Pengertian Hukum Hooke

Pengertian Hukum Hooke

Pengertian Hukum Hooke  - Hukum Hooke ialah menyelidiki hubungan antara gaya F yang merenggangkan sebuah pegas dengan pertambahan panjang pegas (Δx), di daerah batas elastisitas pegas. Pada daerah elastisitasnya, Besar gaya luar yang diberikan (F) sebanding dengan pertambahan panjang pegas (Δx).

Hukum Hooke
Hukum Hooke

Persamaan hukum Hooke 


Dari bunyi hukum Hooke di atas, bisa di simpulkan hukum Hooke dapat dituliskan sebagai berikut:

F = K . Δx (atau) K = F / Δx

keterangan:

F : ialah besar gaya luar yang diberikan pada Pegas (N)
Δx :ialah  Pertambahan panjang pegas (m)
K :ialah  Konstanta Pegas (N/m)

Ketika sebuah pegas diberikan gaya luar dengan ditarik, maka pegas akan mengeluarkan gaya yang besarnya sama dengan gaya luar yang menariknya, tetapi arahnya akan berlawanan (aksi = reaksi). Jika gaya yang diberikan pegas ini disebut dengan Gaya pemulih pegas (Fp), maka  gaya pemulih ini juga akan sebanding dengan pertambahan panjang pegas Δx.

Secara matematis dapat dituliskan :

Fp = - K . Δx

Dari persaman persamaan di atas,maka akan dapat ditarik kesimpulan bahwa didalam batas elastisitas benda, gaya F sebanding dengan pertambahan panjang benda. 
Pernyataan inilah yang dikenal dengan Hukum Hooke.

Hukum Hooke ialah hukum atau ketentuan tentang gaya yang diakibatkan oleh sifat elastisitas suatu bahan pegas (peer). Besarnya hukum Hooke ini akan sebanding dengan pertambahan panjang pegas diukur dari posisi setimbangnya.
Secara matematis hukum Hooke dapat dituliskan ialah sebagai berikut :

F = - k . Δx

keterangan:

F : gaya luar yang diberikan (N)
k : konstante pegas (N/m)
Δx : pertanbahan panjang pegas dari posisi normalnya (m)

Aplikas Hukum Hooke pada Pegas

Contohnya : kita tinjau pegas yang dipasang horizontal, di mana pada ujung pegas tersebut digantungkan sebuah benda bermassa (M). Dengan mengabaikan massa benda, sehingga pegas akan meluncur pada permukaan horizontal tanpa ada hambatan. Terlebih dahulu kita buat kesepakatan bahwa arah ke kanan akan bernilai positif serta arah ke kiri akan bernilai negatif .
Setiap pegas memiliki panjang alami adalah panjang pegas sebelum diberi gaya luar, jika pegas tidak diberikan gaya luar maka yang akan terjadi ialah pegas berada dalam keadaan setimbangnya.

Jika kita menarik ujung pegas, sementara ujung yang lain terikat tetap, maka yang akan terjadi pegas akan bertambah semakin panjang.  jadi Pertambahan panjang ini akan sebanding dengan besarnya gaya yang berikan. Hal ini sesuai dengan hukum hooke.

Baca Juga

No comments:
Write komentar

Blog Archive