-unsur yang nyata dan juga masuk akal yang mempunyai bertujuan untuk dapat menjelaskan sebab dan akibat sehingga dapat menghasilkan suatu teori. Teori yang dihasilkan tersebut adalah perwujudan dari dua variabel yang telah diuji kebenarannya. Jadi Teori didalam ilmu sosiologi tersebut bukanlah hal yang tidak jelas asal usulnya, melainkan suatu teori yang berdasarkan pada suatu fakta.

Sosiologi Bersifat Kumulatif

sosiologi adalah ilmu yang Teori-teori ialah pengembangan dari teori lama yang sudah ada sebelumnya. Jadi Teori-teori sosiologi ialah hasil dari perbaikan, perluasan, dan juga memperdalam, serta memperhalus teori ataupun ilmu lama. Misalnya ialah mengenai Teori Hukum yang dikaitkan dengan suatu interaksi sosial, sebab didalam menjalani kehidupan sosial, kita tidak boleh melanggar suatu  hukum.

Sosiologi Bersifat Nonetis

Sosiologi tidak mempermasalahkan mengenai baik atau buruknya suatu fakta, melainkan lebih ke mementingkan penjelasan fakta tersebut secara analitis dan juga  apa adanya.

HAKIKAT SOSIOLOGI

Menurut KBBI hakikat artinya ialah intisari maupun dasar. Jadi hakikat sosiologi tersebut  dapat diartikan ialah sebagai dasar intisari dan kiga kebenaran dari sosiologi, berdasarkan pemahaman tersebut maka Sosiologi adalah  ilmu yang mempelajari tentang masyarakat dan juga menekankan pada interaksi nya.
Berikut ini ialah beberapa Hakikat Sosiologi :

  • Sosiologi ialah Termasuk ilmu Pengetahuan yang Kategoris, yang bukan normatif. Artinya sosiologi tersebut  membatasi pembahasan pada apa yang lagi terjadi, bukan membahas apa yang akan terjadi, serta  juga bukan pada sesuatu yang seharusnya akan terjadi. Sosiologi adalah ilmu bebas nilai, sebab tidak mempertimbangkan baik buruknya fakta.
  • Sosiologi ialah Ilmu Pengetahuan Murni (Pure Science),  yang Bukan Ilmu pengetahuan terapan (applied Science). Artinya Sosiologi ialah  suatu ilmu yang bertujuan untuk dapat mengembangkan dan juga meningkatkan mutunya tanpa dipergunakan didalam masyarakat.
 Ilmu Pengetahuan murni adalah ilmu pengetahuan yang bertujuan untuk mengembangkan dan membentuk ilmu pengetahuan secara abstrak dengan mempertinggi mutunya tanpa digunakan secara langsung dalam kehidupan. Sedangkan Ilmu Pengetahuan Terapan adalah Ilmu yang bertujuan untuk diterapkan dan dipergunakan dalam kehidupan.
  • Sosiologi ialah Ilmu Pengetahuan yang Abstrak. Artinya Sosiologi ialah sosiologi melakukan pengamatan terhadap bentuk dan juga pada pola yang terjadi dalam masyarakat,  yang bukan merupakan wujud yang konkret.
  • Sosiologi mempunyai tujuan untuk dapat menghasilkan pengertian-pengertian dan juga pola-pola umum dalam masyarakat. Artinya Sosiologi tersebut melakukan penelitian dan juga pencairan terhadap berbagai macam prinsip ataupun hukum umum berdasarkan interaksi yang terjadi dan juga berdasarkan pada aspek kehidupan masyarakat.
  • Sosiologi ialah ilmu yang rasional, dan juga terkait dengan metode yang digunakannya. Artinya Sosiologi ialah bahwa sosiologi tidak berlawanan dengan akal sehat dan juga kenyataan yang ada, serta juga dalam penelitiannya menggunakan suatu metode-metode sosiologi.
  • Sosiologi ilmu Ilmu Pengetahuan Umum, yang bukan Ilmu Pengetahuan Khusus. Artinya Sosiologi ialah sosiologi mempelajari gejala umum yang terjadi pada suatu objek studinya yakni masyarakat. Gejala umum yang dipelajari ini lebih ditekankan kepada interaksi yang terjadi.
Demikian Penjelasan Mengenai 3 Sifat Dan Hakikat Sosiologi  Semoga Dapat Bermanfaat Bagi Para Pembaca Pendidikanku.Net :)

Artikel Terkait "Sosiologi"


Baca Juga

No comments:
Write komentar

Blog Archive